E-Learning untuk Pembiasaan Literasi Digital - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 10 Sep 2023

E-Learning untuk Pembiasaan Literasi Digital

E-Learning untuk Pembiasaan Literasi Digital

Dunia Pendidikan

Erni Yuni M

Kunjungi Profile
472x
Bagikan

Saat ini, kita telah memasuki era digital. Era digital merupakan suatu zaman dengan kondisi perkembangan teknologi yang begitu maju sehingga semua kegiatan penting bisa dilakukan secara digital, di mana teknologi dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di sekitar kita dapat kita ketahui dengan kemajuan teknologi. 

Perkembangan teknologi yang pesat sangat terasa saat pandemi melanda, khususnya di bidang pendidikan. Meskipun pandemi melanda, tidak menjadi alasan kegiatan belajar mengajar (KBM) berhenti. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dalam kegiatan PJJ ini dirasakan sangat pentingnya teknologi dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah literasi digital.

Siswa dan guru harus beradaptasi dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) baik secara luring maupun daring. Siswa dan guru harus memiliki pemahaman tentang literasi digital. Literasi digital tidak hanya menuntut kemampuan membaca dan menulis di perangkat digital, tetapi juga melibatkan kemampuan penggunaan perangkat digital, informasi dan komunikasi, dan juga kemampuan untuk pembelajaran bersosialisasi, serta kreatif dan berpikir kritis untuk memahami makna pesan, menilai kredibilitas, dan menilai. 

Untuk memenuhi kebutuhan edukasi di era digital, banyak sekali kemajuan teknologi yang bisa dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah E-learning. E-learning dianggap bisa membantu menguatkan kemampuan literasi digital. Dengan memanfaatkan platform e-learning siswa dan guru bisa terhubung dalam jaringan, proses belajar yang dilakukan secara online.

E-learning sangat mendukung proses belajar siswa. Dengan memanfaatkan e-learning, saya sebagai guru bisa memberikan materi belajar yang beragam, mulai dari teks dalam bentuk dokumen, video pembelajaran, audio, hingga video streaming. Melalui e-learning guru bisa memberikan materi belajar, kuis, pre-test, post test, permainan edukasi dan lain sebagainya. 

Banyak keunggulan yang dimiliki oleh e-learning dalam proses pembelajaran. Keunggulan yang pertama adalah hemat biaya. E-learning menyediakan banyak sumber belajar yang bisa diakses secara gratis. Siswa dan guru hanya cukup memiliki jaringan internet. Kedua, penggunaan e-learning yang fleksibel dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran dengan e-learning bisa diakses kapan saja dan di mana saja oleh siswa dan guru. Ketiga, guru mudah memantau perkembangan siswa. E-learning memudahkan guru dalam memantau perkembangan aktivitas siswa dalam mengakses materi dan tugas yang diberikan. Keempat, bahan ajar yang ada di e-learning mudah untuk disimpan. Penyimpanan cukup menggunakan HP atau komputer yang digunakan masing-masing siswa. Kelima, pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. E-learning memudahkan siswa dalam mencari materi dan memahami materi yang diberikan oleh guru dengan efektif dan efisien. Selain itu, siswa bisa mengunggah tugas dalam bentuk, bisa berupa gambar, file dokumen, video, ataupun audio. 

Dengan memanfaatkan platform e-learning untuk proses pembelajaran, siswa akan terlatih untuk mencari, memilih, dan menggunakan berbagai sumber belajar yang didapat secara online. Pemanfaatan platform e-learning dalam proses pembelajaran bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan literasi digital. 

Pemanfaatan platform e-learning dalam proses pembelajaran juga memberikan manfaat untuk meningkatkan literasi digital bagi guru. Guru dituntut harus belajar untuk menyampaikan materi dalam bentuk dokumen, video pembelajaran, audio, video streaming, dan memberikan penugasan seperti pre-test, post-test, maupun ruang diskusi. 

Di zaman yang semua serba digital, siswa akan lebih tertarik untuk mempelajari materi pembelajaran secara digital. Platform e-learning merupakan salah satu solusi untuk pembelajaran yang masih kami manfaatkan untuk pembelajaran sampai saat ini. Dengan e-learning, pembelajaran akan berlangsung lebih menarik, kreatif, komunikatif, dan terbuka ruang diskusi yang sangat luas sehingga mampu menumbuhkan serta mengembangkan keterampilan setiap siswa secara maksimal. Pembelajaran dengan e-learning diharapkan dapat meningkatkan literasi digital dan dijadikan sebagai salah satu solusi untuk pembelajaran terbaik di era digital. 

 

Pelatihan Guru, Sertifikasi Guru, Pelatihan In House Training

#GuruInovatif #LombaArtikelS4 #ArtikelGI dan #LombaGI


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Menuju Indonesia Maju dengan Kurikulum Merdeka

NAWAWI EFENDI

May 29, 2023
1 min
Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru Melalui Platform Digital

SRIAGUNGGB

Sep 06, 2023
5 min
Implementasi Modul AMBYAR dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran
3 min
Ternyata Peran Guru Menjadi Rahasia Sukses Penerapan Pendidikan Inklusif!
3 min
MENGARUNGI ERA DIGITAL MELALUI PLATFORM DIGITAL YANG MENARIK
2 min
GURU ALAY

NAIMULLOH

May 22, 2023
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB