Jelang Dimulainya Tahun Ajaran Baru, Guruinovatif.id Menyelenggarakan Kegiatan Implementasi ELA di MTs Muhammadiyah Wonosari - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 11 Jul 2024

Jelang Dimulainya Tahun Ajaran Baru, Guruinovatif.id Menyelenggarakan Kegiatan Implementasi ELA di MTs Muhammadiyah Wonosari

Pada tanggal 08 hingga 09 Juli 2024, Guruinovatif.id menyelenggarakan kegiatan implementasi Entry Level Assessment (ELA) di MTs Muhammadiyah Wonosari. Kegiatan ini diikuti siswa kelas VII sebanyak 86 peserta.

Entry Level Assessment

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
68x
Bagikan

Pada tanggal 08 dan 09 Juli 2024, Guruinovatif.id menyelenggarakan implementasi Entry Level Assessment (ELA) di MTs Muhammadiyah Wonosari. Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi Guruinovatif.id dengan Kementerian Agama Gunungkidul untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik agar meningkatkan kualitas pendidikan negeri.

Kegiatan ini diikuti dengan antusias dan semangat oleh 86 siswa-siswi yang baru saja memasuki jenjang pendidikan kelas VII SMP/MTs. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari. Dalam sehari, terdiri dari dua sesi kegiatan. Penyelenggaraan implementasi ELA di MTS Muhammadiyah Wonosari pada hari pertama dilaksanakan pada dari jam 07.30—11.00 WIB untuk sesi pertama. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan ke sesi kedua pada jam 12.30—16.00 WIB.

Jelang Dimulainya Tahun Ajaran Baru, Guruinovatif.id Menyelenggarakan Kegiatan Implementasi ELA di MTs Muhammadiyah Wonosari
Suasana siswa MTs Muhammadiyah Wonosari mengerjakan sejumlah soal ELA (Gambar: Dokumen Pribadi)

Di hari pertama kegiatan ini, siswa mendapatkan soal yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif dan karakteristik masing-masing siswa. Di hari kedua, sesi pertama kegiatan ini dilaksanakan pada jam 07.00—10.30 WIB. Sedangkan di sesi kedua, dilaksanakan dari jam 12.30—16.00 WIB. Di hari kedua ini, siswa diminta untuk mengerjakan sejumlah soal untuk mengukur capaian pembelajaran masing-masing siswa pada jenjang pendidikan sebelumnya dan mengidentifikasi kondisi lingkungan di sekitar siswa ketika berada di luar sekolah.

Semua kegiatan implementasi yang dilakukan selama 2 hari ini, dikerjakan secara daring (online) dengan menggunakan fasilitas yang tersedia di MTs Muhammadiyah Wonosari. Kegiatan ini pun juga didampingi sejumlah guru guna mengawasi penyelenggaraan kegiatan implementasi ELA.

Jelang Dimulainya Tahun Ajaran Baru, Guruinovatif.id Menyelenggarakan Kegiatan Implementasi ELA di MTs Muhammadiyah Wonosari
Kegiatan ini juga diawasi oleh guru di MTs Muhammadiyah Wonosari (Gambar: Dokumen Pribadi)

“Saat mengerjakan soal, tampilan sangat jelas serta memudahkan saat memilih jawaban. Selain itu, ELA juga memiliki fitur memperbesar dan memperkecil teks sehingga dapat menyesuaikan dengan kenyamanan saya saat mengerjakan soal.” ujar Khalifah Firdaus Almustofa selaku siswa yang mengikuti kegiatan implementasi ELA di MTs Muhammadiyah Wonosari.

Dengan memperoleh data yang didapat melalui hasil tes siswa, MTs Muhammdiyah Wonosari dapat memetakan kelompok kelas sesuai karakter siswa pada setiap kelompok belajar untuk mempermudah guru dalam memberikan pembelajaran efektif.

GuruInovatif.id memberikan solusi yang akurat, cepat dan mudah dalam membantu sekolah memiliki pangkalan data tentang kondisi siswa secara lengkap melalui Entry Level Assessment (ELA). Data tersebut sangat berperan penting pada proses penyusunan kegiatan sekolah yang berbasis layanan pendidikan berkualitas tinggi dengan berfokus pada efisiensi dan efektivitas serta berkelanjutan.

ELA menggunakan konsep asesmen diagnostik kognitif serta non-kognitif yang dapat memetakan kemampuan peserta didik mulai dari memantau kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran hingga mengetahui kondisi psikologi, emosi, dan sosial peserta didik dengan komponen pengukuran yang lebih komprehensif. Selain itu, dalam laporan dan analisis dari ELA juga memberikan rekomendasi kegiatan berdasarkan kajian dimensi Standar Nasional Pendidikan yang berfokus pada perbaikan layanan pembelajaran di kelas.

Ingin memiliki layanan pendidikan yang berkualitas dalam meningkatkan mutu pendidikan?
Dapatkan informasi selengkapnya terkait Entry Level Assessment melalui platform GuruInovatif.id.

Kunjungi website resmi ELA disini!


Penulis: Eka | Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kementerian Agama Gunung Kidul Sambut Baik Kehadiran Entry Level Assessment (ELA)
2 min
Dinas Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta Sambut Baik Kehadiran Entry Level Assessment (ELA)
2 min
GuruInovatif.id Selenggarakan Workshop Entry Level Assessment Bersama Dinas Pendidikan Boyolali
2 min
Asesmen Awal Pembelajaran sebagai Langkah Krusial dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas Tinggi
3 min
Guruinovatif.id Diundang dalam Rapat Wali Murid di SMP Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul, Yogyakarta
1 min
GuruInovatif.id Selenggarakan Workshop Entry Level Assessment Bersama Dinas Pendidikan Bantul
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar