GuruInovatif.id berhasil menyelenggarakan Guru Inovatif Class ke-108 pada Sabtu, 07 September 2024 yang lalu. Kegiatan ini mengundang Dr. Dra. Emy Indrayani, M.Pd.,Dipl.Cid.,MCDH, sebagai pemateri dengan membawakan topik yang berjudul “Bersama Membangun Komunitas Belajar PMM: Kolaborasi Untuk Kemajuan”.
Dalam kelas bersertifikat ini, pemateri memberikan beberapa isu yang tengah menjadi fokus yang perlu diperhatikan dalam komunitas belajar, yaitu:
Rapor pendidikan
Persepsi Guru Penggerak
Persepsi Kepala Sekolah Penggerak
Persepsi Guru Non-Penggerak
Materi ini dijelaskan secara interaktif dengan melibatkan para guru yang turut berpartisipasi sebagai audiens dalam kegiatan kelas. Para guru yang berasal dari berbagai sekolah di Indonesia menyampaikan persepsi masing-masing baik sebagai guru penggerak, kepala sekolah penggerak, dan guru non-penggerak. Opini-opini yang dijabarkan berkaitan dengan tantangan serta perubahan yang terjadi setelah mengetahui mengenai Komunitas Belajar. Hal ini kemudian menjadi pengantar untuk memperdalam mengenai materi yang dibawakan oleh pemateri.
Konsep Komunitas Belajar Terdapat 3 ide besar komunitas belajar yang berpusat pada murid menurut Kemendikbudristek, yaitu:
1. Fokus pembelajaran Guru dapat membuat beberapa pertanyaan kunci berkaitan dengan kebutuhan komunitas yang berfokus pada murid sebagai bahan diskusi.
2. Membangun budaya kolaborasi dan komitmen tanggung jawab kolektif Guru perlu menyadari pentingnya kolaborasi sebagai sesama tenaga didik. Selain itu, memiliki komitmen dan tanggung jawab kolektif untuk memajukan para siswa. Selain itu, pemateri juga menyampaikan bahwa penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. Sederhananya, dapat dilakukan dengan memberikan kesan dan pembawaan yang hangat kepada para siswa. Dengan menerapkan hal yang demikian, guru kemudian dapat membentuk dan menanamkan budaya untuk saling mendukung di sekolah.
3. Berorientasi pada bukti seluruh proses belajar Kegiatan refleksi dan evaluasi turut menjadi salah satu elemen yang perlu diperhatikan dalam komunitas belajar. Dengan melakukan refleksi, tenaga didik dapat merencanakan kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya demi efektivitas sistem pembelajaran dalam komunitas belajar. Hal ini kemudian akan diimplementasikan dalam komunitas. Lalu, setelah berhasil dilaksanakan, maka terdapat evaluasi yang menjadi bahan refleksi untuk merancang kegiatan kedepannya. Hal ini berjalan layaknya siklus.
Sistem Pelaksanaan Komunitas Belajar Dalam Sekolah Kemudian, Dr. Emy melanjutkan materi dengan menjelaskan sistematika pelaksanaan komunitas belajar dalam sekolah. Hal ini terdiri atas:
Membentuk tim inti komunitas belajar
Menguatkan tim
Eksekusi komunitas belajar dalam sekolah
Menetapkan jam wajib belajar bagi guru
Belajar bersama, berbagi praktik baik
Dalam kelas ini, pemateri menjelaskan sistematika pelaksanaan komunitas belajar dalam sekolah secara terperinci beserta dengan studi kasus konkrit. Selain itu, pemateri turut memberikan rekomendasi-rekomendasi yang perlu diberikan oleh guru untuk menciptakan sebuah komunitas belajar yang sehat dan efektif.
Ingin tahu lebih dalam terkait pembentukan komunitas belajar yang efektif? Simak penjelasan lebih lengkap dengan mengakses tautan berikut ini!
GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!
Tingkatkan kualitas dan kompetensi mengajar Anda dimanapun serta kapanpun dengan bergabung menjadi anggota Guruinovatif.id . Akses berbagai event, kursus online serta fasilitas lainnya secara GRATIS selama 7 hari !
Nikmati fitur premium selama 7 hari disini!
Penulis: Audrey Abigail | Penyunting: Putra