Published 09 Jan 2023

Kahoot! Edukasi sebagai Pendukung Kecakapan Abad 21

Pembelajaran abad 21 merupakan cara baru dalam proses pembelajaran yang didesain agar peserta didik siap untuk menghadapi tantangan dan peluang di era digital.

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
Bagikan

Education is the passport to the future, for tomorrow belongs to those who prepare for it today. – Malcolm X

Pendidikan adalah tiket menuju masa depan, karena hari esok adalah milik mereka yang mempersiapkannya hari ini. Kata-kata hangat tersebut disampaikan oleh Malcolm Little atau lebih dikenal sebagai Malcolm X, seorang aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) dan tokoh muslim Afrika-Amerika pada tahun 60-an. Pernyataan Malcom di atas mengingatkan kita pada pentingnya posisi pendidikan dalam dunia saat ini. 

Perkembangan teknologi di seluruh dunia telah menandai bahwa setiap aspek dalam kehidupan tidak bisa stagnan pada satu wujud saja. Setiap aspek bergerak ke arah yang lebih terbarukan. Pada umumnya, yang terbarukan tersebut memberikan manusia kemampuan dan sudut pandang baru dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satu aspek kehidupan yang dimaksud adalah kehadiran sistem pembelajaran abad 21 yang terbarukan. 

Secara umum, pembelajaran abad 21 merupakan cara baru dalam proses pembelajaran yang didesain agar peserta didik siap untuk menghadapi tantangan dan peluang di era digital. Ada beberapa karakteristik yang menonjol dalam pembelajaran abad ini seperti, kurikulum berbasis proyek, fokus pembelajaran pada kemampuan kolaborasi dan komunikasi serta keterampilan dalam pemanfaatan teknologi. 

Sebagai respon terhadap sistem pembelajaran yang terbarukan tersebut, tenaga pendidik dituntut harus lebih kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, dibutuhkan berbagai aplikasi yang dapat menunjang berjalannya aktivitas pembelajaran tersebut melalui aplikasi kuis pembelajaran. Sangat banyak aplikasi dan platform yang dapat Anda sebagai tenaga pendidik gunakan, salah satunya aplikasi Kahoot!

Apa itu aplikasi Kahoot!? Bagaimana penerapannya dalam pembelajaran? Apa saja tantangan dan keuntungan yang akan dihadapi? Simak penjelasan artikel ini sampai tuntas!

Apa itu Kahoot!

Kahoot! merupakan aplikasi kuis pembelajaran interaktif yang memungkinkan Anda untuk membuat dan menyajikan berbagai pertanyaan, kuis, diskusi, dan lainnya kepada peserta didik. Selama berjalannya pembelajaran, peserta didik dapat menjawab pertanyaan secara online menggunakan perangkat seluler atau komputer mereka dan skor mereka akan ditampilkan secara real-time pada layar. 

Tampilan logo aplikasi Kahoot!
Tampilan logo aplikasi Kahoot! (Sumber: https://c.mi.com)

Pembelajaran melalui Kahoot! dapat dikatakan merupakan contoh sederhana dalam sistem pembelajaran Abad 21. Pemanfaatan teknologi menjadi landasan awal untuk memacu sistem pendidikan yang lebih terbarukan. Selain itu, Kahoot! digunakan untuk memperkuat materi pelajaran, menguji pengetahuan peserta didik, atau sebagai cara yang menyenangkan dan interaktif untuk belajar di kelas atau workshop. 

Bagaimana Penerapan Kahoot! dalam Pembelajaran? 

Pembelajaran dengan Kahoot! memberikan banyak keuntungan. Salah satunya kelas menjadi lebih hidup. Peserta didik juga menjadi lebih kompetitif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, pemanfaatan Kahoot! merupakan solusi terbaik dalam merespons digitalisasi pembelajaran Abad 21. Berikut merupakan langkah-langkah pembuatan permainan edukasi Kahoot! sebagai media pembelajaran. 

  1. Pastikan Anda telah membuat akun Kahoot! pada daftar KahootApabila telah selesai, silakan masuk melalui akun Anda sampai pada tampilan di bawah ini. Pilih menu Create a Kahoot” pada bagian tengah tampilan
Tampilan awal Kahoot!
Tampilan awal Kahoot! (Sumber: https://kahoot.it/)
  1. Ada banyak fitur yang dapat Anda pilih dalam permainan tersebut. Pilih Create” untuk membuat kuis pembelajaran
Menu fitur pembuatan soal
Menu fitur pembuatan soal (https://kahoot.it/)
  1. Pada menu pembelajaran, tambahkan pertanyaan-pertanyaan yang ingin Anda sampaikan kepada peserta didik. Anda dapat menambahkan gambar atau video sebagai tambahan (opsional). Tambahkan skor untuk setiap pertanyaan (opsional). Setelah selesai, tekan tombol Save” di bagian kanan atas layar. 
Menu pengisian soal dan jawaban
Menu pengisian soal dan jawaban (https://kahoot.it/)
  1. Setelah disimpan, Anda dapat memulai pembelajaran. Pilihlah jenis permainan yang Anda inginkan seperti pada tampilan di bawah ini. 
Tampilan awal memulai permainan
Tampilan awal memulai permainan (Sumber: https://kahoot.it/)

 

  1. Setelah Kahoot! Anda selesai dibuat, Anda dapat mempublikasikannya dan membagikannya kepada peserta didik dengan menggunakan kode unik yang disediakan oleh Kahoot!. Peserta didik dapat mengakses Kahoot! Anda dengan memasukkan kode tersebut pada website dan perangkat seluler. 

Keuntungan dalam Pembelajaran Menggunakan Kahoot!

Pembelajaran dengan teknologi memberikan sangat banyak manfaat. Selain mendorong motivasi peserta didik dalam pembelajaran, keberanian menggunakan teknologi dalam pembelajaran menegasi kesiapan tenaga pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran Abad 21. Dalam pemaknaan yang lebih sistematis, pemanfaatan teknologi juga merupakan perwujudan UU No.14 Tahun 2005 yang berbunyi “Pendidikan mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran dan juga pengembangan diri.” Berikut merupakan beberapa keuntungan lainnya dari pembelajaran Kahoot!

1. Respons Feedback Pembelajaran secara Real-Time

Sistem pembelajaran dalam Kahoot! memberikan umpan balik secara langsung. Dengan demikian, peserta didik dapat mengetahui skor mereka dan mengevaluasi diri mereka secara langsung. Sistem seperti ini juga memudahkan pendidik dalam melakukan rekap penilaian peserta didik. 

2. Metode yang Interaktif dan Menyenangkan

Kahoot! menggunakan pertanyaan-pertanyaan kuis dan diskusi yang memungkinkan peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan tersebut membuat suasana kelas menjadi menyenangkan sehingga materi ajar dapat dipahami dengan lebih menyeluruh.

Peserta didik menjadi semangat dan termotivasi dalam pembelajaran
Peserta didik menjadi semangat dan termotivasi dalam pembelajaran (Sumber: Canva)

3. Fleksibel dan Mudah digunakan

Kahoot! sangat fleksibel dan mudah digunakan, baik oleh tenaga pendidik atau peserta didik. Selain itu, tenaga pendidik dapat dengan mudah membuat pertanyaan-pertanyaan kuis atau diskusi, sementara peserta didik dapat menjawab pertanyaan dengan menggunakan perangkat seluler atau komputer mereka.

Tantangan Penerapan Kahoot! dalam Pembelajaran

Ada banyak faktor yang harus dihadapi saat menggunakan aplikasi Kahoot! Faktor-faktor tersebut pada umumnya berkaitan erat dengan permasalahan di era digitalisasi seperti sinyal, aksesbilitas, dan fasiltas. Berikut merupakan uraian dari tantangan-tantangan tersebut. 

1. Membutuhkan Perangkat Seluler dan Komputer

Setiap peserta didik harus memiliki perangkat seluler atau komputer yang terhubung ke internet untuk dapat mengakses Kahoot!. Jika tidak semua peserta didik memiliki perangkat tersebut, maka ada kemungkinan ada peserta didik yang tidak dapat terlibat dalam pembelajaran dengan Kahoot!.

2. Membutuhkan Akses Internet yang Stabil

Kahoot! memerlukan akses internet untuk dapat digunakan sehingga mungkin tidak dapat digunakan di tempat-tempat atau situasi di mana koneksi internet tidak tersedia. Hal tersebut menjadi tantangan karena apabila ada peserta didik yang mengalami gangguan internet maka mereka akan ketinggalan dalam proses memilih jawaban soal. 

Internet menjadi faktor terpenting dalam pembelajaran digital
Internet menjadi faktor terpenting dalam pembelajaran digital (Sumber: Canva)

3. Tidak semua Materi Pembelajaran dapat Menggunakan Kahoot!

Kahoot! lebih cocok untuk materi yang bersifat kuis atau diskusi sehingga untuk materi pembelajaran yang membutuhkan dasar teori menjadi tidak dapat tersampaikan.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan perihal permainan kuis edukasi menggunakan Kahoot! Kami berharap Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut sehingga suasana kelas menjadi lebih kreatif dan inovatif. Semangat terus untuk seluruh guru di Indonesia, maju terus pendidikan bangsa!

 

Owh ya! salah satu langkah yang dapat Bapak/Ibu lakukan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam pembelajaran adalah dengan menjadi Member Premium Guru Inovatif. Selain harganya yang sangat bersahabat, fitur-fitur dan event yang ditawarkan juga relevan dengan kebutuhan Bapak/Ibu dalam pembelajaran. Oleh karena itu, jangan ragu, jangan segan, klik Link Pendaftaran sekarang juga! Selamat belajar bersama-sama!


Penulis: Yandi Chidlir

Editor: Putra

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

1

0

Komentar (1)

admin (Reezky)

Jan 09, 2023

mantap

Related Post

7 KEBIASAAN MENJADI GURU MERDEKA BELAJAR YANG INOVATIF

Syarif Faisal

Jul 31, 2022
4 min
10 Tips Mengurangi Beban Kerja Guru

Redaksi Guru Inovatif

Sep 14, 2022
6 min
UIAO, Pembelajar Abad 21

Yuniastari Inanahayu, S.Pd., Gr.

Jul 25, 2022
3 min
Menjadi guru yang terus belajar dan berinovasi

Lusitania Margretha, S. Pd

Jul 15, 2022
2 min
Kurikulum Merdeka vs Kurikulum 2013, Mana yang Lebih Baik?

Redaksi Guru Inovatif

Oct 12, 2022
2 min
Kupas Singkat Mengenai Kurikulum Merdeka

Redaksi Guru Inovatif

Jul 27, 2022
4 min

GuruInovatif.id adalah Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru. Bangun keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikat.


Copyright © 2022. GuruInovatif.id. All rights reserved. Guru Inovatif untuk pendidikan Indonesia