7 Aplikasi Kecerdasan Buatan (AI) Gratis yang Mempermudah Guru dalam Mengajar - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 15 Sep 2023

7 Aplikasi Kecerdasan Buatan (AI) Gratis yang Mempermudah Guru dalam Mengajar

Tips dan Mengenal Penggunaan Aplikasi AI Praktis dan Gratis yang Mempermudah Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Seputar Guru

ROMI SAPUTRA

Kunjungi Profile
29841x
Bagikan

Aplikasi kecerdasan buatan (AI) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia. 

AI menggunakan algoritma dan model matematika yang kompleks untuk menganalisis data, mengambil keputusan, memecahkan masalah, dan belajar dari pengalaman.

Kecerdasan buatan (AI) dapat memiliki berbagai aplikasi yang bermanfaat bagi guru dalam mengajar dan mengelola kelas. 

Berikut adalah 7 aplikasi Artificial Intelligence yang dapat digunakan dan di manfaatkan oleh guru secara gratis yaitu :

1. ClassPoint AI

(Foto dari Aplikasi Classpoint dari Website Classpoint.io)

ClassPoint Ai adalah fitur baru & inovatif yang menggunakan teknologi AI untuk menghasilkan pertanyaan kuis dari slide PowerPoint apa pun. Dia dapat membaca slide PowerPoint dan menulis pertanyaan akademis sesuai Tingkat Taksonomi Bloom.

Classpoint dapat di akses melalui tautan Disini.

AI ClassPoint juga menghasilkan soal latihan dengan delapan pilihan menu yang tersedia, termasuk jawaban singkat, pilihan ganda, unggah audio, unggah video, dll. 

ClassPoint AI membantu menghasilkan soal ujian harian dengan mempersiapkan bacaan ujian terlebih dahulu. Sangat berguna, soal dan jawaban tes dilakukan tanpa  sistem AI ClassPoint.  ClassPoint juga dapat mengumpulkan dan menganalisis data nilai ujian harian siswa. 

Dengan cara ini kita mendapatkan umpan balik mengenai bagian mana dari pertanyaan yang dapat dimengerti dan mana yang tidak. 

Fitur personalisasi AI ClassPoint, menyesuaikan konten pembelajaran siswa dan melacak kemajuan pembelajaran siswa dengan analitik sehingga kita sebagai guru dapat menyesuaikan materi pembelajaran dengan kemampuan siswa dan memberikan intervensi yang relevan kepada siswa yang kita ajar. 

Mata pelajaran bahasa Inggris, sains, dan matematika lebih menarik, interaktif, dan menciptakan pengalaman belajar baru bagi siswa dengan kecerdasan buatan ClassPoint.

2. Chat GPT

(Foto dari Aplikasi Chatgpt dari Website chat.openai.com)

Chat GPT dapat membantu menjawab pertanyaan Guru/Siswa, memberikan bahan bacaan tambahan, atau memberikan saran terkait media pembelajaran/penugasan. Dengan adanya asisten pembelajaran ini, guru dapat menghemat waktu dan dapat memaksimalkan tugas lain sebagai guru.

3. Tome AI

(Foto dari Aplikasi Tome AI dari Website tome.app)

Tome AI adalah sebuah platform presentasi online yang menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk membantu membuat presentasi yang lebih menarik, cepat, dan mudah dipahami. Dengan menggunakan platform ini, guru dapat memilih dari berbagai jenis template presentasi yang telah disediakan.

4. Fitur AI dari Canva

(Foto dari Aplikasi Canva dari Website Canva.com)

Terdapat 8 Fitur AI Canva yang Perlu Diketahui, Mmembuat pekerjaan guru jadi kian mudah: Text to Imag, Magic Erase, Magic Edit, Magic Desain, Instan Presentation, Beat Sync, Magic Write, Translate.

5. Quillbot

(Foto dari Aplikasi Quillbot dari Website quillbot.com)

Quillbot adalah aplikasi online yang dapat digunakan untuk memparafrase kalimat agar menghindari plagiarisme, meringkas kalimat panjang, dan meningkatkan tata bahasa agar lebih ringkas dan profesional.

6. Formative AI

(Foto dari Aplikasi Formative AI dari Website formative.com/ai-powered)

AI formatif membantu guru menilai kemajuan belajar siswa mereka. Ini memberikan umpan balik waktu nyata tentang kinerja siswa, mengidentifikasi area kekuatan dan kelemahan, dan membantu guru menyesuaikan strategi pengajaran mereka.

7. Ask Your PDF

(Foto dari Aplikasi Ask Your PDF dari Website askyourpdf.com)

Ask Your PDF membantu Guru untuk bisa bertanya ke PDF dengan bantuan AI. Sangat memudahkan terutama untuk keperluan review berbagai Penelitian Tindakan Kelas atau Inovasi Pembelajaran.

Itulah beberapa tool AI yang sangat berguna untuk mempermudah tugas Guru. Penting untuk diingat bahwa AI adalah alat yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengajaran, tetapi tidak dapat menggantikan peran guru dalam mendidik dan membimbing siswa. 

Guru tetap berperan penting dalam membimbing, memberikan inspirasi, dan membantu perkembangan siswa.


Penyunting: Putra

0

21

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kesehatan Mental Guru: Tantangan dan Solusinya
Kesehatan Mental Guru dalam Menjawab Tantangan Global
Menjaga Keseimbangan Mental Guru untuk Pendidikan yang Berkualitas
2 min
Menurunkan Ekspektasi: Menyehatkan Mental dari Diri Sendiri

Lulu Fauziah

Dec 04, 2023
2 min
Kamu Guru Baru? 5 Tips Manajemen Kelas Ini Bisa Jadikan Kamu Guru Favorit
2 min
KESEHATAN MENTAL BAGI GURU DI SEKOLAH OLEH CHOIRUN NISA S.Pd
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB