70 Kepala Sekolah di Yogyakarta Menghadiri Pelatihan School Leader Gathering Executive dari GuruInovatif.id - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 25 Feb 2023

70 Kepala Sekolah di Yogyakarta Menghadiri Pelatihan School Leader Gathering Executive dari GuruInovatif.id

GuruInovatif.id mengadakan pelatihan School Leader Gathering Executive (SLG E) untuk Kepala Sekolah guna meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Pelatihan ini dihadiri oleh 70 perwakilan sekolah dari seluruh kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
961x
Bagikan

YOGYAKARTA, 25 Februari 2023 - Perkembangan teknologi yang begitu pesat turut mengubah aktivitas di semua sektor, tak terkecuali di dunia pendidikan. Dengan berangsur pulihnya keadaan dunia karena pandemi Covid-19, proses pembelajaran pun kembali beralih menuju pembelajaran tatap muka. Meskipun begitu, pembelajaran jarak jauh telah memberikan pelajaran bahwa penyampaian materi dapat dibantu oleh keberadaan teknologi yang membuat proses pembelajaran lebih interaktif dan juga menyenangkan.

Oleh karena itu GuruInovatif.id mengadakan pelatihan yang dinamakan School Leader Gathering Executive (SLG E) untuk Kepala Sekolah. Pelatihan SLG E ini merupakan pelatihan lanjutan bagi para Kepala Sekolah maupun Pemangku Kebijakan Sekolah dan Yayasan guna meningkatkan kualitas serta mutu pendidikan dan pengajaran bersama Master Trainer dari GuruInovatif.id by HAFECS.

Kegiatan SLG E ini, diselenggarakan secara offline dengan 3 rangkaian sesi dalam satu hari pada tanggal 23 Februari 2023 di Sagan Heritage Hotel Yogyakarta. Selain itu, pelatihan ini menghadirkan 3 narasumber yang berkompeten di bidangnya, yakni Bapak Dr. Zulfikar Alimuddin selaku CEO GuruInovatif.id, Bapak Williams Rahaditama selaku CBIO GuruInovatif.id, dan Mr. Daniel Sangi selaku Head of Business Development CODERO. Tema yang diusung dalam pelatihan ini adalah “Transformasi Pendidikan Indonesia Siap Kurikulum Merdeka”. Pelatihan SLG E ini dimulai pada pukul 08.30 — 12.30 WIB.

Acara ini dipandu oleh dua Master of Ceremony (MC) yakni, Ikhsan Putra Budiman dan Grace Cantona Sharon. Pembukaan acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Dr. Zulfikar Alimuddin. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi pertama yang dibawakan oleh Dr. Zulfikar Alimuddin mengenai “Membangun Relevansi Kerangka Pengajaran Efektif dengan Kurikulum Merdeka”. Dalam sesi pertama ini, Dr. Zulfikar menjelaskan bahwa paradigma Kurikulum Merdeka merupakan satu siklus pembelajaran yang bergerak. Karena berawal dari pemetaan kompetensi, perencanaan, dan pelaksanaan pembelajaran serta pelaksanaan asesmen yang hasilnya dimanfaatkan untuk memperbaiki pembelajaran, agar membantu peserta didik mencapai kompetensi yang diharapkan.

Sesi pertama yang dibawakan oleh Dr. Zulfikar Alimuddin (Dokumentasi tim GuruInovatif.id)

Pada sesi kedua, diisi oleh Williams Rahaditama yang menjelaskan keterampilan-keterampilan yang wajib dimiliki oleh guru di abad 21 ini. Keterampilan seperti pengetahuan kurikulum, pengetahuan HOTS, dan pengetahuan pedagogis perlu didampingi oleh keterampilan media pembelajaran serta keterampilan penunjang guru yang lainnya. Segala proses pembelajaran yang dilakukan demi meningkatkan kompetensi guru, akan memberikan dampak yang berkelanjutan bagi peningkatan kualitas guru, siswa, sekolah, serta kualitas pendidikan secara kolektif.

Sesi kedua yang dibawakan oleh Williams Rahaditama (Dokumentasi tim GuruInovatif.id)

Di sesi ketiga, Mr. Daniel Sangi memberikan penjelasan mengenai “Bahasa Masa Depan Guna Mengembangkan Potensi dan Kerterampilan sebagai Pembuat Teknologi”. Beliau menjelaskan perjalanan revolusi industri dari revolusi industri 1.0 yang ditandai oleh penemuan mesin uap, hingga revolusi industri society 5.0 yang berfokus kepada komponen manusianya. Revolusi industri 5.0 akan identik dengan sinergi peradaban manusia dan teknologi digital tanpa menghilangkan jati diri manusia yang sesungguhnya. Oleh karena itu dengan mempelajari coding dan robotik sedini mungkin adalah langkah awal yang bisa memberikan harapan pendidikan Indonesia untuk bersaing dengan negara-negara maju di masa depan.

Sesi ketiga yang dibawakan oleh Daniel Sangi (Dokumentasi tim GuruInovatif.id)

Seluruh peserta SLG E terlihat mengikuti pelatihan dengan antusias, terbukti bahwa peserta pro aktif melakukan tanya jawab kepada narasumber. Tidak menutup kemungkinan jika di lain waktu, pelatihan SLG E ini akan diselenggarakan kembali dengan topik-topik yang relevan dengan perkembangan dunia pendidikan saat ini.

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Eka
Editor: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Webinar "Belajar Coding" sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Pembelajar di Dunia Pendidikan
1 min
Meningkatkan Kualitas Diri, Memperkuat Takwa di Bulan yang Penuh Keberkahan
2 min
Webinar "Beasiswa Non-gelar Microcredential”
2 min
2 Jenis Asesmen Pembelajaran Populer yang Digunakan oleh Guru
2 min
ISLTF #56 : Literasi Era Digital: Pentingnya Literasi Menulis bagi Guru di Era Digital
5 min
Menguasai Literasi Digital:Kunci Sukses dalam Membimbing Siswa di Era Digital
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar