Kisah Saya Sebagai Seorang Guru di Kota Tegal - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 10 Mei 2022

Kisah Saya Sebagai Seorang Guru di Kota Tegal

Seorang guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Ketika orang tua mendaftarkan anaknya ke sekolah, pada saat itu juga orang tua menaruh harapan terhadap guru, agar anaknya dapat berkembang secara optimal. Minat, bakat, kemampuan, dan potensi yang dimiliki peserta didik tidak akan dapat berkembang secara optimal tanpa bantuan guru. Dalam kaitan ini guru perlu memperhatikan peserta didik secara individual. Tugas guru tidak hanya mengajar, namun juga mendidik, mengasuh, membimbing, dan membentuk kepribadian siswa guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM).Pendidikan 

Cerita Guru

Indra Setiawan

Kunjungi Profile
1391x
Bagikan

Seorang guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Ketika orang tua mendaftarkan anaknya ke sekolah, pada saat itu juga orang tua menaruh harapan terhadap guru, agar anaknya dapat berkembang secara optimal. Minat, bakat, kemampuan, dan potensi yang dimiliki peserta didik tidak akan dapat berkembang secara optimal tanpa bantuan guru. Dalam kaitan ini guru perlu memperhatikan peserta didik secara individual. Tugas guru tidak hanya mengajar, namun juga mendidik, mengasuh, membimbing, dan membentuk kepribadian siswa guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM).
Pendidikan 

Pengalalaman Saya Sebagai Seorang Guru 

Awal saya menjadi seorang guru sejak tahun 2006 di SMK ISTEK Kota Tegal dengan mengajar mapel Teknik Komputer & Jaringan , dimana pada waktu itu saya baru mengenal dunia Pendidikan karen saya lulusan murni dari Teknik Elektro Universitas Islam Malang, tetapi dalam pribadi saya sangat nyaman dan senang setelah beberapa bulan mengajar. Tahun berikutnya saya mengajar juga di SMA N 1 Kersana Brebes, jadi dalam 1 minggu saya mengajar 3 hari di SMK ISTEK dan 3 hari lagi di SMA N 1 Kersana. Pada tahun yang sama saya diterima juga di SMK Farmasi Dukuhwaru Slawi, jadi dalam 1 minggu saya mengajar 3 sekolah.Singkat cerita setelah 3 tahun saya diterima di MAN Kota Tegal yang akhirnya saya keluar / tidak mengajar lagi di SMA N 1 Kersana dan SMK Farmasi Dukuhwaru Slawi. Tetapi saya tetap mengajar di SMK ISTEK juga. Di MAN Kota Tegal bertahan selama 5 tahun dan akhirnya pada tahun 2015 sampai sekarang saya hanya mengajar di SMK ISTEK.

Pengalaman Jabatan/Organisasi Di Sekolah

Tidak hanya mengajar saya di SMK juga pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Bidang Kurikulum dari tahun 2019 s/d 2022, saya juga menjabat sebagai Kepala Jurusan TKJ, pernah menjadi Pembina OSIS, dan saya Juga sebagai Ketua MGMP TKJ Kota Tegal Serta sebagai Ketua LSP-P1 SMK ISTEK.

Pada Tahun 2020 sampai sekarang saya mengikuti beberapa pelatihan diantara :

  1. Pelatihan Microsoft 365 For Edu
  2. Pelatihan TOT Microsoft 365 For Edu
  3. Pelatihan Canva For Edu
  4. Pelatihan TOT Canva For Edu
  5. Pelatihan Quizizz
  6. Pelatihan Asesor LSP-P1, dll

Upaya Meningkatkan Profesional Guru

Pada Tahun 2020 saya menjadi Trainer Microsoft 365 For Edu sedangkan tahun 2022 saya menjadi Trainer Canva For Edu. Dalam Kurun waktu tahun 2020 s/d 2021 saya sudah membuat pelatihan  Trainer Microsoft 365 For Edu  baik Daring maupun luring untuk guru maupun dosen sebanyak 4 kali. Sedangkan pada Tahun 2022 saya membuat pelatihan Canva secara daring.

Pengalaman Jabatan/Organisasi Di Luar Sekolah

Dalam pengalama saya diluar sekolah saya mengikuti bebrapa organiasasi/komunitas diantarnya :

  • Komunitas Sosial GEMAS ( Gerakan Membersihkan Masjid/Mushola ) 

Gemas ini berdiri tahun 2019 sampai sekarang dimana saya sebagai ketuanya. Dimana tujuan dibentuknya komunitas ini adalah supaya masyarakat memiliki rasa peduli pada kebersihan masjid/mushola. Sewaktu saya manjabat sebagai Pembina OSIS saya masukan program GEMAS / BBM ( berisih-bersih masjid ) ini ke dalam program OSIS untuk melatih generasi muda peduli pada masjid/mushola dilingkungannya.

  • Koperasi Cempaka Permata Sejahtera

Dikoperasi saya ditunjuk sebagai ketua dari tahun 2020 sampai sekarang dimana koperasi ini bergerak di bidang peternakan yaitu budidaya cacing

  • Asosiasi Peternak Cacing Indonesia ( APCI )

Pada awalnya saya memiliki gagasan untuk menyatukan para peternak cacing diIndonesia dimana masih banyak peternak cacing yang masih bingung dalam menjual hasil panen cacing, bingung mencari bibit, harga juga tdk sama antar peternak cacing.Yang akhirya saya bentuk wadah yang Namanya APCI.Sekarang lagi proses pembentukan legalitas di notaris dengan susunan Dewan Pengurus Pusat ( DPP ) saya sebagai sekertaris jendral

  • MGMP TKJ ( Teknik Komputer Jaringan )

Untuk MGMP TKJ Kota Tegal saya menjabat sebagai ketua di tahun 2022

  • Pengurus Alumni SMP N1 Kramat Tegal

Saya juga masuk dalam pengurus IKA SMP N1 Kramat sebagai sekertaris 

Kesimpulan dan Saran

Memperhatikan peran guru dan tugas guru sebagai salah satu faktor determinan bagi keberhasilan pendidikan, terutama dalam menghadapi pendidikan di era global, maka keberadaan dan peningkatan profesi guru menjadi wacana yang sangat penting. Oleh karena itu Para pendidik, calon pendidik, dan pihak-pihak yang terkait hendaknya mulai memahami, menerapkan, dan mengembangkan sikap-sikap serta perilaku dalam dunia pendidikan melalui teladan baik dalam pikiran, ucapan, dan tindakan.

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Berkah Hafal 4 Juz, Rabbani dapat Sepeda

Abu Hanifah

Jul 01, 2022
1 min
Strategi Literasi Untuk Pemulihan Learning Loss

eka sugeng ariadi

Mar 24, 2022
13 min
Pembelajaran Hots Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Bahan Produk Mie Instan
Panggilan Merdeka!
4 min
Belajar dari Covid-19, Bagaimana Cara Mudah Menularkan Semangat Membaca dan Belajar Peserta Didik
7 min
Sekolah yang Berkarakter
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar