Pentingnya Kerja Sama Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan: Manfaat yang Tak Terbantahkan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 18 Sep 2023

Pentingnya Kerja Sama Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan: Manfaat yang Tak Terbantahkan

Optimalkan pendidikan anak Anda dengan kolaborasi positif guru dan orang tua. Temukan mengapa hubungan yang kuat ini penting dalam perkembangan murid.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
6428x
Bagikan

Dalam dunia pendidikan, hubungan antara guru dan orang tua murid memiliki peran kunci dalam membentuk pengalaman belajar yang sukses dan memberikan dampak positif pada perkembangan anak-anak. Membangun kolaborasi yang kuat antara kedua pihak ini adalah penting, tetapi sering kali ada faktor penghambat yang perlu diatasi. Mari kita telaah mengapa kerja sama ini penting dan mengidentifikasi kendala yang mungkin timbul.

Mengapa Harus Ada Hubungan antara Guru dan Orang Tua Murid?

Mungkin selama ini baik dari kita sebagai guru maupun orang tua terkadang menyepelekan hubungan ini. Padahal ada 3 alasan penting mengapa guru dan orang tua murid harus membangun hubungan komunikasi, antara lain:

1. Mendukung pertumbuhan murid

Kolaborasi antara guru dan orang tua memungkinkan pertukaran informasi yang lebih baik tentang perkembangan akademik dan perilaku siswa. Hal ini akan memungkinkan baik orang tua maupun guru menyesuaikaan proses pembelajaran yang lebih baik untuk murid dikelas.

2. Peningkatan motivasi

Ketika Anda sebagai orang tua terlibat dalam pendidikan anak-anak Anda, biasanya murid akan cenderung lebih termotivasi. Karena mereka akan merasakan bahwa pendidikan adalah usaha bersama antara rumah dan sekolah.

3. Mengatasi kesulitan dengan lebih baik

Dengan saling berbagi informasi dan wawasan, guru serta orang tua dapat lebih efektif mengatasi masalah atau kesulitan yang mungkin dihadapi murid. Hal ini tentu akan membantu dalam mencegah masalah yang memungkinkan dapat berkembang menjadi lebih serius.

Apakah Ada Faktor Penghambat antara Kolaborasi Guru dengan Orang Tua?

Tentu saja ada, oleh karena itu baik guru dan orang tua harus memahami faktor-faktor penghambat kolaborasi berikut ini

1. Keterbatasan waktu

Guru sering kali memiliki jadwal yang padat dengan tugas-tugas mengajar dan administratif. Sementara itu, orang tua juga sibuk dengan pekerjaan dan tanggung jawab keluarga. Keterbatasan waktu dapat menghambat komunikasi dan pertemuan.

2. Komunikasi yang tidak efektif

Terkadang, komunikasi antara guru dan orang tua dapat terhambat oleh kurangnya kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif. Ini dapat menciptakan hambatan dalam membangun kolaborasi yang positif antara guru dengan orang tua murid.

3. Perbedaan pendapat

Orang tua dan guru sangat mungkin memiliki pandangan yang berbeda mengenai pendidikan dan perkembangan anak. Hal ini dapat menyebabkan konflik dapat muncul jika perbedaan ini tidak dikomunikasikan dengan bijak.

4. Kurangnya keterlibatan orang tua

Beberapa orang tua mungkin kurang aktif dalam pendidikan anak-anak mereka karena berbagai alasan. Ini bisa menjadi hambatan dalam membangun kolaborasi yang positif.

Kolaborasi yang positif antara guru dan orang tua adalah kunci untuk menciptakan pengalaman pendidikan yang sukses bagi murid. Meskipun ada beberapa hambatan yang mungkin timbul, dengan komunikasi terbuka, pemahaman bersama, keterlibatan aktif, dan dukungan, kolaborasi yang positif dapat dibangun untuk kebaikan anak-anak dan perkembangan mereka di sekolah.

Sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah, bagaimana cara membangun hubungan antara guru dengan orangtua/wali murid?
Temukan jawabannya dalam Guru Inovatif Academy yang membahas mengenai cara membangun hubungan positif antara sekolah dengan wali murid.


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Bincang Gratis "Menumbuhkan Jiwa Seni pada Anak" Bersama Reda Gaudiamo.
1 min
Pentingnya Kecakapan Digital bagi Guru
3 min
Training Of Trainer "Introduction to Learning and Teaching Process, Mind Mapping and Session Design"
2 min
Menguasai Literasi Digital:Kunci Sukses dalam Membimbing Siswa di Era Digital
3 min
Mengoptimalkan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru
1 min
Webinar “Cakap Bahasa Inggris Menggunakan ELSA” Sebagai Penunjang Kualitas Pendidikan di Indonesia
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB