Kesehatan Mental Guru yang Dikesampingkan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 05 Des 2023

Kesehatan Mental Guru yang Dikesampingkan

Kesehatan mental seorang guru akan berpengaruh pada proses pembelajaran. Guru yang memiliki kondisi psikis yang baik akan memberikan pengaruh positif terhadap peserta didik, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, menarik dan dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal.

Seputar Guru

marisa shinta

Kunjungi Profile
364x
Bagikan

Kesehatan mental menjadi salah satu hal yang hal harus diperhatikan. Selain fisik, kondisi psikis juga dapat menjadi penentu kesehatan seseorang. Orang dengan kondisi psikis baik cenderung lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang memiliki masalah psikis. Disebabkan biasanya orang yang kondisi psikisnya terganggu memiliki gejala diantaranya nafsu makan menurun, lemas, lesu, tidur tidak tenang, sedih yang menyebabkan kondisi kesehatan menurun yang berimbas pada penurunan imunitas tubuh. Sehingga mudah terjangkit penyakit. 

Dalam dunia pendidikan tidak lepas dari peranan seorang guru. Guru diminta untuk menjaga kestabilan mental peserta didik. Salah satu program yang sedang digaungkan untuk menjaga kesehatan mental peserta didik adalah disosialisasikannya program pencegahan bullying disatuan pendidikan guna menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman, aman dan ramah anak. Tanpa memperhatikan bahwasanya tidak hanya peserta didik, guru juga seharusnya diperhatikan kesehatan mentalnya. Dimana selain mengajar, guru juga dibebani dengan berbagai administrasi yang harus dipenuhi, belum lagi menyesuaikan diri dengan kurikulum yang silih berganti. Maka guru dituntut untuk terus belajar dan mengupgrade diri. 

Membuat guru dilema saat menghadapi proses pembelajaran, kedilemaan itu juga berpengaruh pada kondisi psikis guru yang berimbas pada proses pembelajaran dikelas yang kurang maksimal. 

Pada kurikulum merdeka, proses pembelajaran dituntut dapat memenuhi gaya belajar setiap peserta didik. Dimana tanpa kita sadari bahwasanya dengan mengikuti setiap gaya belajar siswa, tentunya guru mendapatkan tantangan baru, belum lagi jika sarana dan prasarana yang tersedia disekolah belum memadai untuk menciptakan suasana pembelajaran yang berdiferensiasi. Administrasi yang menuntut haknya untuk dipenuhi. Tantangan tidak hanya pada proses dan media pembelajaran, terkadang pada peserta didik dan wali murid. 

Maka diharapkan ada solusi untuk setiap permasalahan yang terjadi pada dunia pendidikan. Khususnya pada bab administrasi. Agar guru dapat fokus terhadap tumbuh kembang peserta didik dan peranannya menjadikan generasi yang tangguh, berprestasi, berdedikasi terhadap negeri dan berakhlakul karimah. 


Penyunting: Putra

1

0

Komentar (1)

Megawati Megawati

Dec 11, 2023

Yes, tuntutan berat😭πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Perlukah Guru Bermental Sehat?
1 min
Guru Anak Usia Dini Sehat Mental dengan Menulis
3 min
Tambah Penghasilanmu sebagai Trainer di Guruinovatif.id
2 min
Hindari Burnout Dengan Restitusi

Nur Trianingsih

Nov 30, 2023
3 min
Pentingnya Guru Menengok ke Bawah, Sawah, dan Lembah

Rozi Ahdar

Dec 08, 2023
2 min
Jurus Sakti Menjadi Guru Penuh Inovasi

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar