2 Sekolah di Yogyakarta dan Jawa Tengah Selenggarakan Kegiatan Implementasi Entry Level Assessment (ELA) - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 21 Agu 2024

2 Sekolah di Yogyakarta dan Jawa Tengah Selenggarakan Kegiatan Implementasi Entry Level Assessment (ELA)

GuruInovatif.id kembali menyelenggarakan kegiatan implementasi ELA di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Kali ini ada dua sekolah yang menyelenggarakan kegiatan tersebut pada tanggal 19 Agustus 2024 yakni, MTsN 2 Sleman dan MAN Insan Cendekia Pekalongan.

Entry Level Assessment

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
49x
Bagikan

Pada tanggal 19 Agustus 2024, GuruInovatif.id kembali menyelenggarakan kegiatan implementasi Entry Level Assessment (ELA) yang melibatkan dua sekolah dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah, yaitu MTsN 2 Sleman dan MAN Insan Cendekia Pekalongan.

Sebanyak 155 siswa dari MTsN 2 Sleman mengikuti kegiatan ini dengan antusias, menggunakan perangkat komputer yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Sementara itu, di MAN Insan Cendekia Pekalongan, sebanyak 50 siswa turut berpartisipasi dengan semangat menggunakan perangkat laptop. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan serta karakter peserta didik baru, baik di tingkat kelas VII SMP/sederajat maupun kelas X SMA/sederajat.

2 Sekolah di Yogyakarta dan Jawa Tengah Selenggarakan Kegiatan Implementasi Entry Level Assessment (ELA)
Suasana implementasi ELA di MAN Insan Cendekia Pekalongan (Gambar: Dokumen pribadi)

Kegiatan Entry Level Assessment (ELA) yang dilaksanakan oleh GuruInovatif.id dilakukan secara online, sehingga memungkinkan peserta didik untuk mengerjakan soal dari berbagai perangkat elektronik seperti komputer, laptop, atau smartphone. Setelah peserta didik menyelesaikan soal, hasil tersebut akan dianalisis oleh tim ahli untuk menciptakan profil belajar peserta didik yang akurat. ELA dirancang untuk membantu guru, sekolah, dan pemegang kebijakan dalam merencanakan pembelajaran dan kebijakan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

ELA mencakup asesmen diagnostik kognitif dan non-kognitif, yang mampu memetakan kemampuan peserta didik dari pemahaman materi pelajaran hingga kondisi psikologis, emosional, dan sosial mereka. Laporan analisis ELA juga menyediakan rekomendasi kegiatan berdasarkan dimensi Standar Nasional Pendidikan untuk meningkatkan layanan pembelajaran di kelas.

2 Sekolah di Yogyakarta dan Jawa Tengah Selenggarakan Kegiatan Implementasi Entry Level Assessment (ELA)
Suasana implementasi ELA di MTsN 2 Sleman (Gambar: Dokumen pribadi)

ELA merupakan solusi dari GuruInovatif.id untuk membantu sekolah memiliki pangkalan data tentang kondisi siswa secara akurat, cepat, dan mudah. GuruInovatif.id meyakini bahwa data ini sangat penting dalam proses penyusunan kegiatan sekolah yang berbasis layanan pendidikan berkualitas tinggi. Dengan menggunakan ELA, sekolah dapat fokus pada efisiensi, efektivitas, dan keberlanjutan dalam perencanaan pendidikan, sehingga mampu memastikan bahwa setiap aspek pembelajaran dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan potensi siswa dengan optimal.

Ingin memiliki layanan pendidikan yang berkualitas dalam meningkatkan mutu pendidikan?
Dapatkan informasi selengkapnya terkait Entry Level Assessment melalui platform GuruInovatif.id.

Kunjungi laman resmi ELA disini!


Penulis: Eka | Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GuruInovatif.id Selenggarakan Workshop Entry Level Assessment Bersama Dinas Pendidikan Boyolali
2 min
5 Sekolah Ikuti Kegiatan Implementasi Entry Level Assessment (ELA) di Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
1 min
GuruInovatif.id Selenggarakan Workshop Entry Level Assessment Bersama Dinas Pendidikan Bantul
1 min
GuruInovatif.id Selenggarakan Workshop Entry Level Assessment Bersama Dinas Pendidikan Magelang
1 min
Kementerian Agama Gunung Kidul Sambut Baik Kehadiran Entry Level Assessment (ELA)
2 min
Dinas Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta Sambut Baik Kehadiran Entry Level Assessment (ELA)
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar