Dihadiri Ribuan Peserta, GuruInovatif.id Berhasil Menyelenggarakan Yogyakarta Education Summit 2024 Secara Luring dan Daring! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 25 Jun 2024

Dihadiri Ribuan Peserta, GuruInovatif.id Berhasil Menyelenggarakan Yogyakarta Education Summit 2024 Secara Luring dan Daring!

Pada hari Minggu, 23 Juni 2024 telah diselenggarakan secara luring Yogyakarta Education Summit (YES) oleh Guruinovatif.id. Lokasi pelaksanaan event tersebut di auditorium Universitas Nahdatul Ulama (UNU).

Berita

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
100x
Bagikan

Pada hari Minggu, 23 Juni 2024 telah diselenggarakan secara luring Yogyakarta Education Summit (YES) oleh Guruinovatif.id. Lokasi pelaksanaan event tersebut di auditorium Universitas Nahdatul Ulama (UNU). Event Yogyakarta Education Summit (YES) mengangkat tema “Embracing Digital Transformation for Intellectual Growth”. Tujuan dilaksanakannya event Yogyakarta Education Summit (YES) ini yaitu memberikan pemahaman, pandangan, dan inspirasi mengenai Entry Level Assessment (ELA) sebagai alat asesmen diagnostik untuk siswa yang mana asesmen ini sangat penting untuk memberikan data profil siswa secara lengkap menggunakan platform ELA.

ELA merupakan tools berisi asesmen diagnostik secara spesifik untuk mengidentifikasi capaian kompetensi pembelajaran, potensi dan profil peserta didik secara akurat, mudah dan cepat sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi peserta didik. Guruinovatif.id berharap bahwa acara Yogyakarta Education Summit (YES) dapat memberikan manfaat agar guru bisa memonitor setiap perubahan atau perkembangan peserta didiknya melalui Entry Level Assessment (ELA).

Acara ini dihadiri secara virtual oleh:

  • Dr. Zulfikar Alimuddin, B.Eng., MM. (Founder dan Chairman GuruInovatif.id)

  • Bapak Temu Ismail, S.Pd. M.Si selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Selain itu, acara ini juga turut dihadiri secara luring oleh:

  • Irfana Steviano, S.Pd., M. Ed. selaku PTP Dirjen GTK DIT Guru Pendidikan Dasar Kemendikbudristek

  • Susi Sukaesih (Founder Sidina Community)

  • Dr. Esti Setiawati, M.Pd. (Dekan FKIP Universitas PGRI Yogyakarta)

  • Oki Pambudi (PTP Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

  • H. Sidik Pramono, S.Ag., M.Si (Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sleman),

  • Ignatius Trihastono, S.Sos., M.M. (Kepala Dinas Komunikasi Informatika Dan Persandian Kota Yogyakarta).

  • Dihadiri Ribuan Peserta, GuruInovatif.id Berhasil Menyelenggarakan Yogyakarta Education Summit 2024 Secara Luring dan Daring!

Event Yogyakarta Education Summit (YES) dihadiri oleh lebih dari 1.200 peserta secara online melalui YouTube dan 500 peserta melalui Zoom, dengan tambahan 300 peserta secara offline termasuk tenaga pendidik dan siswa. Acara ini merupakan tonggak transformasi digital di mana GuruInovatif memperkenalkan program Entry Level Assessment (ELA) sebagai alat asesmen diagnostik untuk menyambut semester baru. ELA menjadi krusial dalam menyediakan data profil siswa secara komprehensif. Soft launching ELA bertajuk "Harmoni Pendidikan: Menyatu dalam Kebijaksanaan, Didikan, dan Kasih Sayang" dihadiri oleh Dr. Zulfikar Alimuddin, B.Eng., M.M., dalam video sambutannya.

“Selama Yogyakarta Education Summit (YES), kami menyoroti tantangan yang dihadapi anak-anak Indonesia dalam proses belajar mereka. Kami memahami perbedaan antara mengenali karakter, potensi, dan kemampuan belajar mereka. Untuk mengatasi hal ini, GuruInovatif memperkenalkan Entry Level Assessment (ELA), sebuah program yang dirancang untuk membantu anak-anak di Indonesia mengidentifikasi diri mereka dalam konteks pembelajaran, termasuk peningkatan sikap, mental, dan literasi. ELA tidak hanya mendukung siswa dalam pengembangan pribadi mereka, tetapi juga membantu orang tua dan guru dalam menilai dan memperbaiki pendekatan pembelajaran di sekolah dan di rumah. Dengan demikian, kami berharap metode baru ini dapat memberikan kontribusi positif dalam mempersiapkan masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak Indonesia” ungkap Dr. Zulfikar Alimuddin, B.Eng., M.M.

Dihadiri Ribuan Peserta, GuruInovatif.id Berhasil Menyelenggarakan Yogyakarta Education Summit 2024 Secara Luring dan Daring!

“Tema Yogyakarta Education Summit (YES) "Embracing Digital Transformation for Intellectual Growth" memainkan peran krusial dalam mengedukasi para guru dan orang tua tentang pentingnya memanfaatkan teknologi secara efektif dalam pembelajaran. Transformasi digital ini tidak hanya berfokus pada penggunaan alat teknologi, tetapi juga bagaimana teknologi dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dengan pembelajaran kolaboratif, pengembangan keterampilan digital, dan peningkatan literasi digital. Bagi guru, hal ini berarti memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan metode pengajaran dan evaluasi, sementara bagi orang tua, penting untuk mendukung anak-anak dalam memanfaatkan teknologi secara positif di rumah. Dengan pendekatan ini, kita tidak hanya mempersiapkan generasi masa depan untuk tantangan digital, tetapi juga memastikan mereka berkembang secara intelektual dan siap menghadapi perubahan dunia yang cepat.” ucap Irfana Steviano, S.Pd., M. Ed.

Melalui rangkaian acara ini dapat memberikan pandangan baru tentang bagaimana transformasi digital tidak hanya memperkaya pengalaman belajar siswa melalui integrasi teknologi dalam kurikulum, tetapi juga memperkuat kolaborasi antara orang tua dan guru dalam mendukung potensi siswa. Dengan fokus pada strategi kolaboratif dan mengatasi disparitas akses teknologi melalui Entry Level Assessment (ELA), YES memberi inspirasi untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan di era digital, memastikan setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang secara intelektual. Harapannya kualitas pendidikan bisa lebih baik lagi dengan adanya Entry Level Assessment (ELA).

Ingin mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas tinggi? Bingung dimana tempatnya?
Dapatkan informasi selengkapnya terkait Entry Level Assessment melalui platform GuruInovatif.id.

Entry Level Assessment dari Guruinovatif.id


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Menggunakan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Pembelajaran Siswa SMA

Fardan Mubtasir

Jul 31, 2022
4 min
4 Fakta mengenai Hari Museum Internasional
2 min
Tur Nasional GuruInovatif.id dan Kerjasama dengan UPY
41 sec
Literasi Sebagai Langkah Pemulihan Ekonomi
54 sec
Mengenal Hari Olahraga Nasional 2023, Jenis Olahraga yang Satu Ini Paling Sering Dilakukan Atlet Indonesia
2 min
GuruInovatif.id Menghadiri Top100 Echelon Asia Summit 2023 di Singapura
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar