10 Rekomendasi Program Beasiswa untuk Mahasiswa, Cek Yuk! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 27 Okt 2023

10 Rekomendasi Program Beasiswa untuk Mahasiswa, Cek Yuk!

Menempuh pendidikan dengan beasiswa merupakan impian sejuta orang. Namun, banyak pelajar serta mahasiswa yang tidak memperoleh informasi terbaru seputar beasiswa karena malas mencari informasi. Padahal terdapat sederet beasiswa yang dibuka untuk lulusan SMA/sederajat serta mahasiswa on going.

Dunia Pendidikan

kampus inovatif

Kunjungi Profile
12211x
Bagikan

Menempuh pendidikan di bangku kuliah memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, kamu tidak perlu risau karena saat ini banyak beasiswa yang dibuka oleh lembaga pemerintah serta swasta untuk lulusan SMA/SMK sederajat hingga mahasiswa on going. Beasiswa ini tidak hanya menawarkan benefit berupa biaya pendidikan, tetapi juga beragam keuntungan lain yang dapat kamu manfaatkan untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Berikut beberapa rekomendasi beasiswa yang worth it untuk kamu daftar:

Pilihan Beasiswa untuk Mahasiswa

10 Rekomendasi Program Beasiswa untuk Mahasiswa, Cek Yuk!
Pilihan beasiswa untuk mahasiswa (Foto: Freepik)

1. Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan merupakan pemberian biaya pendidikan oleh Kemeneterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan target sasaran putra putri terbaik bangsa Indonesia pada jenjang S1, S2, dan S3.

Beasiswa Unggulan terdiri dari beberapa jenis, yaitu Beasiswa Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Pegawai Kemendikbudristek, Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Penghargaan. Apabila kamu tertarik mendaftar beasiswa ini, kamu dapat mengakses website beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id atau akun Instagram @beasiswaunggulan_ri untuk memperoleh informasi selengkapnya.

2. Beasiswa Djarum Plus

Beasiswa Djarum Plus merupakan beasiswa prestasi yang diberikan oleh Djarum Foundation. Bagi kamu yang tengah menempuh kuliah S1/D4 minimal semester 4 dapat mendaftarkan diri pada program beasiswa ini. Namun, perlu kamu ketahui bahwa program beasiswa ini hanya ditujukan untuk para mahasiswa dari perguruan tinggi yang telah menjadi mitra Djarum Foundation.

Benefit yang ditawarkan program Beasiswa Djarum Plus tidak hanya berupa dana beasiswa selama satu tahun, namun para penerima beasiswa ini juga akan mendapatkan beragam pelatihan soft skills untuk meningkatkan kecakapan emosional.

Menarik bukan manfaat yang dapat diperoleh dari program beasiswa ini? Untuk memperoleh informasi resmi terkait Beasiswa Djarum Plus, kamu dapat mengakses website www.djarumbeasiswaplus.org.

3. Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Beasiswa KSE merupakan program dari lembaga swasta, yakni Yayasan Karya Salemba Empat untuk para mahasiswa jenjang S1 yang telah menempuh pendidikan minimal semester dua.

Program utama beasiswa ini terdiri dari Reguler Scholarship, Entrepreneur Academy, Achievement Scholarship, dan Technology for Indonesia. Tak hanya itu, ada pula program tambahan berupa Program Kepemimpinan, Workshop/Seminar/Coaching/Tatap Muka, Program Komunitas Mahasiswa, serta Program Komunitas Alumni. 

Jika ingin mengetahui informasi detil terkait jadwal seleksi dan persyaratan untuk mendaftar Beasiswa KSE, kamu dapat mengakses laman kse.or.id.

4. Beasiswa Bestari

Bestari atau Beasiswa untuk Anak Perempuan Indonesia adalah program yang dicanangkan oleh Kementerian Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan (KemenPPPA), Yayasan Khouw kalbe dan UNFPA.

Penerima beasiswa ini akan memperoleh beragam benefit hingga lulus yang meliputi beasiswa pendidikan berupa Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), SPP/UKT, biaya penelitian dan pelatihan pengembangan kapasitas.

Kabar baik untukmu, pendaftaran Bestari batch 2 masih dibuka hingga 31 Oktober mendatang loh. Jangan sampai terlewat kesempatan emas ini ya! Simak informasi selengkapnya di laman yayasankhouwkalbe.org.

5. Beasiswa Kukar Idaman

Beasiswa ini diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara khusus untuk warga Kutai Kertanegara, baik itu pelajar, mahasiswa, maupun tenaga pendidik. Kabar baiknya, proses rekruitmen Beasiswa Kukar Idaman tahap II masih berlangsung hingga 31 Oktober mendatang.

Oleh karena itu, bagi kamu warga Kutai Kertanegara persiapkan untuk mendaftarkan diri dalam program ini dan dapatkan sederet manfaat yang akan menunjang pendidikanmu. Informasi lebih lanjut terkait beasiswa ini dapat kalian dapatkan melalui laman beasiswa.kukarkab.go.id.

6. Beasiswa Bakti BCA

Beasiswa lainnya yang bersumber dari lembaga swasta ialah Beasiswa Bakti BCA. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa aktif perguruan tinggi minimal semester 3 yang tidak sedang menerima beasiswa lain.

Beasiswa Bakti BCA terdiri dari tiga kategori, yaitu Bantuan Finansial, Prestasi Akademis, dan Prestasi Non-Akademis. Masing-masing penerima beasiswa dari tiga kategori tersebut akan memperoleh dana pendidikan serta future-ready generation program atau program pengembangan diri.

Kamu dapat memperoleh informasi ter-update terkait program ini dengan mengunjungi bca.id/beasiswabaktibca secara berkala.

7. Beasiswa Mahaghora

Beasiswa ini merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Mahaghora untuk putra putri Indonesia agar dapat melanjutkan pendidikan hingga bangku kuliah.

Penerima beasiswa ini akan memperoleh keuntungan berupa biaya pendaftaran kuliah dan biaya kuliah maksimal delapan semester. Tak hanya itu, awardee juga akan difasilitasi untuk mengembangkan diri melalui kegiatan berorganisasi, entrepreneurship, self-development, serta sharing and coaching session. Kesempatan emas lainnya yang dapat diperoleh awardee adalah kesempatan untuk berkarier di PT Mahaghora pasca lulus kuliah.

Sangat disayangkan ya apabila kesempatan yang tidak datang dua kali ini kamu sia-siakan. Segera daftarkan dirimu melalui laman beasiswamahaghora.com karena pendaftaran masih dibuka hingga 1 November 2023.

8. Beasiswa Kaltim Tuntas

Beasiswa Kaltim Tuntas ditujukan untuk mahasiswa Kalimantan Timur yang sedang menempuh pendidikan tinggi maupun mahasiswa yang secara khusus dikirim oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Bagi kamu warga Kaltim yang tertarik pada program ini dapat mengakses informasi selengkapnya di laman beasiswa.kaltimprov.go.id.

9. Beasiswa BSI Maslahat

Bank Syariah Indonesia (BSI) meluncurkan program beasiswa dengan menyasar mahasiswa berprestasi yang berasal dari jurusan yang telah ditetapkan. Tahun ini merupakan angkatan ketiga dari program BSI Maslahat yang terdiri dari dua jenis program, yaitu BSI Maslahat Scholarship Prestasi dan BSI Maslahat Scholarship Inspirasi.

Selain mendapatkan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT), awardee juga akan memperoleh program pelatihan ekonomi syariah, berkesempatan menjalankan program social project, berkesempatan magang di BSI, serta mentorship dengan pimpinan BSI.

Pantau akun Instagram @bsimaslahat dan website www.bsimaslahat.org untuk mendapatkan informasi terbaru seputar timeline pendaftaran program ini, ya!

10. Beasiswa Fifgroup

Beasiswa ini merupakan salah satu program dari PT Federal Finance (FIF Group) untuk mahasiswa S1. Menariknya, beasiswa ini juga juga dapat diikuti oleh mahasiswa semester akhir. Tak hanya menyalurkan dana pendidikan, FIF Group juga membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat menjadi karyawan FIF Group.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi beasiswa untuk kamu! Agar peluang mendapatkan beasiswa tersebut semakin mudah, kamu dapat mengikuti sesi webinar Scholarship Hacks by Kampusinovatif.id.

Sesi ini akan membahas topik seputar kesalahan yang harus dihindari ketika mendaftar beasiswa, strategi menyusun CV dan motivation letter, serta teknik memaksimalkan interview. Sangat lengkap bukan? Yuk, segera daftarkan dirimu melalui bit.ly/Scholarship-Hacks sekarang juga!


Penulis: Anisaa Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kurikulum Merdeka: Membangun Generasi Indonesia Emas 2045
3 min
Sosial Emosional Peserta Didik: Pentingnya Pengembangan Aspek Emosional dan Sosial dalam Pendidikan
4 min
Revitalisasi transformasi Pendidikan melalui Budaya Literasi Digital Siswa dan Guru
1 min
Ketika Guru Tak Lagi Digugu dan Ditiru, tapi Digugat dan Diburu
4 min
Penerapan Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Edugame Di Sekolah 3T

Niken Eka Priyani

Apr 15, 2023
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar