4E STRATEGI MENJAGA KESEHATAN MENTAL GURU - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 05 Des 2023

4E STRATEGI MENJAGA KESEHATAN MENTAL GURU

Artikel ini berisi tentang strategi menjaga kesehatan mental seorang guru

Seputar Guru

Miftakhur Rohmah, S.Pd.

Kunjungi Profile
151x
Bagikan

4E Strategi Menjaga Kesehatan Mental Guru

Kesehatan merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan dan dijaga. Definisi sehat tidak hanya berkaitan dengan fisik saja, namun juga berkaitan dengan psikis. Definisi sehat menurut World Health Organization (WHO) adalah suatu keadaan dimana tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan, tetapi juga adanya keseimbangan antara fungsi fisik, mental, dan sosial. Sehingga pengukuran kualitas hidup yang berhubungan dengan kesehatan meliputi tiga bidang fungsi yaitu: fisik, psikologi (kognitif dan emosional), dan sosial. Kemudian, WHO mendefinisikan konsep kesehatan mental adalah keadaan sejahtera mental yang memungkinkan seseorang mengatasi tekanan hidup, menyadari kemampuannya, belajar dengan baik dan bekerja dengan baik, serta berkontribusi pada komunitasnya.

Seseorang yang bermental sehat dapat memaksimalkan kemampuan atau potensi dirinya dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain di lingkungannya. Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan menyebabkan gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, dan kendali emosi yang mengarah perilaku buruk. Kemudian, hal ini akan berdampak pada interaksi atau hubungan dengan seseorang dan menurunkan produktivitas kerja orang tersebut. 

Pertanyaannya, bagaimana dengan kesehatan mental seorang guru yang mengemban tanggung jawab begitu besar? Guru bertugas,sebagai pengajar, pembimbing, administrator kelas, pengembangan kurikulum, mengembangkan profesi juga membina hubungan dengan masyarakat. Tapi, besarnya tanggung jawab tersebut tidak seimbang dengan kesejahteraan yang didapat. Tidak sedikit tantangan yang harus dihadapi seorang guru. Tugas mentransfer ilmu yang sering kali diwarnai dengan perilaku siswa yang menyimpang membuat guru merasa kewalahan. Era globalisasi menuntut seorang guru untuk terus mengupgraide kompetensi dirinya, meskipun dalam prosesnya juga terdapat sandungan seperti fasilitas yang kurang memadai, faktor umur membuat tidak mudah untuk mengikuti segala perkembangan, dan faktor waktu yang sudah banyak tersita berbagai rutinitas sehari-hari. Tugas administrasi guru yang harus dipenuhi, serta gaji yang tidak sesuai seringkali menimbulkan konflik emosi yang berakhir pada burnout. Keadaan stress kronis yang ditandai dengan kelelahan fisik, emosional atau mental, disertai dengan penurunan motivasi dan penurunan kinerja. Keadaan ini memicu seseorang menjadi gampang marah dan frustasi. 

Hal tersebut penting sekali untuk kita perhatikan bersama. Kesehatan mental bagi guru sangat berpengaruh pada keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Strategi merawat kesehatan mental sebagai seorang guru yang mengemban tugas mulia untuk mencerdaskan anak bangsa hendaklah bersama-sama untuk saling mendukung pada hal kebaikan. Selain itu, mengutip dari postingan Shahnaz Haque di akun Instagramnya yang membagikan tentang 4E sebagai langkah P3K sebelum melakukan medical cek up jiwa dapat kita lakukan sebagai strategi seorang guru untuk menjaga kesehatan mental. 4E yang dimaksud adalah :

  1. Easy: lakukan apapun yang menjadi tanggung jawab kita sebagai seorang guru dengan cara yang mudah. Cara yang paling mudah menurut kita, buka menurut orang lain.
  2. Enjoy: nikmati apa yang kita lakukan sebagai seorang guru.
  3. Excellent: sempurna atau maksimalkan dalam mengerjakan sesuatu yang kita kerjakan.
  4. Earn: jangan lupa menghasilkan itu tidak melulu soal uang, bisa jadi uang tidak ada tetapi kita masih tetap ada. Karena apa yang kita kerjakan diberkahi dan itu adalah balasan tentang kebaikan yang seorang guru telah lakukan.

Kemudian, strategi sebagai seorang guru haruslah mencintai dirinya sendiri agar bisa tulus mencintai orang lain. Salam sehat dan jangan lupa bahagia. Terima kasih. 

Rujukan

Fakhriyani, Diana Vidya. 2019. Kesehatan Mental. Pamekasan. 

Ayosehat.kemkes.go.id. 8 Juni 2018. Pengertian Kesehatan Mental. Diakses pada 30 November 2023, dari https://ayosehat.kemkes.go.id/pengertian-kesehatan-mental.

Sahabatgurucom. (23 Mei 2023). Bahaya, 7 dari 10 Guru Alami Burnout [Instagram post]. https://www.instagram.com/p/Cskg5JFSlmj/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Shahnaz Haque. (9Oktober 2023). Yuk Pahami P3K Jiwa! [Instagram post]. https://www.instagram.com/reel/CyK_1rXyJdh/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==


Penyunting: Putra

1

0

Komentar (1)

Megawati Megawati

Dec 11, 2023

MANTAP! KEREN!
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

TIPS NAIK PANGKAT JABATAN FUNGSIONAL GURU
GI Academy #27 | Persiapan ANBK: Kunci Sukses Tingkatkan Rapor Pendidikan
3 min
5 Beasiswa dari Luar Negeri untuk Tenaga Pendidik
2 min
Guru Sehat Secara Mental Kunci Pembelajaran yang Menyenangkan

Rina Dwi Astutik

Nov 20, 2023
3 min
Peran dan Manfaat Asesmen Sumatif pada Hasil Belajar Siswa
2 min
Pengaruh Kesehatan Mental Guru terhadap Tinggi Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB