GIClass #108 | Bersama Membangun Komunitas Belajar PMM: Kolaborasi untuk Kemajuan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 11 Sep 2024

GIClass #108 | Bersama Membangun Komunitas Belajar PMM: Kolaborasi untuk Kemajuan

Pada Sabtu, 07 September 2024 yang lalu, GuruInovatif.id kembali menyelenggarakan webinar bersertifikat, Guru Inovatif Class ke-108. Workshop ini diberi judul “Bersama Membangun Komunitas Belajar PMM: Kolaborasi untuk Kemajuan” dengan Dr. Dra. Emy Indrayani, M.Pd.,Dipl.Cid.,MCDH., sebagai pemateri.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
20x
Bagikan

GuruInovatif.id berhasil menyelenggarakan Guru Inovatif Class ke-108 pada Sabtu, 07 September 2024 yang lalu. Kegiatan ini mengundang Dr. Dra. Emy Indrayani, M.Pd.,Dipl.Cid.,MCDH, sebagai pemateri dengan membawakan topik yang berjudul “Bersama Membangun Komunitas Belajar PMM: Kolaborasi Untuk Kemajuan”.

Dalam kelas bersertifikat ini, pemateri memberikan beberapa isu yang tengah menjadi fokus yang perlu diperhatikan dalam komunitas belajar, yaitu:

  1. Rapor pendidikan

  2. Persepsi Guru Penggerak

  3. Persepsi Kepala Sekolah Penggerak

  4. Persepsi Guru Non-Penggerak

Materi ini dijelaskan secara interaktif dengan melibatkan para guru yang turut berpartisipasi sebagai audiens dalam kegiatan kelas. Para guru yang berasal dari berbagai sekolah di Indonesia menyampaikan persepsi masing-masing baik sebagai guru penggerak, kepala sekolah penggerak, dan guru non-penggerak. Opini-opini yang dijabarkan berkaitan dengan tantangan serta perubahan yang terjadi setelah mengetahui mengenai Komunitas Belajar. Hal ini kemudian menjadi pengantar untuk memperdalam mengenai materi yang dibawakan oleh pemateri.

Konsep Komunitas Belajar

Terdapat 3 ide besar komunitas belajar yang berpusat pada murid menurut Kemendikbudristek, yaitu:

1. Fokus pembelajaran

Guru dapat membuat beberapa pertanyaan kunci berkaitan dengan kebutuhan komunitas yang berfokus pada murid sebagai bahan diskusi.

2. Membangun budaya kolaborasi dan komitmen tanggung jawab kolektif

Guru perlu menyadari pentingnya kolaborasi sebagai sesama tenaga didik. Selain itu, memiliki komitmen dan tanggung jawab kolektif untuk memajukan para siswa. Selain itu, pemateri juga menyampaikan bahwa penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. Sederhananya, dapat dilakukan dengan memberikan kesan dan pembawaan yang hangat kepada para siswa. Dengan menerapkan hal yang demikian, guru kemudian dapat membentuk dan menanamkan budaya untuk saling mendukung di sekolah.

3. Berorientasi pada bukti seluruh proses belajar

Kegiatan refleksi dan evaluasi turut menjadi salah satu elemen yang perlu diperhatikan dalam komunitas belajar. Dengan melakukan refleksi, tenaga didik dapat merencanakan kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya demi efektivitas sistem pembelajaran dalam komunitas belajar. Hal ini kemudian akan diimplementasikan dalam komunitas. Lalu, setelah berhasil dilaksanakan, maka terdapat evaluasi yang menjadi bahan refleksi untuk merancang kegiatan kedepannya. Hal ini berjalan layaknya siklus.

GIClass #108 | Bersama Membangun Komunitas Belajar PMM: Kolaborasi untuk Kemajuan

Sistem Pelaksanaan Komunitas Belajar Dalam Sekolah

Kemudian, Dr. Emy melanjutkan materi dengan menjelaskan sistematika pelaksanaan komunitas belajar dalam sekolah. Hal ini terdiri atas:

  1. Membentuk tim inti komunitas belajar

  2. Menguatkan tim

  3. Eksekusi komunitas belajar dalam sekolah

  4. Menetapkan jam wajib belajar bagi guru

  5. Belajar bersama, berbagi praktik baik

Dalam kelas ini, pemateri menjelaskan sistematika pelaksanaan komunitas belajar dalam sekolah secara terperinci beserta dengan studi kasus konkrit. Selain itu, pemateri turut memberikan rekomendasi-rekomendasi yang perlu diberikan oleh guru untuk menciptakan sebuah komunitas belajar yang sehat dan efektif.

Ingin tahu lebih dalam terkait pembentukan komunitas belajar yang efektif? Simak penjelasan lebih lengkap dengan mengakses tautan berikut ini!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!

Tingkatkan kualitas dan kompetensi mengajar Anda dimanapun serta kapanpun dengan bergabung menjadi anggota Guruinovatif.id.
Akses berbagai event, kursus online serta fasilitas lainnya secara GRATIS selama 7 hari!

Nikmati fitur premium selama 7 hari disini!


Penulis: Audrey Abigail | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GI Class 83 "Kiat Menulis Best Practice untuk Meningkatkan Profesionalisme"
2 min
GI Academy #23: Public Speaking for Teachers
3 min
GI Academy #10 : Kupas Tuntas Beasiswa PPG Prajabatan dari Seleksi, Belajar, hingga Ujian Akhir
3 min
Mengapa Tenaga Pendidik Perlu Mengetahui Refleksi Diri?
2 min
GI Class #87 : Beasiswa BPI Kemendikbudristek
3 min
Platform Digital sebagai Sarana Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru

AFWAN YAZID

Sep 06, 2023
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar