Published 24 Jan 2023

Mengenal Sejarah, Tema, dan Makna Penting Hari Pendidikan Internasional

Pendidikan adalah proses pengajaran dan pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap seseorang. Melalui pendidikan, seorang individu dapat hidup secara mandiri, produktif, dan aktif dalam segala aspek kehidupan.

Berita

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
Bagikan

“Let’s deliver education systems that can support equal societies, dynamic economies and the limitless dreams of every learner in the world." - António Guterres (Secretary General of the United Nations)

Pendidikan adalah proses pengajaran dan pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap seseorang. Melalui pendidikan, seorang individu dapat hidup secara mandiri, produktif, dan aktif dalam segala aspek kehidupan. Pendidikan juga menjadi jalan utama terwujudnya kedamaian, meningkatnya kesejahteraan, dan sebagai tempat teraman bagi kemanusian. Sebagai salah satu bentuk penghargaan untuk segala nilai-nilai filosofis, perjuangan, pengorbanan, dan jasa-jasa semua tenaga pendidik di seluruh belahan dunia, dunia mengenangnya dalam peringatan International Day of Education. Melalui peringatan tersebut, semua pihak diharapkan dapat merefleksikan sejauh mana pendidikan dapat melangkah dan menjadi wadah terbaik serta merencanakan strategi apa saja yang perlu dilakukan agar semua anak mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas. 

Selayang Pandang Hari Pendidikan Internasional

Hari Pendidikan Internasional pertama kali digagas oleh United Nations Educational pada 3 Desember 2018. Gagasan tersebut sebagai respons dunia terhadap pentingnya peran pendidikan dalam pembangunan bangsa-bangsa di seluruh dunia dan untuk perdamaian dunia. Perwujudan Hari Pendidikan Internasional pertama kali ditetapkan pada 24 Januari 2019 oleh Majelis Umum PBB dan didukung oleh 59 negara anggota. Setelah saat itu, setiap tanggal 24 Januari, dunia merayakan Hari Pendidikan Internasional. 

Mengenal Sejarah, Tema, dan Makna Penting Hari Pendidikan Internasional
Hari pendidikan internasional disahkan oleh 59 negara anggota PBB (Sumber: Canva)

International Day of Education diharapkan dapat menjadi momentum terbaik untuk dapat mengajak individu, masyarakat sipil, dan pembuat kebijakan untuk dapat mengambil langkah nyata perubahan dan memastikan bahwa pendidikan tersampaikan secara merata kepada anak-anak di seluruh dunia. Pendidikan harus menjadi rumah ternyaman, teraman, dan terhangat bagi mereka agar dapat menjadi pribadi yang siap menjadi agen perubahan bangsa. 

Wah menarik sekali bukan? Tahukah Bapak/Ibu kalau tema Hari Pendidikan Internasional berbeda-beda setiap tahunnya. Nah! pada tahun ini, UNESCO melalui lamannya merilis tema Hari Pendidikan Internasional 2023. Penasaran apa temanya? Simak penjelasan di bawah ini ya!

To Invest in People, Prioritize Education

Pada tahun 2023, International Day of Education mengangkat tema “To Invest in People, Prioritize Education” atau “Berinvestasi pada Manusia, Memprioritaskan Pendidikan.” Perumusan tema tersebut merupakan kelanjutan dari ide transformasi dunia yang dihasilkan dalam KTT PBB pada September 2022. Hari Pendidikan Sedunia tahun ini menyerukan untuk mempertahankan mobilisasi politik yang kuat di sekitar pendidikan dan memetakan cara untuk menerjemahkan komitmen dan inisiatif global ke dalam tindakan. Pendidikan harus diprioritaskan untuk mempercepat kemajuan di semua aspek kehidupan, bertahan di tengah resesi global, dan terbebas dari krisis iklim. 

Mengenal Sejarah, Tema, dan Makna Penting Hari Pendidikan Internasional
Quality in Education sebagai Media Pembangunan Berkelanjutan (Sumber: Canva)

Dunia percaya bahwa tahun 2023 merupakan momentum global untuk meningkatkan sumber daya manusia, menjaga kebertahanan planet, dan mewujudkan kesejahteraan di seluruh dunia. Selain itu, tema pada tahun ini juga memposisikan pendidikan sebagai agen perwujudan 17 goals SDGs khususnya pembangunan berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan tersebut harus memastikan tercapainya pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup untuk semua masyarakat di seluruh belahan dunia. 

Makna Penting dari Hari Pendidikan Internasional

Akses terhadap pendidikan berkualitas adalah alat terpenting untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan pembangunan SDM yang mumpuni. Pendidikan bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan tetapi juga tentang membentuk nilai dan sikap kita. Pendidikan membantu kita memahami budaya yang berbeda dan mengembangkan empati terhadap orang lain. Ketika semua orang diberikan akses ke pendidikan, hal ini akan mengarah pada kemajuan sosial, pertumbuhan ekonomi, dan perdamaian. Masih banyak makna dan pelajaran yang dapat dipetik dari peringatan Hari Pendidikan Internasional. Berikut uraiannya. 

1. Meningkatkan Pembangunan dan Pengembangan melalui Pendidikan

Tanpa pendidikan, perwujudan pembangunan berkelanjutan tidak akan terwujud. Pendidikan menjadi faktor esensial dan utama dalam membantu terwujudnya masyarakat revolusi dan berkembang. Dalam sudut pandang yang lebih kompleks, pendidikan harus dapat menjadi wadah berinvestasi terbaik untuk semua individu di dunia. Investasi tersebut tidak hanya dalam bentuk pengetahuan dan pencapaian tetapi juga berkaitan dengan bertambahnya kemampuan dalam berempati, berkomunikasi, dan masih banyak lainnya. 

Mengenal Sejarah, Tema, dan Makna Penting Hari Pendidikan Internasional
Pendidikan adalah agen perubahan bangsa (Sumber: Canva)

2. Pendidikan sebagai Jalan Utama Mewujudkan Kedamaian Dunia

Pendidikan adalah hak asasi manusia. Ia melahirkan individu yang memiliki pikiran terbuka dan maju. Melalui pendidikan seorang individu dapat membentuk dirinya dengan berbagai pengetahuan soal toleransi, isu kemanusiaan, dan kebebasan berpendapat. Oleh karena itu, pendidikan adalah langkah awal yang harus dilewati seorang individu untuk dapat menjadi manusia yang utuh. Manusia yang utuh adalah manusia yang dapat memanusiakan manusia, melihat berbagai  segala sesuatu dengan hati-hati, serta memaknai hubungan sesama dengan perasaan bangga dan berharga. 

Mengenal Sejarah, Tema, dan Makna Penting Hari Pendidikan Internasional
Pendidikan adalah hak anak di seluruh dunia (Sumber: Canva)

3. Mendorong Pendidikan yang Inklusif

Tujuan utama pendidikan adalah untuk membuat seorang individu menjadi berdaya. Artiya, upaya berdaya atau memberdayakan tersebut berkaitan dengan upaya peningkatan kemampuan berpikir, keterampilan menghasilkan ide, dan kecakapan berkomunikasi. Selain itu, pendidikan juga harus menjadi tempat berdinamika terbaik bagi semua masyarakat, bagi semua anak tanpa melihat suku, ras, dan keterbatasan fisik. Pendidikan adalah tempat teraman dan ternyaman serta ruang bagi terwujudnya pendidikan yang inklusif. 

Mengenal Sejarah, Tema, dan Makna Penting Hari Pendidikan Internasional
Pendidikan inklusif adalah salah satu bentuk pemerataan pendidikan (Sumber: Canva)

Demikianlah beberapa informasi perihal Hari Pendidikan Internasional. Kami berharap, momentum ini dapat menjadi momen refleksi bagi semua pihak mulai dari tenaga pendidik, peserta didik, dan pemegang kekuasaan untuk dapat mengevaluasi kembali segala pencapaian, mempelajari segala kekurangan, membenahi apa yang masih belum sampai pada tahap yang terbaik, serta menyusun rancangan dan langkah terbaik untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. 

Selamat Hari Pendidikan Internasional, semangat menjadi agen perubahan bangsa! Maju terus pendidikan di Seluruh Dunia!


Ayo bergabung dengan paket membership GuruInovatif.id sekarang! Ini adalah kesempatan terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan serta karir Anda sebagai tenaga pendidik. Dengan bergabung dalam paket membership kami, Anda akan mendapatkan akses ke konten premium yang tidak tersedia bagi pengunjung biasa. Anda juga akan mendapatkan diskon harga untuk produk dan layanan yang kami tawarkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan pelanggan prioritas dari tim kami. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Ayo bergabung dengan paket membership kami sekarang juga!


Penulis: Yandi Chidlir
Editor: Putra

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Related Post

Pembelian Merchandise GuruInovatif Lewat Dashboard!

Redaksi Guru Inovatif

Apr 01, 2022
1 min
Memperingati Hari Ibu, Momentum Reflektif dan Hangat bersama yang Terkasih

Redaksi Guru Inovatif

Dec 21, 2022
5 min
Freemium dari Guruinovatif.id, Program Penunjang Produktifitas dan Profesionalisme Guru!

Redaksi Guru Inovatif

Apr 01, 2022
1 min

Redaksi Guru Inovatif

Oct 22, 2022
2 min
Guruinovatif.id, Yuk berkenalan Lebih Lanjut!

Redaksi Guru Inovatif

Apr 01, 2022
1 min
MIRINGNYA PENDIDIKAN KITA

Fatmawati Ode. S,Pd

Jul 15, 2022
3 min

GuruInovatif.id adalah Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru. Bangun keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikat.


Copyright © 2022. GuruInovatif.id. All rights reserved. Guru Inovatif untuk pendidikan Indonesia