Published 14 Jul 2022

Kenapa PAUD itu Penting?

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pembinaan anak dari sejak lahir hingga usia 6 tahun. Pembinaan ini dilakukan sebagai bantuan perkembangan rohani dan jasmani agar anak siap memasuki pendidikan lebih lanjut.

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
Bagikan

PAUD merupakan pembinaan anak

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pembinaan anak dari sejak lahir hingga usia 6 tahun. Pembinaan ini dilakukan sebagai bantuan perkembangan rohani dan jasmani agar anak siap memasuki pendidikan lebih lanjut.

PAUD berperan dalam menanamkan kejujuran, kedisiplinan, dan hal-hal positif lainnya sedari dini. Anak-anak yang mengikuti PAUD juga memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik. Karena sudah dikenalkan bagaimana cara berinteraksi seperti belajar, bermain, hingga makan dan minum bersama dengan teman sebayanya.

Kenapa PAUD Penting?

Pembinaan pendidikan untuk anak usia dini dapat dimulai dengan pendekatan bermain sambil belajar. Selain itu PAUD juga sebagai salah satu cara untuk mengenalkan lingkungan sekolah.

Meningkatkan kemampuan fisik dan mental anak

Kegiatan bermain sambil belajar di PAUD tentu berdampak positif pada kemampuan fisik dan mental anak. Karena anak dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat. Sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar, membentuk karakter tidak mudah menyerah, belajar lebih mandiri, dan mengoptimalkan potensi anak.

Meningkatkan efektivitas serta kapasitas otak anak

Usia PAUD adalah masa emas perkembangan otak anak hingga 80%. Dengan adanya ransangan pendidikan melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan, maka pekembangan otak anak semakin optimal

Mempersiapkan anak ke jenjang pendidikan berikutnya

Bekal pendidikan yang diterima anak dari usia dini akan membuat anak lebih siap menuju jenjang pendidikan selanjutnya. Karena anak sudah terbiasa belajar serta dapat menerima informasi lebih cepat sehingga membantu anak dalam beradaptasi pula.

Meningkatkan perkembangan emosional dan intelektual anak

Pendidikan di usia dini dapat menstimulus perkembangan emosional anak dan intelektual anak. Karena anak akan belajar bagaimana untuk bersabar, mandiri, serta bergaul dengan orang lain. Selain itu anak juga akan dikenalkan aktivitas kreatif nan menyenangkan seperti menyanyi dan menggambar yang dapat menambah potensi dan kreativitas anak.

Membentuk karakter positif anak

Pembentukan karakter positif dapat diajarkan sedari dini agar anak sukses di masa mendatang. Karakter positif seperti menanamkan kejujuran, disiplin dalam melaksanakan tugas, dan bersosialisasi dengan orang lain.

 

Hasil pendidikan usia dini memang belum bisa dilihat secara instan. Namun baru dapat terlihat di masa mendatang ketika menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan ketika beranjak dewasa.


 

sumber: 

pauddikmasdiy.kemdikbud.go.id/artikel/mengapa-paud-penting-bagi-perkembangan-anak/

www.sehatq.com/artikel/apa-sih-pentingnya-pendidikan-anak-usia-dini


 

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Related Post

GURU SERING IKUT PELATIHAN TAPI BELUM ADA PERUBAHAN

pandji widya

Jun 29, 2022
1 min

Dr. Sarmini, S.Pd.,M.M.Pd

Sep 16, 2022
3 min
Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari

Bona Ventura

Jul 31, 2022
8 min
Kurikulum Merdeka vs Kurikulum 2013, Mana yang Lebih Baik?

Redaksi Guru Inovatif

Oct 12, 2022
2 min
Mengenal Pentingnya Pengembangan Kompetensi 4C dalam Pembelajaran Era Digital

Redaksi Guru Inovatif

Jan 25, 2023
5 min
Fungsi dan Manfaat Blog Bagi Guru

Edy Samsul

Jul 06, 2022
1 min

GuruInovatif.id adalah Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru. Bangun keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikat.


Copyright © 2022. GuruInovatif.id. All rights reserved. Guru Inovatif untuk pendidikan Indonesia