In House Training

Pelatihan Project Based Learning (PjBL)

Training dengan topik sesuai dengan kebutuhan sekolah untuk menemukan strategi mengajar paling tepat bagi sekolah.

Konsultasikan sekarang

Tentang Program

In House Training atau pelatihan ekslusif dari Guru Inovatif adalah program pelatihan yang di khususkan untuk satu instansi atau lembaga baik untuk tingkat sekolah ataupun kelompok sekolah untuk dilatih bersama trainer berpengalaman dari Guru Inovatif sesuai kebutuhan masing-masing. Program ini langsung mendatangkan para trainer secara langsung ke lokasi pelatihan baik online ataupun offline. Waktu bisa diatur secara bebas dan mendapatkan berbagai fasilitas seperti LMS, sertifikat, dan berbagai fasilitas lainnya dengan biaya yang terjangkau.

 

Mengapa guru harus mengajar menggunakan Project Based Learning?

Guru harus mengajar menggunakan project based learning (PjBL) karena beberapa alasan:

  1. Meningkatkan minat dan motivasi siswa: PjBL menempatkan siswa dalam situasi yang menantang dan menyenangkan, di mana mereka dapat belajar dengan mengerjakan proyek yang relevan dengan dunia nyata. Hal ini dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar mereka.
  2. Mengembangkan keterampilan praktis: PjBL memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dengan melakukan, sehingga mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dalam situasi yang sesungguhnya. Hal ini dapat meningkatkan keterampilan praktis siswa seperti keterampilan kerja tim, keterampilan komunikasi, dan keterampilan problem-solving.
  3. Mengembangkan keterampilan literasi dan numerasi: PjBL menyediakan kesempatan bagi siswa untuk belajar dengan mengaplikasikan keterampilan literasi dan numerasi dalam situasi yang relevan dengan dunia nyata. Hal ini dapat meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa, seperti keterampilan membaca, menulis, dan berhitung.
  4. Mengembangkan kompetensi 21st century: PjBL dapat membantu siswa mengembangkan kompetensi 21st century seperti kreativitas, kolaborasi, komunikasi, dan kritikal thinking.
  5. Memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran: PjBL memberikan fleksibilitas bagi guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan siswa dan mengevaluasi hasil belajar dengan menggunakan metode yang lebih baik dari metode tradisional.
  6. Membuat siswa lebih siap untuk dunia kerja: PjBL memberikan siswa kesempatan untuk belajar dengan mengaplikasikan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja. Hal ini dapat membuat siswa lebih siap untuk menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan.

Bagaimana Project Based Learning yang baik bagi siswa?

Project based learning (PjBL) adalah metode pembelajaran yang menempatkan siswa dalam situasi yang menantang dan menyenangkan, di mana mereka dapat belajar dengan mengerjakan proyek yang relevan dengan dunia nyata. Ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa, serta meningkatkan minat dan motivasi mereka dalam belajar.

Untuk memastikan PjBL yang baik bagi siswa, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Relevansi proyek: Proyek yang digunakan dalam PjBL harus relevan dengan dunia nyata dan membuat siswa merasa bahwa apa yang mereka pelajari memiliki dampak yang nyata. Ini dapat dilakukan dengan menyediakan proyek yang menjawab pertanyaan yang siswa ingin jawab atau memecahkan masalah yang siswa inginkan.
  2. Kemampuan siswa: Proyek harus dirancang untuk menantang siswa sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. Ini dapat dilakukan dengan memberikan pilihan tingkat kesulitan yang berbeda atau dengan memberikan dukungan tambahan bagi siswa yang memerlukan.
  3. Kerja tim: PjBL harus dirancang untuk meningkatkan kerja tim siswa dan memberikan mereka kesempatan untuk belajar dari teman sekelas mereka. Ini dapat dilakukan dengan memberikan tugas yang dapat dilakukan oleh kelompok atau dengan memberikan dukungan tambahan untuk kerja tim.
  4. Penilaian: Penilaian harus dirancang untuk mengevaluasi keterampilan siswa dalam menyelesaikan proyek, bukan hanya hasil akhir proyek itu sendiri. Ini dapat dilakukan dengan memberikan penilaian yang berbasis kinerja atau dengan memberikan dukungan tambahan untuk penilaian.
  5. Refleksi: Siswa harus diberi kesempatan untuk merenungkan dan meresapi apa yang telah mereka pelajari selama proyek. Ini dapat dilakukan dengan memberikan tugas yang meminta siswa untuk merenungkan proses pembelajaran mereka atau dengan memberikan dukungan tambahan untuk refleksi.

Dengan mengikuti kriteria-kriteria ini, PjBL dapat menjadi metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa, serta meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi mereka. 

Konsulitasi kebutuhan sekolah Anda sekarang juga dengan konsultan Guru Inovatif sekarang juga!

Trainer

Ubaidillah, S.Pd.

Trainer

Danang Bagus Yudistira, S.Si., M.Sc.

Trainer

Yudhistira Abdi Atmanegara, S.Si., CT.

Trainer

Kurikulum

Kurikulum pelatihan PjBL bagi guru akan mencakup beberapa hal berikut:

  1. Pengenalan dan filosofi PjBL: Guru akan belajar tentang apa itu PjBL bagaimana PjBL dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
  2. Desain proyek PjBL: Guru akan belajar bagaimana menyusun proyek PjBL yang berkualitas, termasuk menentukan tujuan, mengembangkan kriteria keberhasilan, dan menyusun rubrik evaluasi.
  3. Implementasi PjBL: Guru akan belajar bagaimana mengimplementasikan proyek PjBL dalam kelas, termasuk mengelola waktu dan sumber daya, mengelola kerja tim, dan mengevaluasi hasil belajar siswa.
  4. Pembelajaran berbasis proyek: Guru akan belajar tentang teknik dan metode pembelajaran yang digunakan dalam PjBL, seperti pembelajaran kolaboratif, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran berbasis produk.
  5. Teknik evaluasi: Guru akan belajar tentang teknik evaluasi yang digunakan dalam PjBL, seperti evaluasi proses dan evaluasi produk.
  6. Penggunaan teknologi: Guru akan belajar tentang bagaimana menggunakan teknologi untuk mendukung PjBL, seperti penggunaan aplikasi dan perangkat keras yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Syarat & Ketentuan

Syarat Ketentuan Umum Pelaksaan IHT

  1. Persetujuan dari pihak sekolah: In house training harus didukung oleh pihak sekolah dan mendapat persetujuan dari pihak yang berwenang seperti kepala sekolah atau pihak manajemen sekolah.
  2. Materi pelatihan : Materi pelatihan akan dibuatkan oleh tim Guru Inovatif dan didiskusikan dan disetujui terlebih dahulu sebelum melaksanakan program IHT bersama trainer terkait.
  3. Biaya pelatihan : Biaya pelatihan harus disepakati oleh pihak sekolah dan Guru Inovatif yang didasari dengan lama pelatihan, trainer, materi, fasilitas, dan beberapa aspek penting. Persetujuan antar kedua belah pihak akan disepakati setelah terjadinya downpayment.

Syarat Ketentuan Teknis Pelaksaan IHT

  1. Jumlah peserta: Jumlah peserta harus sesuai dengan kapasitas ruangan yang tersedia dan juga harus sesuai dengan jumlah peserta yang ditentukan oleh pihak sekolah.
  2. Waktu pelaksanaan: Waktu pelaksanaan harus sesuai dengan kesepatakan bersama dalam kontrak In House Training. pelatihan IHT juga disarankan untuk tidak mengganggu jadwal pembelajaran siswa
  3. Trainer : Trainer yang diberikan oleh Guru Inovatif harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan topik yang akan diajarkan dan harus memiliki pengalaman dalam pelatihan in-house.
  4. Evaluasi: Evaluasi harus dilakukan setelah pelatihan selesai untuk mengetahui sejauh mana hasil pelatihan diterapkan dan untuk mengevaluasi keberhasilan pelatihan dan diserahkan oleh Guru Inovatif kepada kepala sekolah guna memberikan saran kedapannya.

Syarat dan ketentuan lebih detail akan dijalaskan oleh konsultan guru inovatif pada saat konsultasi agar menciptakan keuntungan secara legal oleh dua belah pihak.

Pertanyaan Umum

In-house training adalah pelatihan yang dilakukan di dalam sekolah atau instansi yang bersangkutan, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pendidikan para guru dan staf sekolah.

Untuk mendaftar untuk in-house training berasama Guru Inovatif, sekolah atau instansi harus konsultasi melalui formulir pendaftaran yang tersedia. setelah itu akan berhubungan dengan konsultan guru inovatif mengenai detail in-house training mulai dari topik, waktu, tempat, pembicara, hingga biaya investasi. bisa sekedar bertanya terlebih dahulu.

In-house training dengan guru inovatif bisa melalaui beberapa cara mulai dari online, offline, hybird, dan berkelanjutan. sangat bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari sekolah atau instansi Anda

Sekolah atau instansi yang ingin mengikuti in-house training harus menyediakan ruangan yang cukup dan fasilitas yang diperlukan untuk pelatihan, serta menunjuk sejumlah guru atau staf yang akan mengikuti pelatihan jika secara offline. Apabila online maka hanya perlu berkoordinasi terkait tata pelaksaan.

Jumlah minimal atau maksimal peserta yang diperlukan untuk in-house training tergantung pada jenis pelatihan yang akan diadakan dari setiap sekolah.

Kami memberikan Fasilitas spesial untuk sekolah yang mendakan in-house training bersama Guru Inovatif mulai dari Learning Management System (LMS), Sertifikat, Materi, Rekaman pelatihan, dan berbagai fasilitas yang bisa sekolah atau instansi inginkan ketika sedang melangsungkan konsultasi.

Sangat memungkinkan, Guru inovatif bisa melakukan in-house training dari beragam sekolah sekaligus atau kelompok sekolah yang tergabung dengan jaringan sekolah.

Topik IHT Lainnya

Pelatihan Literasi Numerasi untuk AKM

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Pelatihan Digital Marketing untuk Sekolah

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Pelatihan Public Speaking

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Teaching Scenario: Kupas Tuntas RPP 1 Lembar

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Segera konsultasikan kebutuhan Anda secara gratis!

Dapatkan konsultasi gratis dengan tim Guru Inovatif untuk mendapatkan solusi permasalahan sekolah Anda.

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

GuruInovatif.id adalah Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru. Bangun keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikat.


Copyright © 2022. GuruInovatif.id. All rights reserved. Guru Inovatif untuk pendidikan Indonesia