Memanfaatkan Platform Digital sebagai Wadah Pembelajaran - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 06 Sep 2023

Memanfaatkan Platform Digital sebagai Wadah Pembelajaran

Platform digital sebagai wadah untuk pembelajaran sangat membantu sekali agar belajar menjadi lebih efektif

Dunia Pendidikan

623x
Bagikan

Pada tahun 2020 Indonesia mulai mengalami wabah pandemi covid19, yang dimana semua kegiatan dilakukan secara daring dengan memanfaatkan platform digital, termasuk kegiatan pembelajaran di sekolah. Hal inilah yang membuat para guru harus mendorong siswanya untuk tetap melakukan pembelajaran walaupun dengan jarak jauh.

Selama pandemi para siswa dan guru memanfaatkan dagdet untuk melakukan kegiatan belajar dan mengajar, tetapi hal itu tidak menghalangi mereka, justru ini adalah sebuah kesempatan untuk siswa dan guru lebih cakap akan teknologi, seperti membuat dan  memanfaatkan aplikasi untuk pembelajaran agar belajar bisa menjadi lebih mudah.

Walaupun bisa belajar dengan mudah melalui platform digital, hal seperti ini bisa membuat siswa ataupun guru menjadi kecanduan dagdet, dalam keadaan seperti inilah yang membuat minat baca siswa mengalami penurunan, hal ini terbukti dari hasil penelitian bahwa siswa sekolah SD, SMP hingga SMA  menganggap sepele aktivitas membaca. Selain itu, para siswa sekolah cenderung melakukan aktivitas membaca  hanya ketika ada tugas dari guru saja.

Tak heran jika banyak sekali ide-ide yang muncul untuk memanfaatkan Platform digital yang menawarkan sebagai wadah pembelajaran seperti course, webinar, bimbel online dan sebagainya, agar literasi bisa menjadi lebih asyik dan menyenangkan. Selain itu literasi melalui platform digital sangat efektif karena bisa menghemat waktu, dan memiliki manfaat yang banyak seperti meningkatkan kemampuan untuk berpikir kritis, memahami informasi yang dibaca, memperbanyak kosakata dan masih banyak lagi.

Jadi para siswa bisa memanfaatkan kegiatan yang ada di platform digital untuk menambah ilmunya walaupun sedang dalam keadaan pandemi. Bahkan sampai pandemi berakhir seperti sekarang ini, kegiatan yang dilakukan melalui platform digital menjadi lebih banyak dan tentunya lebih bermanfaat apalagi bagi para siswa yang sedang melalui proses pembelajaran.

Tidak hanya itu, para guru juga sangat terbantu karena adanya kegiatan dari platform digital, dengan begitu para guru bisa memberikan informasi kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang ada di platform digital, jadi siswa bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih, menjadi inovatif, produktif dan bisa berkreasi tanpa batas melalui platform digital.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Implementasi Modul AMBYAR dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran
3 min
Revolusi Pendidikan Dengan Penguatan Literasi Digital Melalui Platform Digital
Lebih Dalam Mengenal 9 Tema Profil Projek Pelajar Pancasila
5 min
Hadapi Abad 21 dengan Kecakapan Literasi
2 min
Bagaimana Guru dan Siswa Menggunakan Platform Digital?

Megawati Megawati

Sep 02, 2023
5 min
Peran Guru Dalam Menumbuhkan Student Agency di Kelas

Imaliana, M.Pd.

May 02, 2023
7 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB