Guruinovatif.id Selenggarakan Kegiatan Implementasi Entry Level Assessment (ELA) di Wilayah Jateng & DIY - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 25 Jul 2024

Guruinovatif.id Selenggarakan Kegiatan Implementasi Entry Level Assessment (ELA) di Wilayah Jateng & DIY

Pada tanggal 23-24 Juli 2024 yang lalu, Guruinovatif.id berhasil menyelenggarakan kegiatan implementasi Entry Level Assessment (ELA) di wilayah Jateng & DIY, yakni SMP Muhammadiyah 3 Mlati Sleman dan SMA Don Bosko Semarang.

Entry Level Assessment

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
73x
Bagikan

Pada tanggal 23-24 Juli 2024, Guruinovatif.id kembali berkolaborasi dengan dua satuan pendidikan di wilayah Jateng dan DIY untuk menyelenggarakan implementasi Entry Level Assessment (ELA) di Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kedua sekolah ini adalah SMP Muhammadiyah 3 Mlati Sleman dan SMA Don Bosko Semarang.

Dalam pelaksanaannya, implementasi ELA diikuti dengan antusias oleh 257 peserta didik baru secara daring (online). Di SMA Don Bosko Semarang, siswa menggunakan smartphone untuk menyelesaikan soal-soal ELA, sementara di SMP Muhammadiyah 3 Mlati, mereka menggunakan laptop. Di hari pertama penyelenggaraan kegiatan ini, siswa diminta mengerjakan soal-soal yang bertujuan untuk mengukur kemampuan koginitif dan karakteristik masing-masing siswa. Lalu, di hari kedua siswa diminta mengerjakan sejumlah soal yang memiliki tujuan untuk mengukur capaian pembelajaran masing-masing siswa pada jenjang pendidikan sebelumnya. Selain itu, soal-soal yang ada dalam ELA juga dapat mengidentifikasi kondisi lingkungan di sekitar siswa ketika berada di luar sekolah.

Guruinovatif.id Selenggarakan Kegiatan Implementasi Entry Level Assessment (ELA) di Wilayah Jateng & DIY
Suasana implementasi ELA di SMP Muhammadiyah 3 Mlati Sleman (Gambar: Dokumen Pribadi)

“Panduan untuk mengerjakan soalnya mudah dipahami, selain itu tampilan ELA juga jelas.” ujar Salma Widya Riskika, peserta didik baru dari SMP Muhammadiyah 3 Mlati.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Elisya Ramadhani, ia menjelaskan “Navigasi pemilihan soalnya mudah. Keberadaan gambar dan tabel juga memudahkan saya dalam memahami soal-soal yang ada di ELA.”

Pengerjaan soal ELA yang dapat dilakukan baik menggunakan perangkat laptop/PC atau smartphone menjadi nilai positif yang dirasakan oleh siswa. Seperti yang dikemukakan oleh Joyce Evelin Kristiawan sebagai peserta didik baru di SMA Don Bosko Semarang, “Meskipun saya mengerjakannya melalui smartphone, adanya fitur simulasi soal di setiap sesi membuat saya lebih mudah memahami apa maksud dari tiap sesi ELA.” Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pelaksanaan ELA memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami materi pembelajaran.

Guruinovatif.id Selenggarakan Kegiatan Implementasi Entry Level Assessment (ELA) di Wilayah Jateng & DIY
Suasana implementasi ELA di SMA Don Bosko Semarang (Gambar: Dokumen Pribadi)

Andre yang juga merupakan peserta didik baru di SMA Don Bosko Semarang juga merasakan pengalaman positif saat mengikuti kegiatan ini, ia berujar “Soal-soal yang ada di dalam ELA memang susah, namun saya malah merasakan keseruan saat mengerjakannya. Karena soal-soal itu membuat saya tertantang untuk mengerjakannya.”

ELA merupakan salah satu langkah dari Guruinovatif.id dalam mendukung pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Karena dalam skema SPMI maupun skema penjaminan mutu Peserta Didik Baru (PDB), memerlukan sumber data yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan analisis dan kajian penyusunan kegiatan sekolah. ELA hadir sebagai alat bantu terbaik bagi orang tua, guru, sekolah, dan Dinas Pendidikan dalam memberikan kasih sayang terbaik kepada peserta didik dalam bentuk layanan pendidikan yang menumbuhkan dan mengoptimalkan potensi siswa seusai dengan kondisi serta kebutuhannya.

ELA menjadi wadah yang mampu untuk mengakomodasi efisiensi kebutuhan sumber data yang terjamin validitasnya melalui hasil asesmen awal diagnostik.

Ingin mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas tinggi? Bingung dimana tempatnya?
Dapatkan informasi selengkapnya terkait Entry Level Assessment melalui platform GuruInovatif.id

Laman resmi ELA dari Guruinovatif.id


Penulis: Eka | Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Sekolah di Jawa Timur Berkolaborasi dengan GuruInovatif.id untuk Implementasi Entry Level Assessment (ELA)
1 min
Memahami Karakter Peserta Didik sebagai Langkah Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas
5 min
2 Sekolah di Yogyakarta dan Jawa Tengah Selenggarakan Kegiatan Implementasi Entry Level Assessment (ELA)
1 min
Guruinovatif.id Diundang dalam Rapat Wali Murid di SMP Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul, Yogyakarta
1 min
Partisipasi Guruinovatif.id dalam Mengikuti Kegiatan Sosialisasi MPLS di SMAN 1 Turi
2 min
Peran Tripusat Pendidikan dalam Menciptakan Pendidikan Inklusif
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar