BELAJAR DAN BERMAIN DI ERA DIGITAL - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 10 Sep 2023

BELAJAR DAN BERMAIN DI ERA DIGITAL

Dengan menggunakan media bermain pemahaman peserta didik dapat lebih mudah memahami materi. Sehingga peserta didik yang kesulitan untuk memahaminya bisa teratasi. Aplikasi ini bisa dibagikan oleh guru dalam bentuk link worldwall yang bisa dikerjakan di rumah.

Seputar Guru

GALIH IMAM TRIJONO

Kunjungi Profile
1151x
Bagikan

BELAJAR DAN BERMAIN DI ERA DIGITAL 

 

Belajar adalah sebuah kebutuhan. Belajar merupakan bagian dari proses kehidupan dari masa kecil, remaja dan dewasa. Belajar menjadi sebuah tantangan ketika belajar dijadikan sebuah instrumen untuk mendapatkan hasil “angka” dalam waktu yang sudah ditentukan.

Maka hal tersebut menjadi sebuah dilema pendidikan. Perlu adanya strategi, model dan metode pendidikan untuk belajar. Sehingga belajar yang sebuah tantangan menjadi sebuah kebutuhan untuk dilaluinya dengan menarik tentunya.

Untunglah di Era digital ini pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Di Era digital ini sesuatu hal abstrak bisa dikonkritkan. Dengan menggunakan sebuah media “aplikasi” atau sebuah website. Di era digital memungkin seorang guru untuk memberikan materi atau informasi dengan menggunakan media elektronik atau lebih kerennya disebut sebagai platform digital. Platform digital sendiri artinya adalah sebuah media elektronik yang dapat menyatukan atau mempertemukan beberapa orang di dalam satu wadah (“aplikasi” atau sebuah website). 

Dengan kemudahan tersebut guru akan lebih leluasa dalam berkomunikasi dengan peserta didik khususnya setelah usai jam pembelajaran. Peserta didik dapat berinteraksi langsung dengan guru dan teman-temannya yang dalam sebuah group Whatsapp, Line atau yang lainnya.

Setiap platform digital mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk memudahkan guru “penulis” dalam memberi latihan soal dalam bentuk permainan bisa digunakan worldwall. Worldwall adalah aplikasi berbasis website ini dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan. Menariknya lagi, selain pengguna dapat menyediakan akses media yang telah dibuatnya melalui daring, juga dapat diunduh dan dicetak pada kertas. Aplikasi ini dapat diakses secara gratis serta pengguna dapat berganti template aktivitas satu ke aktivitas lainnya dengan mudah. Guru juga dapat menjadikan konten buatannya sebagai tugas.  

Dengan menggunakan media bermain pemahaman peserta didik  dapat lebih mudah memahami materi. Sehingga peserta didik yang kesulitan untuk memahaminya bisa teratasi. Aplikasi ini bisa dibagikan oleh guru dalam bentuk link worldwall yang bisa dikerjakan di rumah. Untuk memulai permainan worldwall  bisa mencoba link ini dengan cara masuk di google dulu dan masukkan alamtt ini https://wordwall.net/resource/28761011.

Jenis permainan ini adalah open box, peserta didik tinggal memilih kotak yang diinginkan. Ketika kotak diklik akan terdengar suara dan keluar kotak gambar berisi pertanyaan, di sebelah kanannya ada jawaban yang akan dipilih.   

 

 

 

@guruinovatif.id @hariankompas @kompascommunity.id dengan hashtag #Guruinovatif #LombaArtikel #MenjadiLebihInovatif


Penyunting: Putra

0

1

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Mengenal Pentingnya Penguasaan Kompetensi Kepribadian bagi Tenaga Pendidik
6 min
"Memikul Beban Berat dari Luar Kelas, Tetap Waras di Dalam Kelas"

Dewandaru Ibrahim

Dec 06, 2023
4 min
Sehat Mental dan Mindset Positif, Salah Satu Kunci Kesuksesan Guru
Cara Mudah Mengkomunikasikan Pembelajaran kepada Murid
5 Tips Manajemen Waktu untuk Tenaga Pendidik yang Sibuk
2 min
Guru Inovatif Mengajar Sepenuh Hati

MARIA ULFA, S.PD

Sep 10, 2023
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB