Diterbitkan 15 Mei 2023

Hard Skill dan Soft Skill yang Harus Dimiliki Guru

“Hard skill yang kompeten akan maksimal ketika guru memiliki soft skill yang dapat mendukung hard skill dalam mengajar siswa”

Seputar Guru

Kalin Alvira Citralekha

Kunjungi Profile
6959x
Bagikan

Sebagai guru, Bapak/Ibu sangat berperan penting dalam membentuk generasi muda penerus bangsa yang berbakat. Untuk mendukung hal tersebut, Bapak/Ibu harus memiliki keterampilan atau kemampuan yang sering disebut dengan hard skill dan soft skill. Dengan memiliki hard skill dan soft skill, Bapak/Ibu dapat memberikan banyak manfaat kepada siswa, seperti meningkatkan kualitas pengajaran dan mendukung siswa berkembang secara positif sehingga siswa dapat mencapai potensi terbaik dalam hidup mereka.

Nah, pasti Bapak/Ibu sudah penasaran kan sebenarnya apa sih hard skill dan soft skill itu? Dan apa saja hard skill dan soft skill yang harus dimiliki Bapak/Ibu sebagai guru? Simak sampai selesai ya!

Pengertian Hard Skill dan Keterampilan yang Harus Dimiliki

Hard Skill dan Soft Skill yang Harus Dimiliki Guru

Dalam dunia pendidikan, hard skill sangat penting agar guru dapat memberikan pengajaran yang efektif dan efisien serta membantu siswa memahami materi yang diajarkan. Menurut Robbins yang dialih bahasakan oleh Benyamin Molan (2014:28) menyatakan, Hard Skill disebut sebagai kemampuan intelektual atau intellectual ability, yang merupakan sebuah kemampuan yang dibutuhkan untuk menentukan berbagai aktivitas mental untuk berpikir, menalar, serta memecahkan sebuah masalah. Dengan kata lain, sebagai seorang guru, Bapak/Ibu harus memiliki hard skill berupa: 

1. Memahami dengan baik materi pelajaran

Bapak/Ibu harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang mata pelajaran yang akan diajarkan. Bapak/Ibu juga harus memahami konsep dasar yang berkaitan dengan materi, sehingga Bapak/Ibu mampu menjelaskan materi dengan jelas dan memberikan contoh yang relevan agar siswa memahami materi dengan baik. 

2. Penguasaan metode pembelajaran

Bapak/Ibu harus mengetahui metode pengajaran yang efektif dan tepat untuk setiap mata pelajaran dan mengubah metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Bapak/Ibu harus tahu bagaimana menggunakan metode pengajaran yang interaktif dan dapat memotivasi siswa untuk belajar. 

Untuk mencapai penguasaan hard skill secara maksimal, Bapak/Ibu harus terus mengasah dan mengembangkan keterampilan tersebut, salah satu caranya yaitu dengan mengikuti pelatihan ataupun seminar.

Pengertian Soft Skill dan Keterampilan yang Harus Dimiliki

Pendidikan tidak semata-mata hanya tentang memberi materi atau pengetahuan akademis, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, menyenangkan dan mendukung untuk siswa, karena dalam lingkungan belajar yang positif, siswa cenderung merasa lebih termotivasi untuk belajar. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan ini, guru harus memiliki keterampilan sosial dan emosional atau yang dikenal sebagai soft skill. Menurut Lorenz (2009), soft skill merupakan sebuah keterampilan seseorang dalam membangun hubungan bersama orang lain dan juga dengan dirinya sendiri. Lalu, apa saja soft skill yang harus dimiliki Bapak/Ibu? Simak penjelasan berikut.

1. Kesabaran

Bapak/Ibu harus memahami bahwa di suatu kelas terdapat banyak keberagaman latar belakang budaya, gaya belajar, kepribadian dan kemampuan intelektual. Bapak/Ibu akan berada di situasi ketika beberapa siswa mungkin menghadirkan tantangan lain, seperti terlambat mengerjakan tugas, sulit memahami pelajaran, perilaku yang menganggu dan sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut, Bapak/Ibu perlu manajemen emosi yang baik dan memiliki tingkat kesabaran yang tinggi dalam menghadapi siswa.

2. Komunikasi

Komunikasi menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki Bapak/Ibu. Keterampilan komunikasi yang baik dapat meningkatkan efektivitas pengajaran, karena ketika Bapak/Ibu dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik, maka siswa pun bisa menerima informasi tersebut lebih maksimal. Selain itu, komunikasi juga dapat membangun hubungan yang baik dengan siswa ataupun orang tua siswa.

3. Kepemimpinan

Dengan memiliki keterampilan kepemimpinan, Bapak/Ibu dapat menciptakan lingkungan kelas yang kondusif dalam rangka mencapai tujuan akademik dan meningkatkan kolaborasi dalam kelas, sehingga dapat mendorong siswa untuk bekerja sama dan mengembangkan keterampilan sosial mereka.

4. Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah 

Salah satu tanggung jawab Bapak/Ibu menjadi guru yaitu mengelola adanya perbedaan pendapat yang terjadi di antara siswa. Jika terjadi suatu masalah, Bapak/Ibu harus dapat mendengarkan secara aktif serta mempertimbangkan setiap sudut pandang. Dengan memiliki keterampilan ini, Bapak/Ibu juga perlu mengasah cara berpikir kritis agar mencapai pemecahan masalah yang terbaik. 

Ayo! bersama-sama kita terus mengembangkan keterampilan guru. Ingatlah bahwa setiap usaha yang Bapak/Ibu lakukan untuk mengembangkan keterampilan akan membawa manfaat besar bagi siswa dan masa depan Bapak/Ibu sebagai guru yang sukses.

Kepada para tenaga pendidik yang berdedikasi, mari perluas wawasan dan keterampilan Anda dengan mengikuti kursus online kami dan raih sertifikat resmi sebagai bukti prestasi Anda. Kami menyediakan program yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan masa kini dan masa depan. Daftarlah sekarang dan buktikan bahwa Anda adalah guru yang berkomitmen pada kemajuan pendidikan!


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Guru Anak Usia Dini Sehat Mental dengan Menulis
10 Aplikasi Kecerdasan Buatan (AI) Gratis yang Mempermudah Guru dalam Membuat Media Pembelajaran

SAMINO, S.Pd

Sep 21, 2023
2 min
Prinsip Cara Menyusun Modul ajar sesuai Ketentuan Kemendikbud
2 min
Mengenal Pentingnya Penguasaan Kompetensi Kepribadian bagi Tenaga Pendidik
6 min
GURU SERING IKUT PELATIHAN TAPI BELUM ADA PERUBAHAN

pandji widya

Jun 29, 2022
1 min
Jurus Sakti Menjadi Guru Penuh Inovasi

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB