Beraksi dan berinovasi dengan media di zaman now memudahkan guru dan menyenangkan siswa - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 26 Jul 2022

Beraksi dan berinovasi dengan media di zaman now memudahkan guru dan menyenangkan siswa

Memasuki zaman sekarang di era digital kita harus banyak berubah,berbenah dan belajar agar berkeseimbangan dalam proses belajar dan mengajar. Saat ini banyak cara untuk memberikan pemahaman kepada anak didik di sekolah kita, bahkan siswa siswi sebagian tidak kalah juga mahir menggunakan media di zaman now ini.

Tutorial

A.ZHODIKURROHMAN HASYIM

Kunjungi Profile
1334x
Bagikan

Memasuki zaman sekarang di era digital kita harus banyak berubah,berbenah dan belajar agar berkeseimbangan dalam proses belajar dan mengajar. Saat ini banyak cara untuk memberikan pemahaman kepada anak didik di sekolah kita, bahkan siswa siswi sebagian tidak kalah juga mahir menggunakan media di zaman now ini.

Saya sebagai guru di salah satu sekolah favorit di kabupaten pamekasan madura, banyak melakukan perubahan terhadap diri sendiri dalam menghadapi era sekarang ini. Belajar dan berlatih untuk mengasah kemampuan yang saya miliki untuk berinovasi dalam kegiatan belajar mengajar berbasis teknologi sebagai pendukung terbentuknya talenta generasi muda yang berdaya saing tinggi. Metode ini pun memberi saya tanggung jawab baru sebagai guru untuk menjadi lebih piawai menggunakan teknologi dan menyertakan teknologi digital ke dalam pengajaran mereka.

Saat ini hampir semua platform media sosial menawarkan wadah untuk berdiskusi. Pakai media sosial untuk menciptakan ruang diskusi yang interaktif, baik secara tulisan, lisan (audio), maupun melibatkan audio visual (video). Belajar kelompok melalui fitur zoom, google meet atau Whatsapp tentu bisa menghemat waktu berdiskusi tanpa dibatasi tempat dan waktu. 

Media sosial juga sangat membantu menyimpan materi pembelajaran lebih rapi. Data yang tersimpan bisa saya bagikan dengan mudah kepada anak didik siswa siswi sehingga semua memperoleh informasi akurat dan tepat. Dengan aplikasi penyimpanan berbasis cloud seperti Google Drive guna mengorganisir file tugas atau materi pembelajaran. Dan juga saya sering memberikan soal ulangan atau soal latihan menggunakan google form yang sangat mudah digunakan dan lebih cepat dalam penilaiannya.

Berkat media sosial, saya bisa lebih mudah berkolaborasi dalam pengerjaan tugas kelompok. Saya dapat mengirim dan mengunggah berbagai jenis dokumen, mulai dari video, voice note, gambar, infografis, dan data lainnya. Mengedit file juga lebih mudah melalui aplikasi seperti Google Docs, misalnya. Adanya notifikasi membuat kamu bisa tetap up to date, sehingga bisa memperbarui dokumen lebih cepat.

Berkolaborasi menggunakan beragam media dan aplikasi, saya tidak hanya lakukan kepada peserta didik. Namun juga saya kerjakan untuk mendokumentasikan kegiatan sekolah dan branding sekolah di berbagai media sosial, diantaranya seperti instagram,youtube dan media yang lainnya. 

Saat ini kita harus banyak aksi dengan media untuk mengasah kemampuan yang kita miliki dan mengikuti perkembangan zaman demi kemajuan pendidikan dan keprofesional kita sebagai pendidik yang mencerdaskan anak bangsa.

 

Salam digital,

Pamekasan,26 Juli 2022

A.ZHODIKURROHMAN HASYIM

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pandemi dan Guru Inovatif
2 min
Bagaimana cara meningkatkan literasi digital di sekolah?
TIPS MEMETAKAN PESERTA DIDIK DENGAN SOAL HOTS DAN LOTS
Media Pembelajaran Interaktif: Revolusi Pendidikan Abad ke-21

SRIAGUNGGB

Sep 08, 2023
6 min
Cara Membuat Soal LJK dan Scan Otomatis dengan Aplikasi Gratis "Evalbee"

ROMI SAPUTRA

Sep 09, 2023
1 min
Memanfaatkan sampah sebagai salah satu media inovasi pembelajaran
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB