Level Up Teaching Digital dengan Bahan Ajar Kekinian - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Sep 2023

Level Up Teaching Digital dengan Bahan Ajar Kekinian

Banyak pelatihan pembelajaran digital yang berfokus pada perubahan paradigma belajar, namun belum banyak yang membahas pengembangan bahan ajar. Padahal, bahan ajar digital menjadi penunjang penting dalam memberikan pelajaran. Maka, pelatihan pengembangan bahan ajar digital sangatlah penting

Pelatihan Guru

Muhammad Mustofa Yusuf, S.Pd

Kunjungi Profile
1011x
Bagikan

Pendidikan adalah fondasi untuk membangun masyarakat yang kuat dan berkelanjutan. Di era digital, teknologi telah mengubah cara kita berinteraksi, bekerja, dan belajar. Guru memainkan peran sentral dalam menjembatani kesenjangan antara pengetahuan tradisional dan kebutuhan pendidikan yang terus meningkat. Oleh karena itu, peran guru sebagai #GuruInovatif menjadi semakin penting di dunia digital.

Dalam konteks ini menjadi jelas bahwa pendidik harus beradaptasi dengan tuntutan zaman. Saat ini, tidak hanya pengetahuan dasar saja yang dibutuhkan, namun kompetensi digital yang sesuai juga diperlukan. Guru harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang teknologi, kemampuan menggunakan perangkat dan platform digital, serta kreativitas  merancang materi pendidikan yang menarik dan relevan bagi siswanya. Namun, banyak guru masih menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran. Maka dari itu hadirlah @guruinovatif.id sebagai platform belajar digital yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran para guru di era digital.

Salah satu aspek pembelajaran digital adalah Teaching Aid atau Bahan Ajar yang juga harus bertransformasi dari paper based menjadi digital based yang jauh lebih interaktif, holistik, dan mudah dievaluasi. Bahan Ajar Digital dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Sehingga guru dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya. Beberapa contoh Bahan Ajar Digital, seperti berikut:

  1. Media Pembelajaran Interaktif 
  2. Video Animasi Pembelajaran
  3. Worksheet Digital
  4. FlipBook
  5. Komik Digital
  6. dan lain lain

Pelatihan yang baik haruslah dirancang secara terstruktur dan terukur baik secara daring maupun luring. Pelatihan seperti ini merupakan kegiatan yang berfokus pada skill digital dan akan menghasilkan sebuah produk yang dapat digunakan untuk keperluan pribadi atau dibagikan secara luas. Pelatihan seperti ini tentu memiliki tingkat kerumitan yang lebih dibandingkan dengan pelatihan perubahan paradigma. karena dalam praktiknya guru harus menganalisis materi, merancang ide, sampai membuat produk dengan berbagai alat atau program yang telah disediakan. Jika kita mengutip Taxonomy Bloom, maka kegiatan pelatihan seperti ini telah mencapai level tertinggi yaitu C6 atau Create. sebagaimana level tertinggi yang kita harapkan dalam pembelajarn kita, level tertinggi bagi guru dalam menyiapkan pembelajarannya adalah mampu membuat bahan ajar itu sendiri.

 

Berbagai jenis Bahan Ajar Digital dapat dipelajari dan diikuti oleh siapapun, walaupun pemula. hal ini menjadi peran bagi lembaga profesional untuk menghadirkan pelatihan yang baik dan mudah diakses bagi seluruh guru indonesia. sekaligus menjadi peran bagi para guru untuk memanfaatkan pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital yang tersedia untuk Level Up Teaching Skill nya.

Ukuran kecerdasan adalah kemampuan untuk berubah. - Albert Einstein


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GI Class Spesial Ramadhan: Meningkatkan Diri dengan Melatih Kesabaran
2 min
Tentang Menjadi Seorang Guru Trainer: Menggali Potensi dan Persiapannya
2 min
Webinar pendidikan Gratis tentang Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan
1 min
Webinar Tentang Metode Pengajaran Asyik di Ruang Kelas dan Virtual
1 min
Webinar Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Bangsa Melalui Kecakapan Literasi dan Numerasi
1 min
Webinar "Kupas Tuntas PPPK" untuk Menunjang Kesiapanmu
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB