Published 19 Des 2022

Dihadiri Tokoh Pendidikan Nasional, GuruInovatif.id Sukses Selenggarakan Konferensi Nasional 2022

Ribuan guru yang berasal dari berbagai pelosok Indonesia menghadiri Seminar Nasional GuruInovatif.id, Sabtu (17/12).

Berita

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
Bagikan

Ribuan guru yang berasal dari berbagai pelosok Indonesia menghadiri Seminar Nasional GuruInovatif.id, Sabtu (17/12).

Ketua Pelaksana Guru Inovatif Conference (GI Conference),Puntoadji Pamungkas, S.I.P., mengungkapkan ada sekitar lebih dari 20.000 guru yang tersebar di 30 provinsi di Indonesia mengikuti Seminar Nasional GuruInovatif.id melalui ruang virtual Zoom dan live streaming YouTube.

Bertemakan "Tantangan dan Inovasi Pendidikan di Abad 21", Puntoadji menuturkan, seminar nasional ini merupakan bentuk dedikasi serta kontribusi GuruInovatif.id terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Tak hanya menyelenggarakan seminar nasional, di akhir sesi juga diadakan penganugerahan Sekolah Juara 2022, sebuah program pelatihan dari GuruInovatif.id yang ditujukan kepada Sekolah dan Guru.

Konferensi Nasional ini dibuka secara langsung oleh Dr. Zulfikar Alimuddin, B.Eng., M.M., selaku CEO GuruInovatif.Id & Direktur HAFECS.

Tidak hanya dihadiri ribuan guru dan mahasiswa, seminar nasional ini juga dihadiri oleh para tokoh pendidikan nasional, Dr. Muhammad Zain, S.Ag., M.Ag., selaku Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag RI, Irfana Steviano, S.Pd., M.Ed., seorang Pengembang Teknologi Pembelajaran Direktorat Pendidikan Dasar, serta Meira Sartika, S.Pd., M.Pd., selaku Praktisi dan Konsultan Pendidikan Anak.

Serangkaian kegiatan GI Conference 2022 diawali dengan penyampaian materi  “Inovasi dan Tantangan Dunia Pendidikan Guna Menyongsong Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin” oleh Dr. Muhammad Zain, S.Ag., M.Ag. Pada kesempatan tersebut, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag RI ini menyampaikan ide serta gagasannya tentang mengapa guru harus berinovasi di tengah era society 5.0 dengan digital mindset serta kemajuan teknologi informasi yang sejatinya mempermudah kehidupan manusia itu sendiri.

Penjelasan materi tersebut sejalan dengan paparan pembicara kedua yang disampaikan Dr. Zulfikar Alimuddin, B.Eng., M.M. (CEO GuruInovatif.Id & Direktur HAFECS). “Teknologi yang ada menghubungkan kita, kita tidak terhubung secara fisik, tapi esensi pengetahuannya tersampaikan antara saya dan Bapak/Ibu Guru di luar sana, human center itu maksudnya, manusia sebagai pelaku utama, tidak terhubung secara fisik, tapi terhubung secara alam pikir, metaverse.” papar Dr. Zulfikar Alimuddin, B.Eng., M.M.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag RI, Dr. Muhammad Zain, S.Ag., M.Ag juga menyampaikan apresiasinya terhadap GuruInovatif.id dan HAFECS yang terus membina dan membersamai dalam mencetak dan menciptakan guru-guru inovatif.

Pada kesempatan yang sama, Meira Sartika, S.Pd., M.Pd. juga turut menyampaikan materi “Guru Masa Depan Sang Juara”. “Guru Masa Depan, guru yang memiliki kemampuan intelektual, kemampuan emosional, serta spiritual dan juga memiliki keterampilan yang dapat menciptakan hasil pembelajaran yang optimal, memiliki kepekaan di dalam membaca tanda-tanda zaman yang selalu berubah, guru masa depan juga memiliki wawasan intelektual dan selalu berpikiran maju dan tidak pernah merasa cukup dengan ilmu yang telah dimiliki. Bila ketiga kecerdasan tersebut dapat kita miliki, maka kita akan dapat menjadi guru yang profesional.” jelas Meira Sartika, S.Pd., M.Pd.

Sementara itu, Pengembang Teknologi Pembelajaran Direktorat Pendidikan Dasar, Irfana Steviano, S.Pd., M.Ed menyampaikan mengenai kreativitas pendidik dalam mengembangkan metode pembelajaran dan media pembelajaran untuk meningkatkan pembelajaran.

GI Conference 2022 ini dituntun secara apik oleh Ikhsan Putra Budiman dan Grace Sharon Cantona selaku moderator acara. Setelah rangkaian acara GI Conference 2022 selesai, dilanjutkan dengan laporan ketua pelaksana Sekolah Juara 2022 oleh Sandyka Kurniawan, S.I.P., M.H.I. dan pengumuman pemenang Sekolah Juara 2022.

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!

---

Penulis: Dwita Nurcahyani

Editor: Putra

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Related Post

Peran Museum Dalam Dunia Pendidikan

Redaksi Guru Inovatif

Oct 10, 2022
4 min
Memperingati Hari Ibu, Momentum Reflektif dan Hangat bersama yang Terkasih

Redaksi Guru Inovatif

Dec 21, 2022
5 min
GuruInovatif.id Hadir dalam GESS Asia 2022

Redaksi Guru Inovatif

Sep 16, 2022
2 min
Upaya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia

Dwita Nurcahyani

Feb 15, 2022
3 min
Mendapat 1jt dengan Afiliasi GuruInovatif !

Redaksi Guru Inovatif

Mar 31, 2022
1 min
Webinar GuruInovatif.id Bersama Sekjen GTK Kemendikbud Sukses Dihadiri Ribuan Guru

Redaksi Guru Inovatif

Mar 31, 2022
1 min

GuruInovatif.id adalah Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru. Bangun keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikat.


Copyright © 2022. GuruInovatif.id. All rights reserved. Guru Inovatif untuk pendidikan Indonesia