KESEHATAN MENTAL SEORANG GURU - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Des 2023

KESEHATAN MENTAL SEORANG GURU

kesehatan mental guru sangatlah penting bagi siswanya

Seputar Guru

tuti setianingsih

Kunjungi Profile
186x
Bagikan

Kehidupan yang harmonis dan seimbang adalah dambaan setiap orang. Untuk mencapai itu semua kita harus memenuhi kebutuhan. Ada tiga yang dibutuhkan manusia yaitu sandang, pangan dan papan. Di samping itu ada juga kebutuhan yang lebih penting, yaitu Kesehatan mental. Seseorang yang mempunyai Kesehatan mental akan mudah mengatur emosi, mengatasi masalah, dan mampu bekerja secara produktif. Setiap manusia wajib memenuhi kebutuhannya, selaras dengan kehidupan yang sebagaimana mestinya. Walaupun kadang tidak mudah untuk melakukan semua itu. Di tengah keberagaman dan persaingan dunia bisnis, membuat dunia kerja semakin sibuk. Hingga membuat banyak orang yang jatuh stres, kelelahan karena banyaknya tekanan. 

Seperti profesi seorang guru yang membutuhkan ketenangan. Profesi guru merupakan pekerjaan yang rentan dengan resiko permasalahan mental. Sangat penting bagi seorang guru untuk menjaga Kesehatan mentalnya. Kesehatan mental bisa di jaga dengan beberapa Langkah seperti:  menjalankan perintahNya, memanjakan diri dengan liburan sederhana (berenang, membaca novel favorit, menonton film, mendengarkan musik), makan makanan sehat, olah raga, dan istirahat yang cukup. Agar pikiran dan perasaan menjadi tenang dan dapat bekerja secara optimal. Maka guru dapat  meningkatan wawasannya lebih luas, berkarya, dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Juga dapat  bersosialisasi dengan lingkungan yang tepat. 

Jadi jelas sekali bahwa Kesehatan mental seorang  guru sangat mendukung tugasnya di dalam kelas.  Dalam mengemban tugasnya guru harus banyak berinteraksi dengan siswa. Berkomunikasi dengan baik, santun dan bersahaja. Semua itu akan membantu siswa dalam pertumbuhan jiwa juga ilmu pengetahuan yang didapatnya. Penyampaian ilmu yang benar dapat memudahkan siswa dalam mencerna dan memahaminya. Siswapun dapat mencapai hasil belajar yang baik. Dengan pembinaan yang baik pula akan mencetak generasi muda penerus bangsa yang membanggakan. Oleh karena itu jagalah Kesehatan mental ditengah aktivitas yang padat. Prioritaskan Kesehatan diri untuk hasil kerja yang maksimal. Dengan Kesehatan yang prima akan menginspirasi orang-orang sekitar kita. Energi positif terus akan terpancar mengelilingi kita.   

by: tuti setianingsih


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Konsep dan Tujuan Asesmen Kompetensi Minimum
4 min
Peran positif AI dalam menjaga kesehatan mental guru menghadapi Era Society 5.0

Dita Pratiwi

Nov 30, 2023
1 min
Mengenal Empat Penggunaan Landasan Media Pembelajaran
6 min
Alasan Guru Harus Naik Jabatan
1 min
Padlet! Media Kekinian untuk Memotivasi Siswa Lebih Aktif
5 min
GURU BAHAGIA, MURID CERDAS: KAITAN LANGSUNG ANTARA KESEHATAN MENTAL DAN KUALITAS PENDIDIKAN

AMM QURROTA A'YUN

Nov 24, 2023
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB