5 Manfaat Utama Administrasi Digital dalam Pendidikan, manfaat ketiga juga membuatmu berkontribusi menyelamatkan lingkungan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 03 Feb 2023

5 Manfaat Utama Administrasi Digital dalam Pendidikan, manfaat ketiga juga membuatmu berkontribusi menyelamatkan lingkungan

Administrasi pendidikan secara digital dapat membantu Anda dalam menjaga keamanan data, kemudahan akses data, dan masih banyak lainnya. Selain itu, administrasi digital dapat meningkatkan kualitas dan kepercayaan publik kepada sekolah Anda.

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
4892x
Bagikan

Teknologi telah membawa perubahan yang signifikan dalam segala sektor seperti industri, ekonomi, dan pendidikan. Kemajuan teknologi juga mempengaruhi bagaimana kita hidup dan bekerja. Melalui teknologi dan digitalisasi manusia jadi lebih mudah untuk mengelola dan menganalisis data; membantu akses terhadap informasi; dan mempercepat proses pengambilan keputusan. Oleh karena itu, pada dasarnya teknologi telah membuat hidup kita menjadi lebih efisien dan efektif. 

Teknologi telah membawa perubahan terhadap semua sektor (Sumber: Canva)

Dalam pendidikan, seorang tenaga pendidik dituntut untuk dapat bekerja dengan efektif dan produktif. Kemajuan teknologi dan digitalisasi telah memberikan gaya baru dalam proses administratif yang lebih terbarukan. Selain itu, pengelolaan data melalui teknologi akan dapat meningkatkan kualitas dan akreditasi suatu institusi pendidikan. 

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih mendalam, Bapak/Ibu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu digitalisasi? Bagaimana posisi digitalisasi dalam pendidikan? dan apa saja manfaatnya bagi administrasi sekolah yang lebih baik? Simak penjelasan sampai akhir ya!

Apa itu Digitalisasi? 

Pertama, mari kita pahami pengertian digitalisasi terlebih dahulu. Digitalisasi merupakan proses pengubahan informasi analog menjadi informasi digital. Dalam hal ini, informasi yang dulunya terdapat dalam bentuk fisik seperti tulisan tangan atau gambar, diproses menjadi format elektronik yang lebih mudah diolah, diterima dan disebarluaskan melalui media digital. Pengelolaan data melalui digitalisasi telah memungkinkan Anda untuk merencanakan dan menganalisis data yang lebih efisien dan membantu mempermudah akses terhadap informasi serta mempercepat proses pengambilan keputusan. 

Bagaimana Digitalisasi dalam Pendidikan? 

Dalam pendidikan, proses administrasi merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempermudah dan meningkatkan akreditasi sekolah. Kualitas dan kapasitas suatu sekolah dalam mengelola pendataan perihal data-data peserta didik, kurikulum, dan berkas penting lainnya merupakan salah satu indikator yang perlu diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan banyak hal seperti keamanan data, kemudahan akses data, dan masih banyak lainnya. 

5 Manfaat Utama Administrasi Digital dalam Pendidikan, manfaat ketiga juga membuatmu berkontribusi menyelamatkan lingkungan
Administrasi digital membuat pekerjaan lebih efisien (Sumber: Canva)

Oleh karena itu, proses administrasi secara digital merupakan jawaban terbaik dari sistem administrasi berbasis kertas dan manual. Apabila sebelumnya Anda harus menyusun data selama berjam-jam maka melalui teknologi digital Anda dapat menyusun data hanya dalam satu kali ketukan. Segala kemudahan yang ditawarkan tentu saja dapat membuat Bapak/Ibu lebih produktif sehingga meningkatkan kualitas pekerjaan Anda. 

Namun, masih banyak loh manfaat manfaat digitalisasi dalam pendidikan! Yuk Simak penjelasan berikut!

5 Manfaat Utama Administrasi Digital dalam Pendidikan

Kemajuan teknologi telah memberikan dampak yang signifikan dalam pendidikan. Berikut kami uraikan 5 manfaat administrasi digital dalam pendidikan. 

1. Meningkatkan Produktivitas 

Sistem administrasi manual telah menguras tenaga dan waktu Anda sehingga menghambat berbagai target yang telah Bapak/Ibu susun sebelumnya. Namun melalui teknologi dan perangkat lunak, Bapak/Ibu dapat lebih mudah mengelola data tanpa mengorbankan tanggung jawab lainnya. Oleh karena itu, pengelolaan administrasi secara digital dapat meningkatan produktivitas Anda dalam segala hal. 

5 Manfaat Utama Administrasi Digital dalam Pendidikan, manfaat ketiga juga membuatmu berkontribusi menyelamatkan lingkungan
Fitur yang ditawarkan oleh  teknologi dapat mempermudah pekerjaan Anda (Sumber: Canva)

2. Mempermudah Pengelolaan Data yang Akurat dan Terpercaya

Salah satu langkah yang dapat dilakukan institusi pendidikan untuk meningkatkan akreditasi dan kualitas adalah dengan menyusun perencanaan strategis yang rapi dan akurat. Melalui teknologi, Anda dapat menyusun statistik data hanya dengan sekali ketuk. 

Analisis terhadap fasilitas sekolah, capaian, dan program berkelanjutan lainnya dapat membuat wali murid dan masyarakat percaya dengan sekolah Bapak/Ibu sekalian. Rasa percaya tersebut merupakan modal berharga agar sekolah Anda dapat berkembang ke tahap yang lebih maju. 

3. Mengurangi Biaya Penggunaan Kertas 

Administrasi secara manual sangat bergantung kepada penggunaan kertas yang tentu saja tidak efisien. Melalui pendataan digital, Anda dapat mengurangi biaya kertas percetakan sehingga dapat dialokasikan kepada sektor yang lebih penting. Selain itu, administrasi digital juga telah mengurangi penggunaan ruang untuk berkas kertas serta resiko lainnya seperti basah, rayap, dan terbakar. 

5 Manfaat Utama Administrasi Digital dalam Pendidikan, manfaat ketiga juga membuatmu berkontribusi menyelamatkan lingkungan
Penggunaan teknologi dapat mengurangi limbah kertas (Sumber: Canva)

4. Manajemen Informasi dengan Lebih Cepat dan Efisien

Melalui pengelolaan terhadap akun email, no handphone, dan data lainnya, Bapak/Ibu dapat lebih mudah dalam menyampaikan informasi. Penyampaian informasi secara masal dan tertata dapat memberikan kemudahan bagi semua warga sekolah. Selain itu melalui manajemen informasi yang baik, pihak sekolah dapat menyampaikan berbagai informasi penunjang keahlian seperti sertifikasi guru, in house training, dan pelatihan guru. 

5. Aksesibilitas yang Mudah dan Keterbukaan Informasi

Administrasi digital mempermudah akses informasi dan data oleh siswa, guru, dan orang tua dari mana saja dan kapan saja. Kemudahan akses tersebut dapat menjadi bahan evaluasi bagi pihak ketiga untuk menyusun kerja sama dan program lainnya. Hal tersebut sangat penting sebagai branding terbaik bagi pendidikan agar lebih dikenal oleh masyarakat umum. 

5 Manfaat Utama Administrasi Digital dalam Pendidikan, manfaat ketiga juga membuatmu berkontribusi menyelamatkan lingkungan
Keterbukaan informasi dpaat meningkatkan kepercayaan publik (Sumber: Canva)

Demikianlah informasi perihal beberapa manfaat administrasi digital dalam pendidikan yang dapat mempermudah Bapak/Ibu sekalian. Selain itu, keberadaan teknologi dalam pendidikan juga menunjukkan bahwa dunia semakin berkembang ke arah yang lebih terbarukan. Teknologi telah menjadi bagian penting yang tidak dapat dihindarkan dalam semua sektor. Oleh karena itu, kami berharap Bapak/Ibu mulai meningkatkan kesadaran literasi digitalisasi secara menyeluruh agar dapat beradaptasi di era digital. 

Tulisan ini akan ditutup oleh sebuah quotes oleh Mark Zuckerberg, seorang pengusaha, CEO, dan co-founder Facebook sebagai berikut. 

"Teknologi adalah alat yang membantu manusia menjelajahi dunia dan mencapai apa yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya." 

Dengan demikian, GuruInovatif.id mengajak Bapak/Semua semua untuk dapat dekat dengan teknologi dan menjadi agen perubahan dalam pendidikan. Semangat untuk semua guru di Indonesia! Maju terus pendidikan bangsa! Salam Inovatif!
 

Ayo bergabung dengan paket membership GuruInovatif.id sekarang! Ini adalah kesempatan terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan serta karir Anda sebagai tenaga pendidik. Dengan bergabung dalam paket membership kami, Anda akan mendapatkan akses ke konten premium yang tidak tersedia bagi pengunjung biasa. Anda juga akan mendapatkan diskon harga untuk produk dan layanan yang kami tawarkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan pelanggan prioritas dari tim kami. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Ayo bergabung dengan paket membership kami sekarang juga!


Penulis: Yandi Chidlir
Editor: Putra

0

1

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

KESEHATAN MENTAL GURU, PENENTU KEBERHASILAN BELAJAR MURID

Pamiluwati,S.Pd

Nov 28, 2023
1 min
Peran positif AI dalam menjaga kesehatan mental guru menghadapi Era Society 5.0

Dita Pratiwi

Nov 30, 2023
1 min
3 Pilar Pokok Profesi: Keahlian, Pengetahuan, dan Persiapan Akademik
3 min
Menurunkan Ekspektasi: Menyehatkan Mental dari Diri Sendiri

Lulu Fauziah

Dec 04, 2023
2 min
Gembira Jalan Ninjaku

Agus Ta'in, M.Pd.

Dec 07, 2023
2 min
GURUKU JANGAN STRES

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar