GI Class #98 | Membangun Semangat Mengajar Guru - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 13 Mei 2024

GI Class #98 | Membangun Semangat Mengajar Guru

Semangat kerja guru dipengaruhi oleh berbagai faktor yang mencakup motivasi dan komitmen, keterampilan dan pengetahuan, kesehatan fisik dan mental, serta kesejahteraan emosional.

Seputar Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
81x
Bagikan

Pada hari Jumat tanggal 10 Mei 2024 telah diselenggarakan online workshop Guru Inovatif Class #98 oleh Guruinovatif.id yang mengangkat tema ‚ÄúMembangkitkan Semangat Mengajar Guru‚ÄĚ. Event ini dibersamai oleh Dhiaulhaq Aumane Paningkava, selaku trainer facilitator.

Indikator Semangat Kerja Guru

Indikator semangat kerja adalah ukuran atau tanda-tanda yang digunakan untuk mengevaluasi tingkat semangat dan keterlibatan seseorang dalam pekerjaannya. Beberapa indikator semangat kerja yang umum meliputi:

Positive Attitude (Sikap Positif)

Sikap positif mencakup cara seseorang memandang pekerjaan, rekan kerja, dan tantangan yang dihadapi. Orang yang memiliki sikap positif cenderung lebih terbuka terhadap perubahan, lebih termotivasi, dan lebih siap menghadapi kesulitan.

Resilience (Ketahanan)

Ketahanan mengacu pada kemampuan seseorang untuk pulih dari tantangan atau kegagalan, serta untuk tetap produktif dan efektif dalam situasi yang sulit. Orang yang memiliki tingkat ketahanan yang tinggi cenderung mampu menghadapi tekanan atau kesulitan dengan lebih baik.

Job Satisfaction (Kepuasan Kerja)

Kepuasan kerja mencerminkan sejauh mana seseorang merasa puas dan terpenuhi dengan pekerjaannya. Individu yang merasa puas dengan pekerjaannya cenderung lebih termotivasi, produktif, dan cenderung tetap berada dalam pekerjaan tersebut dalam jangka panjang.

Dedication (Dedikasi)

Dedikasi menggambarkan tingkat keterlibatan dan komitmen seseorang terhadap pekerjaannya. Orang yang memiliki tingkat dedikasi yang tinggi cenderung memiliki rasa tanggung jawab yang kuat terhadap pekerjaan mereka dan bersedia melakukan usaha ekstra untuk mencapai tujuan organisasi.

Faktor yang Mempengaruhi Semangat Kerja Guru

Semangat kerja guru dipengaruhi oleh berbagai faktor yang mencakup motivasi dan komitmen, keterampilan dan pengetahuan, kesehatan fisik dan mental, serta kesejahteraan emosional. Motivasi dan komitmen memainkan peran kunci dalam mempengaruhi semangat guru untuk memberikan pengajaran yang berkualitas dan berdedikasi kepada siswa. Guru yang memiliki motivasi yang tinggi untuk memajukan pendidikan, serta komitmen yang kuat terhadap profesi mereka, cenderung lebih termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan tugas mereka.

Selain itu, keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki guru juga berperan penting. Guru yang merasa percaya diri dalam mengajar dan memiliki pengetahuan yang luas tentang materi pelajaran yang diajarkan cenderung lebih bersemangat dalam memberikan pengajaran yang bermakna dan memotivasi siswa. Selain itu, kesehatan fisik dan mental guru juga berdampak pada semangat kerja mereka. Guru yang merasa sehat secara fisik dan mental cenderung lebih produktif dan bersemangat dalam melaksanakan tugas-tugas mereka di sekolah.

Terakhir, kesejahteraan emosional guru, termasuk perasaan bahagia, puas, dan bersemangat dalam kehidupan sehari-hari, juga berpengaruh terhadap semangat kerja mereka. Guru yang merasa bahagia dan puas dengan kehidupan pribadi dan profesionalnya cenderung lebih bersemangat dan termotivasi dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan mereka. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, sekolah dan lembaga pendidikan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung dan memotivasi guru untuk memberikan pengajaran yang berkualitas dan efektif kepada siswa.

GI Class #98 | Membangun Semangat Mengajar Guru

Peran Guru dalam Pembelajaran

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Sebagai fasilitator, guru bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, memfasilitasi diskusi, dan menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk memfasilitasi pemahaman siswa tentang materi pelajaran. Mereka juga berperan sebagai motivator dengan mendorong siswa untuk mencapai potensi maksimal mereka, memberikan dukungan, dan membangun kepercayaan diri.

Sebagai evaluator, guru menilai pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, mengidentifikasi kebutuhan individu siswa, dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu siswa meningkatkan kinerja mereka. Dengan peran-peran ini, guru tidak hanya menjadi penyampai informasi, tetapi juga menjadi pemimpin dalam membimbing dan mendukung perkembangan siswa secara holistik.

Mau tahu lebih lanjut mengenai membangun semangat guru? Simak pembahasan selengkapnya melalui rekaman Zoom Meeting pada link berikut yang dapat diakses secara GRATIS!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!

Daftar membership guruinovatif.id

Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Sehat Mental dan Mindset Positif, Salah Satu Kunci Kesuksesan Guru
Menjauhkan Tiga Dosa Besar Pendidikan untuk Menciptakan Sekolah yang Aman dan Nyaman

SAEPULLATIP

Nov 12, 2022
4 min
Eksis vs Narsis

Amini Inovatif

Nov 27, 2023
2 min
4 Aplikasi Terbaik Gratis Untuk Mengajar Secara Online Buat Guru di Indonesia

ROMI SAPUTRA

Sep 15, 2023
3 min
Pahlawan Tanpa Suara: Pentingnya Kesehatan Mental di Kalangan Guru

ANITA PARDEDE

Nov 28, 2023
2 min
Peluang Mudah Ini Bisa Membantu Para Guru Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB