Field Trip dan Kunjungan Studio Kru "GUEST" (Galasta Universal Podcast) Ke Balai Tekkomdik DIY - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 21 Mei 2024

Field Trip dan Kunjungan Studio Kru "GUEST" (Galasta Universal Podcast) Ke Balai Tekkomdik DIY

GUEST (Galasta Universal Podcast) merupakan program baru di kanal Youtube resmi SMA Negeri 1 Sentolo. Program ini diluncurkan pada tanggal 17 Februari 2022.

Berita

Oktina Utami

Kunjungi Profile
101x
Bagikan

GUEST (Galasta Universal Podcast) merupakan program baru di kanal Youtube resmi SMA Negeri 1 Sentolo. Program ini diluncurkan pada tanggal 17 Februari 2022. Dalam perjalananya hingga saat ini, GUEST telah melahirkan beberapa tayangan dengan berbagai tema, sesuai dengan momentum yang sedang jadi topik perbincangan hangat di khalayak. Memang awal pembentukan program ini bertujuan untuk menjadi wadah dan forum diskusi di kalangan siswa dan seluruh warga sekolah untuk dapat disiarkan ke dunia luar. Bahkan beberapa kali GUEST mengundang narasumber dari luar seperi Kepala Balai Pendidikan Menengah Kulon Progo, Pengawas Pembina, para pejabat dinas kabupaten setempat, dll. 

Dalam rangka pengembangan dan peningkatan kinerja, kru GUEST mengadakan kunjungan studio ke Balai Tekkomdik DIY, salah satu unit kerja di bawah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai studio profesional yang juga bergerak di bidang penyiaran. Kegiatan ini bertujuan secara khusus sebagai studi banding untuk menambah pengetahuan kru tentang sistem kerja penyiaran dalam skala yang lebih besar, untuk nantinya informasi yang didapat bisa diimplementasikan di studio GUEST sendiri agar mendapat kualitas siaran yang lebih berkelas.

Field Trip dan Kunjungan Studio Kru "GUEST" (Galasta Universal Podcast) Ke Balai Tekkomdik DIY

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 7 Juli 2023, dimana semua kru yang terdiri dari 18 siswa aktif SMA Negeri 1 Sentolo baik kelas XI maupun kelas XII, masih berada dalam masa libur akhir tahun ajaran, sehingga kegiatan ini tidak mengganggu jalannya KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) reguler di hari efektif. Kru beserta Kepala Sekolah, Bapak Drs. Didik Asmiarto, M.Pd,Si., tiga guru pendamping, dan dua karyawan tiba di Balai Tekkomdik pukul 9.30 WIB dan langsung dibagi menjadi dua kelompok, yang masing-masing diarahkan untuk menyaksikan beberapa proses siaran yang sedang berlangsung saat itu seperti Podcast, siaran JB Radio, serta perekaman video pembelajaran. Tidak hanya menyaksikan, kru GUEST juga diberi kesempatan untuk dapat terlibat langsung sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing kru seperti tim kreatif yang diberikan pengarahan untuk memandu Podcast yang berlangsung secara live, juru rekam yang  juga diberi kesempatan untuk mengoperasikan beberapa peralatan di studio seperti kamera, lighting, perekam suara, dll., serta editor yang diberikan penjelasan mengenai tips dan trik proses editing yang lebih profesional. Tim lain pun juga mendapat masukan-masukan yang bermanfaat untuk pekerjaan yang mereka bidangi di GUEST.

Setelah semua tim selesai menyaksikan ketiga proses penyiaran di ketiga studio, pihak narahubung dari Balai Tekkomdik menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan kembali di sekolah jika di kemudian hari GUEST membutuhkan bimbingan dan pendampingan lebih lanjut dari Balai Tekkomdik DIY.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Asesmen Bakat Minat Kembali Dibuka di Tahun 2024, Inilah Jadwal dan Cara Pendaftarannya!
3 min
Sarasehan dan Penganugerahan Lomba Hari Guru Nasional 2021
1 min
Sistem Rapor pada Kurikulum Merdeka Belajar untuk Setiap Satuan Pendidikan
1 min
Teaching Learning Festival 2021 berjalan Sukses!
58 sec
Peringkat PISA Indonesia 2022 Naik, Cermin Ketangguhan Guru Indonesia di Masa Pandemi
3 min
SKB 4 Menteri Atur Jam Belajar PTM
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar