In House Training

Pedagogical Content Knowledge (PCK)

Training dengan topik sesuai dengan kebutuhan sekolah untuk menemukan strategi mengajar paling tepat bagi sekolah.

Konsultasikan sekarang

Tentang Program

Pelatihan eksklusif untuk sekolah dengan tema Pedagogical Content Knowledge (PCK) yang bertujuan untuk membantu guru merancang pengajaran yang efektif. Dipandu oleh trainer berpengalaman dari Guru Inovatif dan tentunya dengan waktu pelaksanaan yang dapat disesuaikan. Pengajaran efektif bukan berarti materi selesai dengan cepat atau mengajarkan selalu dengan peragaan yang rumit sehingga membuat guru kewalahan. Pengajaran efektif adalah pengajaran yang membuat siswa paham dan tercapai tujuan pembelajarannya. Tentu saja hal ini akan dipengaruhi oleh karakteristik siswa masing-masing.

 

Bagaimana cara untuk mengajar secara efektif?

Untuk mengajar dengan efektif, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:

  1. Menyediakan materi yang sesuai dengan tingkat kognitif siswa.
  2. Menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menyenangkan dan menarik, seperti diskusi kelompok, permainan, dan proyek.
  3. Menyediakan umpan balik yang konstruktif dan membantu siswa untuk mengevaluasi hasil belajar mereka.
  4. Menciptakan suasana kelas yang positif dan menyenangkan.
  5. Membuat komunikasi yang efektif dengan siswa dan orang tua.
  6. Mengembangkan keterampilan siswa dan memberikan mereka kesempatan untuk mengeksplorasi minat mereka.
  7. Membuat koneksi antara materi yang diajarkan dengan dunia nyata.
  8. Menyediakan bimbingan dan dukungan untuk siswa yang memerlukan bantuan tambahan.

 

Apa manfaat bagi siswa jika guru mengajar dengan menarik?

Ada beberapa manfaat bagi siswa jika pengajaran dibawakan dengan cara yang menarik:

  1. Siswa lebih tertarik dan ingin untuk belajar.
  2. Siswa lebih cepat memahami dan mengingat materi yang diajarkan.
  3. Siswa lebih aktif dan berpartisipasi dalam kelas.
  4. Siswa lebih mampu untuk mengaplikasikan materi yang dipelajarinya dalam situasi sehari-hari.
  5. Siswa lebih percaya diri dan memiliki motivasi yang lebih tinggi untuk belajar.
  6. Siswa lebih mampu untuk mengeksplorasi minat dan kemampuan mereka.
  7. Siswa lebih memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi.
  8. Siswa lebih mampu untuk menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan belajar.

Mari cari tahu bagaimana cara membuat pengajaran yang efektif agar menjadi guru juara!

Trainer

UBAIDILLAH, S.PD.

-

DANANG BAGUS YUDISTHIRA

-

Yudhistira Abdi Atmanegara, S.Si., CT.

Trainer

Kurikulum

  • Pemahaman materi: Sebagai guru tentu harus paham materi, tapi akan lebih baik jika materi-materi yang diajarkan dapat dikaitkan dengan materi dari mapel lain agar siswa dapat memahami koneksi antar ilmu pengetahuan.
  • Pemahaman konteks: Terkadang pemberian contoh, analogi, kasus, dapat tidak sesuai dengan materi bahkan pengalaman siswa sehingga siswa justru akan bertambah bingung.
  • Pemahaman siswa dan gaya belajar: Gaya belajar setiap orang tentu berbeda-beda. Oleh sebab itu guru harus dapat mengetahui bagaimana cara menyampaikan materi yang sesuai dengan karakter siswa masing-masing.
  • Pemahaman pedagogis: Pemilihan kata atau diksi dalam berbicara juga harus diperhatikan terutama seorang guru yang selalu menjalin komunikasi dengan siswa.
  • Pemahaman konten secara general: Penyampaian materi yang terlalu dalam maupun terlalu luas justru dapat membuang waktu, oleh sebab itu guru harus mampu mengatur pembelajaran secara menyeluruh.
  • Pemahaman kurikulum: Pengajaran pasti terkait dengan kurikulum. Sebagai guru, harus memahami seluk beluk kurikulum terutama kurikulum terbaru.
  • Pemahaman penilaian: Penilaian bukan sebatas ingin mengetahui nilai siswa, tetapi juga melatih siswa untuk berpikir dan menjadi bahan evaluasi guru dalam memilih metode pengajaran.

Syarat & Ketentuan

Syarat Ketentuan Umum Pelaksaan IHT

  1. Persetujuan dari pihak sekolah: In house training harus didukung oleh pihak sekolah dan mendapat persetujuan dari pihak yang berwenang seperti kepala sekolah atau pihak manajemen sekolah.
  2. Materi pelatihan : Materi pelatihan akan dibuatkan oleh tim Guru Inovatif dan didiskusikan dan disetujui terlebih dahulu sebelum melaksanakan program IHT bersama trainer terkait.
  3. Biaya pelatihan : Biaya pelatihan harus disepakati oleh pihak sekolah dan Guru Inovatif yang didasari dengan lama pelatihan, trainer, materi, fasilitas, dan beberapa aspek penting. Persetujuan antar kedua belah pihak akan disepakati setelah terjadinya downpayment.

Syarat Ketentuan Teknis Pelaksaan IHT

  1. Jumlah peserta: Jumlah peserta harus sesuai dengan kapasitas ruangan yang tersedia dan juga harus sesuai dengan jumlah peserta yang ditentukan oleh pihak sekolah.
  2. Waktu pelaksanaan: Waktu pelaksanaan harus sesuai dengan kesepatakan bersama dalam kontrak In House Training. pelatihan IHT juga disarankan untuk tidak mengganggu jadwal pembelajaran siswa
  3. Trainer : Trainer yang diberikan oleh Guru Inovatif harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan topik yang akan diajarkan dan harus memiliki pengalaman dalam pelatihan in-house.
  4. Evaluasi: Evaluasi harus dilakukan setelah pelatihan selesai untuk mengetahui sejauh mana hasil pelatihan diterapkan dan untuk mengevaluasi keberhasilan pelatihan dan diserahkan oleh Guru Inovatif kepada kepala sekolah guna memberikan saran kedapannya.

Syarat dan ketentuan lebih detail akan dijalaskan oleh konsultan guru inovatif pada saat konsultasi agar menciptakan keuntungan secara legal oleh dua belah pihak.

Konsultasikan Sekarang

Guru Inovatif mendukung sekolah untuk melakukan pembayaran via Siplah

Lihat Penawaran Menarik dari GuruInovatif

Topik IHT Lainnya

Teaching Scenario: Kupas Tuntas RPP 1 Lembar

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Pelatihan Project Based Learning (PjBL)

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Pelatihan Public Speaking

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Pelatihan Digital Marketing untuk Sekolah

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Pertanyaan Umum

In-house training adalah pelatihan yang dilakukan di dalam sekolah atau instansi yang bersangkutan, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pendidikan para guru dan staf sekolah.

Untuk mendaftar untuk in-house training berasama Guru Inovatif, sekolah atau instansi harus konsultasi melalui formulir pendaftaran yang tersedia. setelah itu akan berhubungan dengan konsultan guru inovatif mengenai detail in-house training mulai dari topik, waktu, tempat, pembicara, hingga biaya investasi. bisa sekedar bertanya terlebih dahulu.

In-house training dengan guru inovatif bisa melalaui beberapa cara mulai dari online, offline, hybird, dan berkelanjutan. sangat bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari sekolah atau instansi Anda

Sekolah atau instansi yang ingin mengikuti in-house training harus menyediakan ruangan yang cukup dan fasilitas yang diperlukan untuk pelatihan, serta menunjuk sejumlah guru atau staf yang akan mengikuti pelatihan jika secara offline. Apabila online maka hanya perlu berkoordinasi terkait tata pelaksaan.

Jumlah minimal atau maksimal peserta yang diperlukan untuk in-house training tergantung pada jenis pelatihan yang akan diadakan dari setiap sekolah.

Kami memberikan Fasilitas spesial untuk sekolah yang mendakan in-house training bersama Guru Inovatif mulai dari Learning Management System (LMS), Sertifikat, Materi, Rekaman pelatihan, dan berbagai fasilitas yang bisa sekolah atau instansi inginkan ketika sedang melangsungkan konsultasi.

Sangat memungkinkan, Guru inovatif bisa melakukan in-house training dari beragam sekolah sekaligus atau kelompok sekolah yang tergabung dengan jaringan sekolah.

Segera konsultasikan kebutuhan Anda secara gratis!

Dapatkan konsultasi gratis dengan tim Guru Inovatif untuk mendapatkan solusi permasalahan sekolah dan lembaga pendidikan Anda.

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB