Hapri adalah seorang guru sejarah di sma negeri 1 padang tualang.Seperti biasa hapri selalu bersemangat untuk berangkat ke sekolah untuk transfer ilmu dan mengembangkan ilmu yang hapri miliki kepada peserta didik. Sekolah hapri walaupun terletak di wilayah perkebunan sawit yang jauh dari kota besar akan tetapi antusias peserta didik untuk meraih ilmu dan merubah jalan hidup sangat tinggi .
Peserta didik sangat bersemangat dalam meraih ilmu, akan tetapi hapri merasa miris melihat beberapa rekan sejawat hapri yang tidak terlalu antusias dan peduli kepada minat dan bakat para peserta didik yang beraneka ragam dan hapri sebagai pendidik merasa tidak boleh menjustifikasi kemampuan seseorang siswa akan tetapi sebagai pendidik harus memfasilitasi minat dan bakat peserta didik agar tidak keluar jalur serta sebagai pendidik harus peka terhadap bakat - bakat terpendam yang dimiliki peserta didik tersebut.
Rekan sejawat pendidik harus lebih peka untuk menggali bakat - bakat terpendam peserta didik dengan dimulai dengan hal - hal kecil peduli terhadap kondisi peserta didik baik secara fisik maupun psikis. Pendidik harus menanamkan pada dirinya empati terhadap peserta didik dimana apabila telah tumbuh empati akan melahirkan kepedulian terhadap peserta didik.
Hapri melihat sebuah contoh dimana peserta didik hapri yang bernama viko kurang minat dalam pelajaran olahraga. Lalu hapri sebagai wali kelas viko berkonsultasi dengan guru olahraga menanyakan mengapa viko tidak berminat dan antusias terhadap pelajaran olahraga ,lalu guru olahraga berkata bahwa viko sering diolok - olok oleh temannya karena berbadan gendut sehingga apabila melakukan kegiatan olahraga viko sering tertinggal dan akibat dari ketertinggalan tersebut viko sering diolok - olok oleh teman sekelasnya.
Hapri sebagai wali kelas setelah mengetahui akar masalah viko tadi lalu berkordinasi dengan guru bimbingan konseling untuk melakukan konseling serta coaching pada viko agar kembali bergairah dalam belajar olahraga .Setelah konseling dengan guru bimbingan konseling didapatkan hasil bahwa viko ini memiliki kelebihan di bidang matematika .Oleh karena itu hapri selaku wali kelas berkordinasi dengan guru matematika agar viko kembali bisa belajar dengan semangat.
Dengan kerjasama yang baik antar guru di sekolah dapat tercipta iklim belajar yang nyaman di sekolah dimana outputnya peserta didik dapat mengembangkan minat dan bakatnya masing - masing.