Kalender Pendidikan 2023: Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Jadwal yang Lebih Baik - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 20 Jan 2023

Kalender Pendidikan 2023: Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Jadwal yang Lebih Baik

Kalender Pendidikan adalah jadwal yang menentukan kapan masa belajar dan libur sekolah. Ini dapat berbeda antara negara dan daerah, tetapi umumnya mencakup tanggal penting seperti awal dan akhir tahun ajaran, hari libur nasional, serta tanggal penting lainnya.

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
4842x
Bagikan

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu dalam kegiatan mengajar selama satu tahun ajaran. Kalender ini mencakup permulaan tahun ajaran baru, waktu pembelajaran efektif, minggu efektif belajar, dan juga hari libur.

Fungsi Kalender Pendidikan

Pada umumnya, fungsi kalender pendidikan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran di sekolah maupun perguruan tinggi. Selain itu, kalender pendidikan bisa menjadi acuan untuk menyelaraskan hari efektif dengan hari libur sekolah.

Kalender Pendidikan 2023: Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Jadwal yang Lebih Baik
Ilustrasi kalender pendidikan (Sumber: Canva)

Secara khusus, kalender pendidikan digunakan sebagai pedoman bagi guru untuk menyusun silabus, Program Semester (Promes), Program Tahunan (Prota), dan Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP).

Pembuat Kebijakan Kalender Pendidikan

Kalender pendidikan untuk tiap satuan pendidikan disusun oleh masing-masing satuan pendidikan berdasarkan alokasi waktu sebagaimana yang tercantum dalam Standar Isi dengan memperhatikan ketentuan dari pusat atau pemerintah daerah.

3 Ketentuan Penetapan dalam Kalender Pendidikan

Dalam membuat kalender pendidikan, Anda harus memperhatikan 3 ketentuan berikut:

  1. Permulaan tahun ajaran baru adalah bulan Juli dan berakhir pada bulan Juni di tahun berikutnya.
  2. Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama terkait hari raya keagamanaan, Kepala Daerah tingkat Kabupaten/Kota, dan/atau organisasi penyelenggara pendidikan yang menetapkan hari libur khusus.
  3. Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota yang menetapkan hari libur serentak sesuai satuan-satuan pendidikan.

Kalender pendidikan merupakan alat yang penting bagi para guru, karena membantu mereka mengelola jadwal pengajaran dan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Dengan menggunakan kalender pendidikan, para guru dapat membuat rencana pengajaran yang terstruktur dan terorganisir, serta mengetahui jadwal kegiatan sekolah yang akan datang.

Kalender pendidikan juga membantu para guru untuk mengelola waktu dengan lebih baik. Dengan membuat jadwal pengajaran dan tugas-tugas yang terstruktur, para guru dapat menentukan prioritas pekerjaan dan fokus pada tugas-tugas yang paling penting. Ini akan membantu mereka meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Selain itu, kalender pendidikan juga dapat digunakan untuk mengetahui jadwal tes, ujian, dan kegiatan sekolah lainnya. Ini sangat penting bagi para guru karena dapat membantu mereka untuk menyiapkan diri dengan baik dan menjaga agar tidak ada kegiatan yang terlewatkan.

Kalender pendidikan juga sangat membantu para peserta didik dan orang tua. Peserta didik dapat mengetahui jadwal pengajaran dan tugas-tugas yang harus diselesaikan, serta jadwal tes dan ujian. Orang tua juga dapat mengetahui jadwal kegiatan sekolah dan dapat membantu anak-anak mereka untuk menyiapkan diri dengan baik.

Secara keseluruhan, kalender pendidikan merupakan alat yang penting bagi para guru untuk mengelola waktu dan jadwal pengajaran. Ini membantu para guru untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, serta membantu peserta didik dan orang tua untuk menyiapkan diri dengan baik.

Oleh karena itu, tim GuruInovatif.id menyediakan file kalender pendidikan beserta hari libur nasional secara cuma-cuma alias GRATIS.
Silakan download file kalender pendidikannya disini

Kalender Pendidikan 2023: Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Jadwal yang Lebih Baik

Oh iya, jangan lupa untuk mengecek secara berkala, bahan ajar GRATIS lainnya juga ya. Karena kami akan selalu meng-update bahan-bahan ajar ini secara berkala.

Semoga dapat membantu tenaga pendidik di seluruh Indonesia

Salam Guru Inovatif !


Penulis: Eka
Editor: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

MOMEN HGN 2023: OPTIMALISASI PERAN GURU SEBAGAI PETUGAS KESEHATAN MENTAL

Imaliana, M.Pd.

Dec 05, 2023
8 min
Tips Membuat Soal Ujian HOTS (Higher Order Thinking Skill)
4 min
Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru melalui Studi Banding
4 min
INOVATIF DENGAN PENGABDIAN DAN CINTA

Winarni, S. Si.

Jul 21, 2022
2 min
7 Aplikasi Kecerdasan Buatan (AI) Gratis yang Mempermudah Guru dalam Mengajar

ROMI SAPUTRA

Sep 15, 2023
2 min
Cara Memanfaatkan Teknologi dalam Pendidikan yang Guru Harus Tahu!
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB