Mendengar kalimat inovatif, maka di pikiran saya adalah sebuah ide atau cara kita membuat segala sesuatu menjadi kreatif dan menyenangkan. Hal demikian menjadi pedoman utama bagi kita seorang guru, untuk mengenali setiap pribadi dan kebutuhan siswa agar lebih kreatif dan berkembang dalam mengajar.
perkenalkan saya ibu meisa sitanggang, sebagai salah satu guru tingkat SMA di kota Samarinda, mengajar sejak tahun 2016 hingga sekarang dan masing tergolong guru muda. Selama enam tahun mengajar banyak sekali pengalaman-pengalaman yang mendorong saya untuk memunculkan ide-ide yang kreatif, kalimat awal saya mengatakan ayo kita kenali pribadi peserta didik kita dulu, yang sekarang ini kita kenal namanya ASSESMEN DIAGNOSTIK, yaitu baik pengenalan awal sejauh mana dalam memahami materi bahkan pengenalan diri pribadi masing-masing peserta didik kita kemudian mengenali kebutuhan mereka dan hal ini menjadi poin utama dalam pembelajaran. Sebelum mengajar sebagai seorang guru butuh perancangan yang sangat matang tujuannya agar capaian pembelajaran tersampaikan kepada peserta didik dengan penuh makna. langkah-langkah persiapan pembelajaran tersebut yaitu dengan melakukan backward design pembelajaran ; 1. mengidentifikasi hasil yang diharapkan atau tujuan pembelajaran 2. Menemukan bukti yang diharapkan (penilaian) 3. merencanakan pengalaman belajar dan pembelajaran (menyusun modul ajar).
pembelajaran yang kreatif sangat disenangi seluruh peserta didik, bukan hanya pembelajarannya saja yang kreatif tetapi yang menjalankan/mengikuti proses pembelajaran itupun menjadi orang yang kreatif. TIPS dan TRIKS Menjadi Guru INOVATIF yaitu 1. Melakukan Assemen Diagnostik
2. Menerapkan Backward Desain Pembelajaran
Inovatif muncul dari pengalaman, dimana pengalaman merupakan langkah awal kita melakukan perubahan dan berani.