GI Academy #25: Kiat Sukses Menyusun Aksi Nyata di PMM - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 04 Mar 2024

GI Academy #25: Kiat Sukses Menyusun Aksi Nyata di PMM

Aksi nyata dalam kurikulum merdeka adalah sesuatu yang sangat penting sehingga perlu adanya pemahaman yang baik. Hal ini bertujuan bisa menerapkan Aksi Nyata yang baik.

Seputar Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
266x
Bagikan

Pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 1-2 Maret 2024 telah diselenggarakan online workshop Guru Inovatif Academy #25 oleh Guruinovatif.id yang mengangkat tema “Kiat Sukses Menyusun Aksi Nyata di PMM”. Event ini dibersamai oleh Agus Supramono, S.Pd,.Gr., selaku trainer Guruinovatif.id.

Apa itu Aksi Nyata?

Di Indonesia, kata ini sering kita temukan dalam kurukulum merdeka yang ada di sekolah. Bapak dan Ibu penasaran tidak sebenarnya apa yang dimaksud? Nah, Aksi Nyata adalah tindakan konkret atau perbuatan yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu, memecahkan masalah, atau membantu orang lain.

Aksi Nyata melibatkan melakukan sesuatu secara langsung, bukan hanya berbicara atau merencanakan tanpa tindakan nyata. Misalnya, kegiatan menyumbangkan waktu atau uang untuk amal, memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, melakukan pekerjaan sukarela, atau mengambil langkah konkret untuk memperbaiki situasi tertentu merupakan contoh Aksi Nyata.

Sekarang bagaimana Aksi Nyata di PMM? Aksi Nyata itu bentuk refleksi dari pemahaman tiap topik pada pelatihan mandiri yang dibuat dalam beragam bentuk dan diunggah sesuai format yang dipilih.

Istilah-Istilah dalam Aksi Nyata

Ketika berbicara Aksi Nyata maka ada beberapa istilah yang akan digunakan. Dalam hal ini tenaga pendidik harus tau apa saja yang sering digunakan sehingga menambah wawasan baru, seperti:

1. Topik pelatihan mandiri

Topik spesifik berisi serangkaian video pembelajaran Pelatihan Mandiri yang diakhiri dengan Aksi Nyata sebagai implementasi hasil belajar.

2. Pilihan Aksi Nyata

Beberapa bentuk aktivitas Aksi Nyata yang dapat dipilih untuk 1 topik sehingga memudahkan dalam melakukan kegiatan nantinya.

3. Tugas Aksi Nyata

Tugas konkret yang dilakukan oleh guru sebagai implementasi pembelajaran dalam 1 topik Pelatihan Mandiri

4. Sasaran Aksi Nyata

Audiens dari Aksi Nyata, pihak penerima implementasi pembelajaran. Bisa murid, bisa sesama guru.

5. Deskripsi Aksi Nyata

Penjelasan atau elaborasi tentang isi Aksi Nyata yang guru lakukan sehingga dapat menjadi sebuah pemahaman baru kepada target yang dituju

6. Refleksi Aksi Nyata

Penjelasan hasil refleksi mandiri guru tentang pelaksanaan Aksi Nyata. Hal ini dilakukan supaya menjadi masukan yang membangun kepada setiap murid dan guru.

7. Dokumentasi Aksi Nyata

Bukti pengerjaan Aksi Nyata, bisa berupa dokumen atau foto. Hal ini untuk memudahkan dalam mengumpukan laporan kegiatan nantinya.

GI Academy #25: Kiat Sukses Menyusun Aksi Nyata di PMM
 

Komponen Wajib dan Pendukung dalam Aksi Nyata

Dalam menerapkan Aksi Nyata, perlu beberapa komponen yang harus diperhatikan. Tenaga pendidik harus peduli komponen apa saja yang wajib dalam Aksi Nyata. Hal yang sama juga diperhatikan komponen pendukung, seperti:

1. Dokumentasi kegiatan

Hal ini dilakukan supaya setiap kegiatan Aksi Nyata memiliki bukti yang empiris dalam berjalannya kegiatan bisa berbentuk foto kegiatan, modul ajar/paparan/media/asesmen dan lainnya. Ini ditunjukkan sebagai ketika adanya kegiatan pembelajaran dengan modul ajar, paparan dan asesmen dapat dijadikan bukti berjalannya kegiatan

2. Umpan balik

Hal ini sebagai salah satu respon terhadap berjalannya kegiatan. Respon tersebut menjadi salah satu berjalannya kegiatan secara aktif. Dalam hal ini penting sekali diperhatikan untuk komponen wajib.

3. Deskripsi dan refleksi

Bentuk deskripsi dalam Aksi Nyata sangat penting karena kegiatan yang sudah berjalan apakah sudah sesuai atau belum. Untuk itu perlu diperhatikan ketika menjelaskan sesuatu yang diajarkan.

Dalam refleksi juga perlu diperhatikan arena banyak yang berbeda aktivitas yang dilakukan dengan dokumentasi yang diberikan sehingga penting dalam memperhatikan deskripsi yang nanti ditulis dengan yang diterapkan.

Fungsi deskripsi dan refleksi Aksi Nyata adalah untuk membantu memahami konteks dan hasil belajar Aksi Nyata yang dilakukan. Deskripsi dan refleksi tidak menjadi pertimbangan kelulusan.

5 Hal Penting Tentang Umpan Balik Aksi Nyata

Tenaga pendidik harus tau beberapa hal penting yang wajib diketahui. Hal ini sebagai pemahaman baru untuk mencapai tujuan yang sukses di dalam Aksi Nyata.

1. Komponen wajib Aksi Nyata

bagian penting dari proses belajar guru dan kepala sekolah dalam memaknai dan merefleksikan Aksi Nyata

2. Bentuk umpan balik Aksi Nyata

Bentuk umpan balik Aksi Nyata bisa menggunakan tanggapan, komentar, atau refleksi dalam penerapannya. Hal ini untuk memudahkan respon dalam kegiatan.

3. Sasaran Aksi Nyata

Dalam hal ini bisa sasaran aksinya bisa dari murid, bisa juga dari sesama guru. (tergantung yang diminta)

4. Format Aksi Nyata

Ada yang berupa tulisan tangan langsung dari murid/guru, ada yang menggunakan format kalimat tertentu seperti google form, atau dalam refleksi dari sasaran Aksi Nyata.

5. Panduan Aksi Nyata

Dalam panduan umpan balik Aksi Nyata meminta minimal 3 umpan balik dari sasaran Aksi Nyata. Seperti, tiga dari siswa yang digunakan sebagai sasaran atau rekan guru yang menjadi sasaran juga.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam menyusun Aksi Nyata di PMM? Simak pembahasan selengkapnya termasuk contoh program yang dapat diterapkan oleh satuan pendidikan dalam rangka mencegah tindak kekerasan melalui rekaman Zoom Meeting pada link berikut yang dapat diakses secara GRATIS!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

7 KEBIASAAN MENJADI GURU MERDEKA BELAJAR YANG INOVATIF

Syarif Faisal

Jul 31, 2022
4 min
Guru inovatif tidak akan tergantikan oleh teknologi apapun
Gen z jadi Guru, Kenapa Tidak?
1 min
Literasi Digital Pemrograman Asyik dengan Flowgorithm

era suci pratiwi

Sep 05, 2023
1 min
Pentingnya Kompetensi Pedagogis bagi Tenaga Pendidik
5 min
10 JURUS MENJADI GURU INOVATIF
6 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB