In House Training

Pelatihan Literasi Numerasi untuk AKM

Training dengan topik sesuai dengan kebutuhan sekolah untuk menemukan strategi mengajar paling tepat bagi sekolah.

Tentang Program

In House Training atau pelatihan ekslusif dari Guru Inovatif adalah program pelatihan yang di khususkan untuk satu instansi atau lembaga baik untuk tingkat sekolah ataupun kelompok sekolah untuk dilatih bersama trainer berpengalaman dari Guru Inovatif sesuai kebutuhan masing-masing. Program ini langsung mendatangkan para trainer secara langsung ke lokasi pelatihan baik online ataupun offline. Waktu bisa diatur secara bebas dan mendapatkan berbagai fasilitas seperti LMS, sertifikat, dan berbagai fasilitas lainnya dengan biaya yang terjangkau

Siapa saja yang perlu memiliki pemahaman literasi dan numerasi?

Semua orang memerlukan pemahaman literasi dan numerasi dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan literasi dan numerasi merupakan dua kompetensi yang sangat penting untuk dikuasai oleh setiap individu agar dapat memahami dan mengejar ilmu pengetahuan yang lebih tinggi serta menjadi lebih produktif dan berdaya saing dalam lingkungan kerja.

Beberapa contoh profesi atau situasi di mana pemahaman literasi dan numerasi sangat penting:

  • Siswa dan pelajar yang ingin mengejar pendidikan yang lebih tinggi.
  • Pekerja yang bekerja dalam bidang yang mengharuskan mereka untuk membaca dan menulis laporan atau dokumen.
  • Pejabat yang harus membuat keputusan berdasarkan data atau informasi yang tersedia.
  • Individu yang ingin mengejar karir dalam bidang yang memerlukan kemampuan literasi dan numerasi tinggi, seperti bidang teknologi, keuangan, atau ilmu pengetahuan.

Secara umum, pemahaman literasi dan numerasi sangat penting bagi semua orang untuk mencapai kesuksesan dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari.

Rendahnya tingkat literasi dan numerasi Indonesia telah menjadi concern sejak lama. Menduduki peringkat 3 terbawah membuat kita semua sadar perlunya perubahan dalam pengajaran agar dapat meningkatkan literasi dan numerasi.

Apa yang dipelajari siswa dalam literasi dan numerasi?

Pelatihan literasi dan numerasi ditujukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan mengeja serta memahami makna dari teks yang dibaca (literasi), serta dalam memahami dan menggunakan angka serta operasi matematika (numerasi).

Dalam pelatihan literasi, siswa akan belajar untuk:

  • Meningkatkan kemampuan membaca, termasuk kemampuan dalam memahami teks yang dibaca dan mengeja kata-kata yang sulit.
  • Menyusun dan menulis teks yang baik dan efektif, termasuk mengeja kata-kata yang sulit dan menggunakan tata bahasa yang benar.
  • Memahami makna dari teks yang dibaca, termasuk mengenali unsur-unsur teks, mengeja kata-kata yang sulit, dan menentukan tema dan ide utama dari teks.

Sedangkan dalam pelatihan numerasi, siswa akan belajar untuk:

  • Memahami dan menggunakan angka, termasuk mengenali dan menuliskan angka, serta mengkonversi angka dari satu bentuk ke bentuk lain.
  • Mengenal dan menggunakan operasi matematika, termasuk penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
  • Memecahkan masalah matematika melalui pemecahan masalah yang logis dan tepat.

Pelatihan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menggunakan buku-buku teks, latihan-latihan, dan aktivitas-aktivitas yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam literasi dan numerasi.

Trainer

DANANG BAGUS YUDISTIRA, S.SI., M.SC.

Trainer

Yudhistira Abdi Atmanegara, S.Si., CT.

Trainer

TAUFIK HIDAYAT, S.SI.

Trainer

Kurikulum

Kurikulum pelatihan literasi dan numerasi bagi guru akan bervariasi tergantung pada tingkat pendidikan yang diajarkan dan tujuan dari pelatihan. Namun, beberapa elemen yang umumnya dapat ditemukan dalam kurikulum pelatihan ini meliputi:

  • Teori dasar literasi dan numerasi: Guru akan belajar tentang teori-teori yang mendasar dalam literasi dan numerasi, termasuk aspek-aspek yang penting dalam pembelajaran literasi dan numerasi, perkembangan literasi dan numerasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi dan numerasi siswa.
  • Metodologi pembelajaran literasi dan numerasi: Guru akan belajar tentang berbagai metode dan teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, termasuk pembelajaran yang berbasis masalah, pembelajaran yang berbasis proyek, dan pembelajaran yang berbasis kelas yang aktif.
  • Penggunaan sumber belajar: Guru akan belajar tentang berbagai sumber belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran literasi dan numerasi, termasuk buku teks, perangkat lunak pendidikan, dan sumber belajar daring.
  • Penilaian dan evaluasi: Guru akan belajar tentang berbagai metode penilaian dan evaluasi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kemampuan literasi dan numerasi siswa, termasuk penilaian yang berbasis kinerja, tes tertulis, dan observasi.

Syarat & Ketentuan

Syarat Ketentuan Umum Pelaksaan ELA

  1. Persetujuan dari pihak sekolah: In house training harus didukung oleh pihak sekolah dan mendapat persetujuan dari pihak yang berwenang seperti kepala sekolah atau pihak manajemen sekolah.
  2. Materi pelatihan : Materi pelatihan akan dibuatkan oleh tim Guru Inovatif dan didiskusikan dan disetujui terlebih dahulu sebelum melaksanakan program ELA bersama trainer terkait.
  3. Biaya pelatihan : Biaya pelatihan harus disepakati oleh pihak sekolah dan Guru Inovatif yang didasari dengan lama pelatihan, trainer, materi, fasilitas, dan beberapa aspek penting. Persetujuan antar kedua belah pihak akan disepakati setelah terjadinya downpayment.

Syarat Ketentuan Teknis Pelaksaan ELA

  1. Jumlah peserta: Jumlah peserta harus sesuai dengan kapasitas ruangan yang tersedia dan juga harus sesuai dengan jumlah peserta yang ditentukan oleh pihak sekolah.
  2. Waktu pelaksanaan: Waktu pelaksanaan harus sesuai dengan kesepatakan bersama dalam kontrak In House Training. pelatihan ELA juga disarankan untuk tidak mengganggu jadwal pembelajaran siswa
  3. Trainer : Trainer yang diberikan oleh Guru Inovatif harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan topik yang akan diajarkan dan harus memiliki pengalaman dalam pelatihan in-house.
  4. Evaluasi: Evaluasi harus dilakukan setelah pelatihan selesai untuk mengetahui sejauh mana hasil pelatihan diterapkan dan untuk mengevaluasi keberhasilan pelatihan dan diserahkan oleh Guru Inovatif kepada kepala sekolah guna memberikan saran kedapannya.

Syarat dan ketentuan lebih detail akan dijalaskan oleh konsultan guru inovatif pada saat konsultasi agar menciptakan keuntungan secara legal oleh dua belah pihak.

Guru Inovatif mendukung sekolah untuk melakukan pembayaran via Siplah

Topik IHT Lainnya

Sekolah Khalifah Indonesia

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

SDN Rawa Bunga 11

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

PT. GOLDEN BRILLIANT SANITARYWARE

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Komunitas Guru Literasi-Sumatera Barat

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Pertanyaan Umum

In-house training adalah pelatihan yang dilakukan di dalam sekolah atau instansi yang bersangkutan, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pendidikan para guru dan staf sekolah.

Untuk mendaftar untuk in-house training berasama Guru Inovatif, sekolah atau instansi harus konsultasi melalui formulir pendaftaran yang tersedia. setelah itu akan berhubungan dengan konsultan guru inovatif mengenai detail in-house training mulai dari topik, waktu, tempat, pembicara, hingga biaya investasi. bisa sekedar bertanya terlebih dahulu.

In-house training dengan guru inovatif bisa melalaui beberapa cara mulai dari online, offline, hybird, dan berkelanjutan. sangat bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari sekolah atau instansi Anda

Sekolah atau instansi yang ingin mengikuti in-house training harus menyediakan ruangan yang cukup dan fasilitas yang diperlukan untuk pelatihan, serta menunjuk sejumlah guru atau staf yang akan mengikuti pelatihan jika secara offline. Apabila online maka hanya perlu berkoordinasi terkait tata pelaksaan.

Jumlah minimal atau maksimal peserta yang diperlukan untuk in-house training tergantung pada jenis pelatihan yang akan diadakan dari setiap sekolah.

Kami memberikan Fasilitas spesial untuk sekolah yang mendakan in-house training bersama Guru Inovatif mulai dari Learning Management System (LMS), Sertifikat, Materi, Rekaman pelatihan, dan berbagai fasilitas yang bisa sekolah atau instansi inginkan ketika sedang melangsungkan konsultasi.

Sangat memungkinkan, Guru inovatif bisa melakukan in-house training dari beragam sekolah sekaligus atau kelompok sekolah yang tergabung dengan jaringan sekolah.

Segera konsultasikan kebutuhan Anda secara gratis!

Dapatkan konsultasi gratis dengan tim Guru Inovatif untuk mendapatkan solusi permasalahan sekolah dan lembaga pendidikan Anda.

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB