In House Training

Pelatihan Public Speaking

Training dengan topik sesuai dengan kebutuhan sekolah untuk menemukan strategi mengajar paling tepat bagi sekolah.

Konsultasikan sekarang

Tentang Program

In House Training atau pelatihan ekslusif dari Guru Inovatif adalah program pelatihan yang di khususkan untuk satu instansi atau lembaga baik untuk tingkat sekolah ataupun kelompok sekolah untuk dilatih bersama trainer berpengalaman dari Guru Inovatif sesuai kebutuhan masing-masing. Program ini langsung mendatangkan para trainer secara langsung ke lokasi pelatihan baik online ataupun offline. Waktu bisa diatur secara bebas dan mendapatkan berbagai fasilitas seperti LMS, sertifikat, dan berbagai fasilitas lainnya dengan biaya yang terjangkau. 

Kemampuan berbicara, menyampaikan sesuatu, dan terlihat meyakinkan adalah skill set yang wajib dimiliki oleh guru karena harus berhadapan dengan siswa setiap harinya. Namun bagaimana jika tiba-tiba berhadapan dengan audience lain? Mari asah skill public speaking untuk memperluas kesempatan dikancah nasional hingga internasional.

Apa pentingnya skil Public Speaking bagi Guru dan Tenaga Pendidik?

Kemampuan public speaking sangat penting bagi guru dan tenaga pendidik karena ini dapat membantu mereka untuk:

  1. Menyampaikan materi dengan jelas dan efektif: Kemampuan public speaking yang baik dapat membantu guru atau tenaga pendidik untuk menyampaikan materi dengan jelas dan efektif, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami dan mengaplikasikan apa yang telah dipelajari.
  2. Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan: Kemampuan public speaking yang baik dapat membantu guru atau tenaga pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menarik, sehingga siswa lebih bersemangat untuk belajar.
  3. Menjaga perhatian siswa: Kemampuan public speaking yang baik dapat membantu guru atau tenaga pendidik untuk menjaga perhatian siswa selama proses belajar, sehingga siswa dapat menyerap informasi dengan baik.
  4. Membangun kepercayaan diri: Kemampuan public speaking yang baik dapat membantu guru atau tenaga pendidik untuk membangun kepercayaan diri, sehingga mereka lebih percaya diri dalam menyampaikan materi dan mengelola kelas.
  5. Meningkatkan profesionalisme: Kemampuan public speaking yang baik dapat membantu guru atau tenaga pendidik untuk meningkatkan profesionalisme mereka, sehingga mereka diakui sebagai profesional yang kompeten dalam bidangnya.
  6. Menjalin komunikasi efektif: Kemampuan public speaking yang baik dapat membantu guru atau tenaga pendidik untuk menjalin komunikasi efektif dengan siswa, orang tua, atau rekan sejawat, sehingga dapat membantu dalam proses pembelajaran, pengembangan karir dan kolaborasi yang efektif.

Itu adalah beberapa alasan mengapa kemampuan public speaking sangat penting bagi guru dan tenaga pendidik. Namun, perlu diingat bahwa kemampuan public speaking bukan hanya sekedar sebagai keterampilan, tetapi juga sebagai kepercayaan diri yang dapat dikembangkan dari waktu ke waktu.

Trainer

Grace Sharon Cantona

Event Planner & Public Relation of guruinovatif and Professional Master of Ceremony

Kurikulum

Kurikulum pelatihan public speaking untuk guru terdiri dari beberapa komponen, diantaranya:

  • Dasar-dasar public speaking: guru akan diajarkan tentang cara menyampaikan presentasi yang efektif dan menarik, serta bagaimana mengatasi rasa gugup saat berbicara di depan umum.
  • Teknik-teknik presentasi: guru akan belajar tentang cara menyusun dan membuat slide presentasi yang efektif, serta teknik-teknik yang digunakan dalam presentasi, seperti storytelling, persuasi, dan lain-lain.
  • Praktik berbicara: guru akan diberikan kesempatan untuk berlatih berbicara di depan umum dan mendapatkan umpan balik dari para pelatih atau rekan sejawat.
  • Pembelajaran khusus: guru akan diajarkan tentang topik-topik khusus yang relevan dengan bidang yang mereka ajarkan, seperti teknologi pendidikan, kurikulum, dan lain-lain.
  • Evaluasi: guru akan di-evaluasi melalui ujian atau tes tertulis dan presentasi langsung untuk menentukan tingkat kemampuan public speaking mereka.

Syarat & Ketentuan

Syarat Ketentuan Umum Pelaksaan IHT

  1. Persetujuan dari pihak sekolah: In house training harus didukung oleh pihak sekolah dan mendapat persetujuan dari pihak yang berwenang seperti kepala sekolah atau pihak manajemen sekolah.
  2. Materi pelatihan : Materi pelatihan akan dibuatkan oleh tim Guru Inovatif dan didiskusikan dan disetujui terlebih dahulu sebelum melaksanakan program IHT bersama trainer terkait.
  3. Biaya pelatihan : Biaya pelatihan harus disepakati oleh pihak sekolah dan Guru Inovatif yang didasari dengan lama pelatihan, trainer, materi, fasilitas, dan beberapa aspek penting. Persetujuan antar kedua belah pihak akan disepakati setelah terjadinya downpayment.

Syarat Ketentuan Teknis Pelaksaan IHT

  1. Jumlah peserta: Jumlah peserta harus sesuai dengan kapasitas ruangan yang tersedia dan juga harus sesuai dengan jumlah peserta yang ditentukan oleh pihak sekolah.
  2. Waktu pelaksanaan: Waktu pelaksanaan harus sesuai dengan kesepatakan bersama dalam kontrak In House Training. pelatihan IHT juga disarankan untuk tidak mengganggu jadwal pembelajaran siswa
  3. Trainer : Trainer yang diberikan oleh Guru Inovatif harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan topik yang akan diajarkan dan harus memiliki pengalaman dalam pelatihan in-house.
  4. Evaluasi: Evaluasi harus dilakukan setelah pelatihan selesai untuk mengetahui sejauh mana hasil pelatihan diterapkan dan untuk mengevaluasi keberhasilan pelatihan dan diserahkan oleh Guru Inovatif kepada kepala sekolah guna memberikan saran kedapannya.

Syarat dan ketentuan lebih detail akan dijalaskan oleh konsultan guru inovatif pada saat konsultasi agar menciptakan keuntungan secara legal oleh dua belah pihak.

Pertanyaan Umum

In-house training adalah pelatihan yang dilakukan di dalam sekolah atau instansi yang bersangkutan, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pendidikan para guru dan staf sekolah.

Untuk mendaftar untuk in-house training berasama Guru Inovatif, sekolah atau instansi harus konsultasi melalui formulir pendaftaran yang tersedia. setelah itu akan berhubungan dengan konsultan guru inovatif mengenai detail in-house training mulai dari topik, waktu, tempat, pembicara, hingga biaya investasi. bisa sekedar bertanya terlebih dahulu.

In-house training dengan guru inovatif bisa melalaui beberapa cara mulai dari online, offline, hybird, dan berkelanjutan. sangat bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari sekolah atau instansi Anda

Sekolah atau instansi yang ingin mengikuti in-house training harus menyediakan ruangan yang cukup dan fasilitas yang diperlukan untuk pelatihan, serta menunjuk sejumlah guru atau staf yang akan mengikuti pelatihan jika secara offline. Apabila online maka hanya perlu berkoordinasi terkait tata pelaksaan.

Jumlah minimal atau maksimal peserta yang diperlukan untuk in-house training tergantung pada jenis pelatihan yang akan diadakan dari setiap sekolah.

Kami memberikan Fasilitas spesial untuk sekolah yang mendakan in-house training bersama Guru Inovatif mulai dari Learning Management System (LMS), Sertifikat, Materi, Rekaman pelatihan, dan berbagai fasilitas yang bisa sekolah atau instansi inginkan ketika sedang melangsungkan konsultasi.

Sangat memungkinkan, Guru inovatif bisa melakukan in-house training dari beragam sekolah sekaligus atau kelompok sekolah yang tergabung dengan jaringan sekolah.

Topik IHT Lainnya

Pelatihan Project Based Learning (PjBL)

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Pedagogical Content Knowledge (PCK)

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Teaching Scenario: Kupas Tuntas RPP 1 Lembar

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Pelatihan Literasi Numerasi untuk AKM

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Ayo konsultasi gratis dengan tim Guru Inovatif dan dapatkan solusi pelatihan untuk sekolah Anda !

Konsultasi Sekarang Gratis!

GuruInovatif.id adalah Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru. Bangun keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikat.


Copyright © 2022. GuruInovatif.id. All rights reserved. Guru Inovatif untuk pendidikan Indonesia