GI Academy #40 | Menggunakan Fitur AI di Canva: Cara Cepat Membuat Bahan Ajar yang Menarik - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 23 Sep 2024

GI Academy #40 | Menggunakan Fitur AI di Canva: Cara Cepat Membuat Bahan Ajar yang Menarik

GuruInovatif.id menyelenggarakan workshop online bersertifikat pada tanggal 20—21 September 2024 yang membawakan tema “Menggunakan Fitur AI di Canva: Cara Cepat Membuat Bahan Ajar yang Menarik”. Workshop ini menghadirkan Elang Muhammad Fakhri Soeriadiningrat selaku trainer dari GuruInovatif.id.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
46x
Bagikan

Pada tanggal 20—21 September 2024 yang lalu, GuruInovatif.id kembali menyelenggarakan workshop bersertifikat Guru Inovatif Academy secara online yang bertajuk “Menggunakan Fitur AI di Canva: Cara Cepat Membuat Bahan Ajar yang Menarik” bersama Elang Muhammad Fakhri Soeriadiningrat selaku trainer dari GuruInovatif.id.

Upaya Peningkatan Kualitas Pendididikan Negeri melalui Akun belajar.id

Dalam workshop ini, narasumber mengawali sesi dengan menjelaskan bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan salah satu perusahaan terkenal di dunia, yakni Google untuk meningkatkan kualitas pendidikan negeri. Kerja sama yang dimaksud ini adalah dengan menyediakan akun atau identitas digital yang dapat digunakan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan di seluruh Indonesia, yaitu akun belajar.id. Akun ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan akses berbagai layanan dari Google.

Kemudian pada November tahun 2022 melalui kemitraan khusus, pengguna akun belajar.id dapat menggunakan fitur premium dalam aplikasi Canva secara gratis. Karena di tahun 2019 bulan Desember, Canva meluncurkan fitur Canva for Education yang ditujukan khusus untuk sekolah dan institusi pendidikan dengan tujuan untuk memfasilitasi kolaborasi antara siswa dan guru.

Cara Mendapatkan Akses Canva for Education

Selanjutnya, narasumber menjelaskan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengakses Canva for Education:

  1. Langkah pertama, buka laman https://www.canva.com/id, kemudian klik “Masuk”.

  2. Anda akan ditampilkan kotak dialog berupa beberapa opsi untuk masuk atau daftar akun di Canva. Pilih opsi “Lanjutkan dengan Akun belajar.id”.

  3. Kemudian, Anda diminta untuk mengisi alamat email dari akun belajar.id milik Anda. Tekan “Lanjutkan”

  4. Jika ternyata Anda belum login ke akun belajar.id dalam gawai/gadget yang sedang Anda gunakan, maka akan terbuka laman yang mengharuskan untuk login akun belajar.id terlebih dahulu. Masukkan alamat email serta password dari akun belajar.id Anda. Lalu tekan “Lanjutkan”.

  5. Apabila login berhasil, Anda akan langsung diarahkan ke laman beranda Canva for Education.

GI Academy #40 | Menggunakan Fitur AI di Canva: Cara Cepat Membuat Bahan Ajar yang Menarik

Apa itu Studio Ajaib dalam Canva?

Studio Ajaib merupakan salah satu produk dari Canva yang mengoptimalkan kecanggihan kecerdasan buatan (AI) dalam memudahkan pengguna untuk membuat desain. Studio Ajaib diciptakan untuk mengubah apa dan bagaimana pengguna berkreasi dengan Canva. Dengan memanfaatkan kecanggihan AI, produk ini dapat Anda gunakan mulai dari memberikan inspirasi hingga meningkatkan konten Anda, bahkan dapat memudahkan tiap tahap alur kerja Anda.

Dalam workshop ini, narasumber memberikan beberapa tools Studio Ajaib dalam Canva, antara lain:

  1. Penghapus latar belakang

  2. Tangkap ajaib

  3. Penghapus ajaib

  4. Ubah ukuran dan alih ajaib

  5. Tulisan ajaib

  6. Media ajaib

  7. Gaya

  8. Cuplikan penting

  9. Animasi ajaib

Tak hanya menyebutkan tools saja, narasumber juga memberikan demo atau praktik secara langsung dalam menggunakan Studio Ajaib Canva. Anda dapat menyaksikan praktik beserta implementasi dalam mengembangkan bahan ajar yang menarik dalam tayangan ulang berikut ini!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!

Tingkatkan kualitas dan kompetensi mengajar Anda dimanapun serta kapanpun dengan bergabung menjadi anggota Guruinovatif.id.
Akses berbagai event, kursus online serta fasilitas lainnya secara GRATIS selama 7 hari!

Saya ingin gabung membershipnya!


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

2 Jenis Asesmen Pembelajaran Populer yang Digunakan oleh Guru
2 min
Webinar "Kupas Tuntas PPPK" untuk Menunjang Kesiapanmu
2 min
Mengukir Keunggulan Digital: Mengapa Sertifikasi Guru dalam Literasi Digital Penting?

FATHUR ROHMAN

Aug 30, 2023
2 min
5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Melaksanakan IHT
1 min
Budayakan Check And Recheck Terhadap Informasi Digital.
2 min
Webinar Tentang Metode Pengajaran Asyik di Ruang Kelas dan Virtual
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar