GI Academy #17 Menggali Kemampuan Siswa dengan Coaching - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 21 Nov 2023

GI Academy #17 Menggali Kemampuan Siswa dengan Coaching

Coaching adalah sebuah pendekatan yang bertujuan untuk membimbing coachee atau siswa dalam menggali dan mengembangkan potensi terbaik mereka. Simak Informasi selengkapnya mengenai coaching melalui artikel berikut.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
549x
Bagikan

Telah dilaksanakan Guru Inovatif Academy (GIA) #17 pada tanggal 17-18 November 2023 bersama dengan Chintia Giana, S.Pd yang merupakan seorang Trainer GuruInovatif.id, Guru BK/Praktisi Anti Perundungan, dan pemilik Certified Coaching 3.0. Topik utama yang dibahas dalam event ini terkait “Menggali Kemampuan Siswa dengan Coaching”. Simak informasi selengkapnya dibawah ini!

Apa itu Coaching?

Coaching dalam konteks pendidikan adalah sebuah pendekatan yang bertujuan untuk membimbing coachee atau siswa dalam menggali dan mengembangkan potensi terbaik mereka. Pendekatan ini lebih dari sekadar memberikan instruksi; ia mendorong siswa untuk menemukan solusi dari dalam diri mereka sendiri. Melalui dialog, pertanyaan yang terarah, dan dukungan yang berfokus pada pertumbuhan pribadi, seorang coach pendidikan mampu memandu siswa menuju pemahaman yang lebih dalam tentang kemampuan dan kekuatan yang mereka miliki.

Perbedaan Signifikan antara Coaching dan Mentoring

GI Academy #17 Menggali Kemampuan Siswa dengan Coaching

Walaupun seringkali disandingkan, coaching dan mentoring memiliki perbedaan yang penting dalam konteks pendidikan. Coaching menitikberatkan pada pembimbingan yang lebih terfokus pada eksplorasi diri siswa, di mana siswa diberdayakan untuk menemukan jawaban mereka sendiri. Sebaliknya, mentoring lebih menekankan pada pembagian pengalaman dan pengetahuan oleh seorang yang lebih berpengalaman (mentor) kepada yang kurang berpengalaman (mentee) dengan memberikan arahan dan tips dalam menyelesaikan masalah.

Paradigma Berpikir dalam Coaching

GI Academy #17 Menggali Kemampuan Siswa dengan Coaching

Di dalam coaching, terdapat 4 hal yang menjadi fondasi bagi pengembangan potensi siswa:

1. Fokus pada coachee

Proses coaching mengedepankan perhatian sepenuhnya pada siswa/coachee itu sendiri, memahami dan mendukung gagasannya serta citra dirinya.

2. Bersikap terbuka dan ingin tahu

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang membangkitkan ide-ide segar, memperluas wawasan, dan menggali potensi baru yang belum terpikirkan sebelumnya.

3. Kesadaran diri yang kuat

Pentingnya siswa/coahcee untuk memiliki pemahaman yang dalam tentang dirinya sendiri, menyadari kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya.

4. Melihat peluang baru dan masa depan

Seorang coach pendidikan mampu membantu siswa melihat arah yang jelas dan potensi yang ada di masa depan, mendorong mereka untuk merencanakan langkah-langkah menuju tujuan tersebut.

Prinsip-prinsip dalam Coaching

Proses coaching dibangun di atas fondasi kemitraan yang kuat antara coach dan siswa. Coaching juga mengusung kreativitas dalam penyelesaian masalah serta memaksimalkan potensi siswa. Sebelum siswa memasuki proses coaching, perlu adanya perbaikan terutama terhadap masalah di masa lalu. Ini penting agar siswa mampu menerima ilmu dengan baik.

Langkah-langkah dalam Proses Coaching

GI Academy #17 Menggali Kemampuan Siswa dengan Coaching

Di dalam coaching, terdapat 3 hal yang menjadi langkah-langkah dalam proses coaching:

1. Listening (Mendengarkan)

Kemampuan dalam mendengarkan secara aktif, fokus pada apa yang diinginkan oleh siswa, baik yang terungkap maupun tidak terungkap.

2. Asking (Bertanya)

Keterampilan dalam menanyakan pertanyaan yang membuka wawasan dan mendalam untuk merangsang refleksi serta eksplorasi diri siswa.

3. Response (Merumuskan Respon)

Kemampuan dalam merespons dengan tepat, memastikan pemahaman yang sama antara coach dan siswa, dan memastikan arah pembicaraan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Ingin tahu bagaimana praktik coaching yang efektif beserta contoh implikasinya? Simak pembahasan lebih lengkap melalui sesi rekaman Zoom Meeting pada link berikut yang dapat diakses gratis.

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Raden Ahmad Hilman Hilmawan | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Webinar "Kupas Tuntas PPPK" untuk Menunjang Kesiapanmu
2 min
GI Talks 4.0: "Pengajar Muda: Setahun Mengajar, Seterusnya Jadi Belajar"
3 min
Webinar Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Bangsa Melalui Kecakapan Literasi dan Numerasi
1 min
Mengukir Keunggulan Digital: Mengapa Sertifikasi Guru dalam Literasi Digital Penting?

FATHUR ROHMAN

Aug 30, 2023
2 min
Mewujudkan Harmonisasi Pendidikan melalui Webinar Pembelajaran Kelas Inklusi
3 min
Mengefektifkan Peran In House Training Sebagai Upaya Penguatan Literasi Digital bagi Guru
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB