Meningkatkan Efisiensi dan Keamanan Administrasi Sekolah Melalui Tanda Tangan Digital - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 14 Mar 2023

Meningkatkan Efisiensi dan Keamanan Administrasi Sekolah Melalui Tanda Tangan Digital

Tanda tangan digital merupakan bentuk tanda tangan elektronik yang digunakan sebagai alat autentifikasi identitas pengguna dan keaslian dokumen elektronik. Melalui tanda tangan digital yang terverifikasi, keamanan data Bapak/Ibu sekalian lebih terjamin dari kejahatan digital.

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1769x
Bagikan

Teknologi adalah seperangkat ilmu pengetahuan dan keahlian praktis yang dapat membantu manusia memecahkan masalah dan meningkatkan kualitas hidup. Kemajuannya yang pesat telah mengubah berbagai aspek di kehidupan mulai dari ekonomi, pertahanan dan keamanan, komunikasi sosial, pendidikan, dan administrasi. Kehadirannya dalam kehidupan sehari-hari telah memberikan manfaat bagi manusia untuk lebih produktif dan peningkatan karir kerja. Dengan demikian, mempelajari teknologi sama dengan mempelajari gerak gerik kehidupan. Melalui teknologi, seorang individu menjadi lebih peka dan responsif terhadap segala fenomena yang terjadi. 

Tanda tangan digitial adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi (Sumber:Canva)

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, teknologi dapat membuat pekerjaan lebih mudah. Kemudahan tersebut juga dirasakan dalam hal pengelolaan administrasi kantor dalam pendidikan. Sebagai contoh, Bapak/Ibu pasti pernah bukan, bolak-balik ke ruang kepala sekolah hanya untuk meminta tanda tangan? atau menunggu dalam waktu yang sangat lama hanya demi tanda tangan tersebut? 

Nah! untuk mengatasi ketidakefisienan metode konvensional tersebut, teknologi menjadi solusi terbaik dengan menghadirkan tanda tangan digital untuk mempermudah pekerjaan Bapak/Ibu sehingga lebih maksimal. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasan sampai akhir ya!

Lebih Dekat dengan Tanda Tangan Digital

Tanda tangan digital merupakan bentuk tanda tangan elektronik yang digunakan sebagai alat autentifikasi identitas pengguna dan keaslian dokumen elektronik. Melalui tanda tangan digital yang terverifikasi, keamanan data Bapak/Ibu sekalian lebih terjamin dari kejahatan digital. Selain itu, penggunaan tanda tangan digital telah diatur keabsahannya melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.  

Melalui akun sosial medianya, Kemenkominfo merekomendasikan tujuh aplikasi penyelenggara sertifikasi elektronik yang telah diakui keamanannya. Aplikasi tersebut sebagai berikut. 

  1. PrivyId
  2. VIDA
  3. Digisign
  4. PERURI
  5. Balai Sertifikasi Elektronik
  6. iOTENTIK
  7. TekanAja!

Masih banyak aplikasi-aplikasi penunjang lainnya yang dapat Bapak/Ibu gunakan. Namun, kami selalu berkomitmen untuk menjaga keamanan file Anda melalui aplikasi-aplikasi yang telah teruji kualitasnya. 

Manfaat Tanda Tangan Digital

Menggunakan tanda tangan elektronik dalam administrasi dapat mempermudah pekerjaan Bapak/Ibu. Berikut beberapa manfaat lainnya dari tanda tangan digital dalam pendidikan. 

1. Menghemat Pengeluaran Administrasi 

Administrasi secara konvensional biasanya membutuhkan biaya yang lebih besar berkaitan dengan biaya pengiriman dokumen dan transportasi. Melalui teknologi, biaya-biaya tersebut dapat lebih dialokasikan kepada hal-hal yang lebih urgen lainnya. 

2. Meningkatkan Aksesibilitas

Proses administrasi seringkali terhambat karena antara kedua pihak tidak dapat bertatap muka secara langsung. Hal tersebut menjadi permasalahan karena akan menghabiskan waktu sehingga mengganggu produktivitas Bapak/Ibu. Sebagai contoh, Anda seorang Kepala Tata Usaha sedang sangat membutuhkan persetujuan dari Kepala Sekolah perihal pembiayaan koperasi. Di satu sisi, Kepala Sekolah sedang di luar kota karena ada tugas dinas. Dalam kasus tersebut, pekerjaan Anda akan lebih mudah melalui teknologi tanda tangan digital. Ini merupakan solusi yang win-win solution untuk kedua pihak. 

3. Menjaga Keamanan Data

Pengelolaan administrasi yang buruk di sekolah seringkali membuat beberapa data dapat diakses oleh orang yang tidak diinginkan. Lembar-lembar dokumen yang terbengkalai dapat menjadi peluang terciptanya kejahatan terhadap data diri Anda. Selain itu, data dalam bentuk konvensional juga rawan terhadap kasus kebakaran, banjir, dan hal-hal yang tidak terduga lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Bapak/Ibu sekalian untuk lebih dekat dengan teknologi tanda tangan digital di era digitalisasi saat ini. 

Dokumen dalam bentuk kertas memilki tingkat keamanan yang rendah (Sumber: Canva)

4. Efisiensi Pendataan 

Dalam institusi pendidikan, banyak dokumen dan formulir yang perlu ditandatangani oleh berbagai pihak, seperti siswa, orang tua, guru, dan staf administrasi. Dengan menggunakan tanda tangan digital, proses administrasi menjadi lebih efisien dan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Dokumen-dokumen dapat ditandatangani secara elektronik tanpa perlu mencetak dan mengirimkannya melalui pos atau kurir.

5. Mengurangi Limbah Kertas

Teknologi selalu linier dengan segala usaha pengurangan limbah. Penekanan terhadap jumlah penggunaan kertas dapat menjadi solusi terbaik agar dapat terciptanya lingkungan yang sehat dan tetap lestari.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami berikan perihal perlunya pengetahuan terhadap tanda tangan digital di era saat ini. Kami berharap melalui kehadiran teknologi, kita bersama-sama dapat membawa pendidikan ke taraf yang lebih baik lagi. Oh iya! untuk mempermudah Bapak/Ibu mempraktekkan bagaimana cara membuat tanda tangan digital, kami telah membuat artikel khusus "Tutorial membuat tanda tangan digital melalui aplikasi PrivyID” jangan sampai terlewatkan ya!


Penulis:: Yandi Chidlir
Penyunting:

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

TIPS MENJADI GURU INOVATIF MASA KINI
GURU BAHAGIA, PROBLEMATIKA LUPA
4 min
GI Academy #26: Terampil Membuat Asesmen Sumatif Kurikulum Merdeka
3 min
Guru Sehat, Lingkungan Belajar Sejahtera
2 min
Mengenal Empat Penggunaan Landasan Media Pembelajaran
6 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB