Literasi Digital: Teknologi di bidang pendidikan menuju Indonesia Emas 2045 - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 30 Agu 2023

Literasi Digital: Teknologi di bidang pendidikan menuju Indonesia Emas 2045

Canggih nya teknologi membuat perubahan besar di dunia ini, terutama dalam bidang pendidikan. Istilah baru di era digital ini ialah "Literasi Digital". Artikel ini akan menjelaskan penggunaan platform digital di gunakan dalam kegiatan literasi baik siswa maupun guru.

Dunia Pendidikan

RIFQI ADLI MAULANA

Kunjungi Profile
849x
Bagikan

• Paparan Literasi Digital dan kaitan dengan pendidikan

•Ialah kemampuan seseorang/individu dalam memahami, berpartisipasi dan memanfaatkan konteks digital dengan baik.

• Dalam pembelajaran efektif, siswa maupun guru bisa menggunakan platform digital sebagai media pembelajaran, seperti mengakses video pembelajaran, membaca materi dan latihan pengerjaan yang interaktif.

• Bagi pengajar, bisa menggunakan platform tersebut sebagai wadah rencana pembelajaran yang menarik dan bisa berinteraksi kepada siswa.

2. Etika Dalam Penggunaan Platform

• Siswa harus bisa memahami akan penting nya etika dalam penggunaan Teknologi digital, yaitu privasi.

• Kesadaran siswa dan guru terhadap memilah dan memilih informasi dengan teliti agar tidak terjadi kekeliruan dalam menangkap dan menerima informasi.

3. Persiapan menuju Indonesia Emas 2045

• Literasi digital akan memungkinkan dalam menciptakan Pendidikan Berkualitas melalui akses teknologi pembelajaran yang kreatif.

• Peningkatan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan ilmu 
Teknologi dan Informasi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran bisa di lakukan dengan baik dan interaktif.

• Guru akan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam memadahi Pembelajaran efektif,menarik dan menyenangkan.

4. Tantangan yang dihadapi

• Kemanan Privasi: Guru dan siswa harus bisa memahami dalam melindungi akun karna hal tersebut merupakan suatu data pribadi yang tidak bisa di beritahu kepada layak umum.

• Pemahaman dalam penggunaan teknis harus benar benar di pahami agar tidak mengalami kendala dalam penggunaan teknologi.

5. Pemahaman dalam mengikuti alur teknologi digital.

•Arus teknologi begitu pesat. Mau tidsk mau, siswa dan guru harus bisa mengikuti arus tersebut dan menambah pengetahuan mereka untuk tetap relevan di era digital.


Kesimpulan:
Paltform digital merupakan alat yang sangat memadahi dalam dunia pendidikan, terutama kegiatan belajar inovatif dan peningkatan kemampuan membaca. Dengan mudah nya mengakses ke berbagai sumber, menjadikan setiap individu bisa mengembangkan dan menciptakan hal dan keterampilan yang baru serta inovatif.

Tetapi, penting nya pengawasan yang bijak serta etika dalam penggunaan digital ini sangat penting agar bisa menggunakan dengan baik dan bertanggung jawab.

Dengan demikian, Penguatan literasi digital di dunia pendidikan, terutama di kalangan siswa dan guru akan mencapai pendidikan yang berkualitas, terutama di era digital dan menuju era Indonesia Emas 2045.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

PLATFORM DIGITAL GUNA MENGUATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL

Wiwid Wulandari

Sep 10, 2023
3 min
Transformasi Pendidikan dengan Literasi Digital: Meningkatkan Kemampuan Siswa dan Guru melalui Platform Digital

Santi Septiani

Aug 03, 2023
6 min
Peran Guru Dalam Menumbuhkan Student Agency di Kelas

Imaliana, M.Pd.

May 02, 2023
7 min
Konsep Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Yang Efektif Pasca Pandemi
2 min
Ketika Guru Tak Lagi Digugu dan Ditiru, tapi Digugat dan Diburu
4 min
Pentingnya Menumbuhkan Karakter kepada Siswa

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB