5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Melaksanakan IHT - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 11 Feb 2023

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Melaksanakan IHT

Pelatihan eksklusif untuk instansi atau lebih dikenal dengan istilah In House Training (IHT) adalah pelatihan yang mendatangkan trainer atau pakar ke instansi yang membutuhkan. Dalam menyelenggarakan IHT, ada 5 hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan.

Pelatihan Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
14868x
Bagikan

In House Training atau yang sering disingkat menjadi IHT, adalah istilah pelatihan eksklusif untuk instansi dimana trainer atau pelatih datang langsung ke lokasi. Pelatihan tersebut dikatakan eksklusif karena peserta hanyalah dari orang-orang yang memesan jasa IHT saja sehingga peserta dapat merasa lebih nyaman dan dapat fokus. Sebagai instansi pendidikan, sekolah tentu juga perlu mengadakan IHT untuk para guru agar wawasan dan skill para guru selalu berkembang dan up to date. Selain itu, mengikuti IHT dapat dianggap sebagai diklat sehingga dapat membantu menambahkan angka kredit guru untuk naik golongan.

Ketika ingin melaksanakan IHT, tentu banyak hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan yaitu:

  1. Hari — Pilihlah hari yang sesuai untuk melakukan pelatihan. Walaupun preferensi tiap orang berbeda-beda, tapi tetap dapat didiskusikan terlebih dahulu. Jangan sampai memilih hari yang kelewat sibuk sehingga para peserta tidak dapat fokus karena teringat dengan pekerjaan yang menumpuk, atau hari yang mendekati hari libur sehingga peserta tidak fokus karena sudah ingin liburan.
  2. Waktu — Selain hari, pemilihan waktu juga dapat menjadi krusial. Terkadang jika waktunya terlalu sore, para peserta sudah terlalu lelah untuk mengikuti IHT. Atau mungkin terlalu pagi sehingga banyak peserta yang mungkin terlambat karena masih banyak urusan yang harus dipersiapkan. Oleh sebab itu pilihlah waktu yang paling cocok bagi seluruh peserta.
  3. Tempat — Tempat pelaksanaan IHT untuk sekolah sebenarnya bisa bebas dimana saja. Di ruang kelas, di aula, atau bahkan menyewa ruang seminar di hotel juga bisa. Tapi kembali lagi disesuaikan dengan kebutuhan. Jika menginginkan suasana baru bagi guru-guru, mungkin dapat melakukan IHT di luar sekolah. Tetapi tentu saja harus mempertimbangkan jarak antara lokasi IHT dengan rumah masing-masing guru. Jangan sampai peserta sudah kelelahan sebelum mengikuti IHT karena menempuh perjalanan yang jauh.
  4. Peserta — Pastikan bahwa seluruh guru sekolah telah siap dan dapat mengikuti acara IHT agar kegiatan dapat efektif.
  5. Vendor — Hal yang tidak kalah penting adalah pemilihan vendor IHT. Pastikan pilih vendor yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan bagi para guru.

Salah satu vendor yang menyediakan jasa IHT adalah GuruInovatif.id. Sebagai platform pelatihan guru, GuruInovatif.id telah berpengalaman selama lebih dari 2 tahun dalam memberikan pelatihan-pelatihan bagi para guru Indonesia. IHT bersama GuruInovatif.id memiliki keunggulan yaitu materi-materi yang up to date dan relevan, pemateri handal dan berpengalaman, dan juga fleksibel mengikuti keinginan pihak sekolah.

Tertarik untuk mengikuti In House Training bersama GuruInovatif.id? Silahkan daftarkan sekolah Anda dengan cara menghubungi 0822-2737-4519 (Ilham)


Penulis: DY
Editor: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Webinar Tentang Metode Pengajaran Asyik di Ruang Kelas dan Virtual
1 min
Webinar "Kupas Tuntas PPPK" untuk Menunjang Kesiapanmu
2 min
Kupas Tuntas TOEFL untuk Tenaga Pendidik, Mahasiswa, dan Umum
1 min
Webinar "Belajar Coding" sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Pembelajar di Dunia Pendidikan
1 min
Melatih Budaya Literasi Digital Bagi Guru dan Siswa di Era Revolusi Industri 4.0
Mewujudkan Harmonisasi Pendidikan melalui Webinar Pembelajaran Kelas Inklusi
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB