Published 17 Mei 2023

4 Fakta mengenai Hari Museum Internasional

Tanggal 18 Mei merupakan Hari Museum Internasional. Pada hari tersebut terdapat perayaan untuk masyarakat yang suka mengunjungi museum guna meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya museum.

Berita

Alventina Febriola

Kunjungi Profile
Bagikan

Salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi adalah museum. Dengan mengunjungi museum kita dapat menambah pengetahuan serta berekreasi. Terdapat perayaan untuk masyarakat yang suka mengunjungi museum yang ditetapkan oleh ICOM (International Council of Museum). Peringatan Hari Museum Internasional diperingati setiap tanggal 18 Mei yang memiliki tujuan khusus guna meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya museum. Berdasarkan situs resmi ICOM museum merupakan lembaga permanen nirlaba untuk melestarikan, mengumpulkan, dan memamerkan warisan berwujud maupun tidak berwujud. Museum dapat memupuk keragaman dan keberlanjutan dengan partisipasi masyarakat.

Berkaitan dengan hari museum internasional terdapat fakta-fakta menarik didalamnya yakni mengenai sejarah, tema, dan lain sebagainya. Lalu apa saja faktanya? Berikut 4 fakta menarik mengenai hari museum internasional:

1. Sejarah

4 Fakta mengenai Hari Museum Internasional
Ilustrasi kenampakan museum (Sumber : Canva)

Pertama-tama ICOM mengumpulkan komunitas-komunitas museum internasional dalam pertemuan tahun 1951. Dalam pertemuan tersebut membahas suatu tema dan gagasan museum kemudian di tahun 1977 ditetapkan sebagai peringatan hari museum internasional pertama kali yang diselenggarakan pada 18 Mei secara resmi oleh ICOM. 

Tentunya perayaan tersebut menjadi perhatian secara global dalam upaya menumbuhkan kesadaran terkait peran museum sehingga tidak jarang museum – museum di seluruh dunia mengadakan acara perayaan untuk hari museum internasional.

2. Tema di tahun 2023

Hari museum internasional di setiap tahunnya memiliki tema tersendiri. Berdasarkan situs ICOM tema tahun ini adalah Museums, Sustainability and Well-being. “Museum adalah kontributor utama bagi kesejahteraan dan pembangunan berkelanjutan komunitas. Sebagai institusi terpercaya dan benang merah penting dalam tatanan sosial kita bersama, ditempatkan secara unik untuk menciptakan efek berjenjang untuk mendorong perubahan positif.” 

3. Museum menciptakan masa depan yang berkelanjutan

4 Fakta mengenai Hari Museum Internasional
Museum merupakam jendela untuk melihat masa lalu (Sumber : Canva)

Museum memiliki peran guna menciptakan masa depan yang berkelanjutan yang dapat dilakukan melalui berbagai program seperti pameran, Pendidikan dan penjangkauan masyarakat. Dilansir dari situs ICOM pada tahun 2023 ini, terdapat 3 TPB (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) atau SDGs (Sustainable Development Goals) oleh United Nation yang menjadi fokus Hari Museum Internasional yakni: 

  • Tujuan 3 (Kesehatan dan Kesejahteraan Global): Menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan untuk semua orang di segala usia, khususnya terkait kesehatan mental dan isolasi sosial.
  • Tujuan 13 (Aksi Iklim): Mengambil tindakan segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya, menerapkan praktik rendah karbon di Global Utara dan strategi mitigasi di Global Selatan.
  • Tujuan 15 (Kehidupan di Daratan): Melindungi, memulihkan, dan mempromosikan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem darat, memperkuat suara para pemimpin adat dan meningkatkan kesadaran akan hilangnya keanekaragaman hayati.

4. Mengenal Museum di Indonesia

Terdapat beberapa museum yang terkenal serta sering dikunjungi di Indonesia. Mulai dari Museum Angkut di Batu, Museum Nasional Indonesia di Jakarta, Museum Fatahillah di Jakarta, The Blanco Renaissance Museum di Ubud, Museum Ullen Santalu di Yogyakarta, Museum Siwalima di Ambon, Museum House Of Sampoerna di Surabaya, Museum Rekor Indonesia di Semarang, Museum Tsunami di Aceh, dan lain sebagainya. 

Demikianlah fakta-fakta menarik mengenai Hari Museum Internasional. Museum menjadi tempat untuk karya seni abadi dari dulu, kini dan juga nanti. Selamat Hari Museum Internasional 2023!

Buat Bapak//Ibu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai ketrampilan mengajar, dapat cek di platform GuruInovatif.id dengan online course dan webinar bersertifikat. Mari segera cek dan coba gratis di GuruInovatif.id sekarang!


Penyunting: Putra

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis
Upgrade Memberhip
Upgrade Memberhip
Berlaku hingga
03 Hari
03 Jam
03 Menit
03 Detik
Pilih Membership

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Related Post

Cara Cek Pengumuman Seleksi Administrasi PPPK
1 min
Sistem Rapor pada Kurikulum Merdeka Belajar untuk Setiap Satuan Pendidikan
1 min
Webinar GuruInovatif.id Bersama Sekjen GTK Kemendikbud Sukses Dihadiri Ribuan Guru #2
1 min
Pembelian Merchandise GuruInovatif Lewat Dashboard!
1 min
Telah Dibuka Program Guru Penggerak, Simak Persyaratannya
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB