GI Academy #9 "Strategi Menjadi Guru Produktif Era 5.0" - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 28 Agu 2023

GI Academy #9 "Strategi Menjadi Guru Produktif Era 5.0"

Guru produktif adalah guru yang tak hanya menyelesaikan tugas-tugas rutin, namun juga berupaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu guru produktif wajib memiliki growth mindset dan kemampuan adaptasi yang baik.

Seputar Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1119x
Bagikan

Diselenggarakan pada 23 - 25 Agustus 2023 melalui ruang virtual Zoom dan live streaming YouTube, Guru Inovatif Academy #9 diikuti oleh puluhan guru yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Disampaikan oleh Siti Hamidah, S.Pd. Gr., selaku Trainer GuruInovatif.id dan Creative Teacher Trainer. Event rutin yang diselenggarakan oleh GuruInovatif.id ini mengangkat topik “Strategi Menjadi Guru Produktif Era 5.0” yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait cara menjadi guru produktif yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini di Indonesia.

Mengapa Penting Menjadi Seorang Guru Produktif di Era Pendidikan Modern?

Menjadi guru produktif di zaman ini sangat penting bagi pendidikan karena tantangan yang kompleks memerlukan pendekatan inovatif. Guru produktif tidak hanya memberikan kontribusi maksimal dalam pembelajaran, tetapi juga beradaptasi dengan perubahan cepat. Dalam lingkungan yang terus berubah, guru produktif merespon kebutuhan siswa dan masyarakat, menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif, dan mendorong perkembangan diri. Dengan mengubah pikiran dan praktik mereka, guru produktif menjadi agen perubahan positif, memulai dari diri sendiri untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Bagaimana Mengenali Ciri-ciri Seorang Guru yang Tidak Produktif?

Guru yang tidak produktif memiliki beberapa ciri yang mengindikasikan kurangnya efektivitas dalam proses pembelajaran. Pertama, guru yang tidak berkembang cenderung stagnan dalam pengembangan diri, tidak mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang pedagogik, profesionalisme, dan kepribadian. Selanjutnya, hasil pembelajaran yang tidak memberikan dampak positif juga menjadi tanda ketidakproduktifan. Ketika siswa tidak mengalami perkembangan atau tidak termotivasi, hal ini bisa mengindikasikan pembelajaran yang monoton dan kurang inspiratif.

Langkah-Langkah Menjadi Seorang Guru Produktif


Pada webinar ini, disampaikan pula oleh Ibu Siti Hamidah terkait langkah-langkah menjadi seorang guru yang produktif. Menjadi seorang guru yang dapat mengembangkan diri menjadi lebih produktif dan efektif dalam membimbing siswa menuju perkembangan yang lebih baik memiliki langkah-langkah yang dibagi ke dalam 3 tahapan, antara lain:

  1. Ubah Pola Pikir (Change The Mindset)

Langkah pertama, seorang guru perlu mengubah pola pikir mereka dari pandangan yang tetap (fixed mindset) menjadi pandangan yang berkembang (growth mindset). Ini menjadikan seorang guru percaya bahwa kemampuan, bakat, dan keterampilan bisa berkembang melalui upaya, latihan, dan pembelajaran berkelanjutan.

  1. Kuasai Alat Pembelajaran (Master The Toolset)

Langkah kedua yaitu menguasai berbagai alat dan metode pembelajaran yang inovatif. Guru perlu terus mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam mengajar, termasuk dalam pemahaman tentang teknologi, strategi pengajaran yang beragam, dan pendekatan yang menarik bagi siswa.

  1. Kuasai Keterampilan (Adopt The Skillset)

Langkah ketiga yaitu menguasai keterampilan yang mendukung pembelajaran yang efektif, mencakup kemampuan berkomunikasi dengan baik, mengelola kelas, merancang kurikulum yang relevan, dan memotivasi siswa.

Untuk mempermudah proses praktek atau pengimplikasian yang dapat dilaksanakan guru salah satunya yaitu dengan memanfaatkan alat atau tools berteknologi berupa platform pembelajaran, hardware, dan aplikasi.

Lalu, apa saja platform pembelajaran, hardware, dan aplikasi yang digunakan dalam mempermudah proses menjadi seorang guru yang produktif?

Simak pembahasan lebih lengkap melalui sesi rekaman Zoom pada link berikut yang dapat diakses gratis melalui keanggotaan membership.

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Hilman | Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Rahasia Sukses Guru Abad 21: Wajib Ketahui 5 Kompetensi Penting Ini!
3 min
Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Siswa
4 min
Menjauhkan Tiga Dosa Besar Pendidikan untuk Menciptakan Sekolah yang Aman dan Nyaman

SAEPULLATIP

Nov 12, 2022
4 min
Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka
2 min
Self Care Secara Fisik dan Spiritual sebagai Upaya Guru dalam Menjaga Kesehatan Mentalnya

Juarnida, S. Pd.

Nov 20, 2023
7 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB