In House Training

Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Training dengan topik sesuai dengan kebutuhan sekolah untuk menemukan strategi mengajar paling tepat bagi sekolah.

Konsultasikan sekarang

Tentang Program

In House Training atau pelatihan ekslusif dari Guru Inovatif adalah program pelatihan yang di khususkan untuk satu instansi atau lembaga baik untuk tingkat sekolah ataupun kelompok sekolah untuk dilatih bersama trainer berpengalaman dari Guru Inovatif sesuai kebutuhan masing-masing. Program ini langsung mendatangkan para trainer secara langsung ke lokasi pelatihan baik online ataupun offline. Waktu bisa diatur secara bebas dan mendapatkan berbagai fasilitas seperti LMS, sertifikat, dan berbagai fasilitas lainnya dengan biaya yang terjangkau. 

Istilah HOTS identik dengan soal-soal sulit yang memerlukan beberapa cara dan kemampuan analisis untuk dapat diselesaikan. Namun memberikan soal-soal sulit kepada siswa belum tentu akan mampu membuat kemampuan berpikir siswa meningkat. Bagaimana jika siswa mampu menjawab karena hafal dengan jawabannya? atau justru karena mencontek? Mari cari tahu cara untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa selama pembelajaran melalui pelatihan HOTS!

 

Apa pentingnya kemampuan berikir pada abad 21?

Kemampuan berpikir merupakan salah satu keterampilan yang penting di abad 21 karena memungkinkan seseorang untuk menyelesaikan masalah dengan efektif, beradaptasi dengan perubahan, dan membuat keputusan yang tepat. Kemampuan berpikir kritis dan analitis juga sangat penting dalam era digital saat ini, di mana informasi yang tersedia sangat banyak dan seringkali tidak valid. Kemampuan untuk memilah informasi yang bermanfaat dan mengevaluasinya dengan benar sangat penting untuk mengambil keputusan yang tepat dan mengambil tindakan yang efektif.

 

Mengapa siswa harus dilatih kemampuan berpikirnya?

Siswa harus dilatih untuk meningkatkan kemampuan berpikirnya karena ini akan membantu mereka dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi di sekolah dan di kemudian hari dalam hidup mereka. Kemampuan berpikir kritis dan analitis sangat penting dalam belajar dan memahami materi pelajaran, serta dalam mengevaluasi dan menafsirkan informasi yang diterima. Latihan kemampuan berpikir juga akan membantu siswa dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi, yang merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini. Selain itu, latihan kemampuan berpikir juga akan membantu siswa dalam mengembangkan kepercayaan diri dan kompetensi diri, yang merupakan faktor penting dalam pengembangan individu.

Trainer

Ubaidillah, S.Pd.

Trainer

Danang Bagus Yudistira, S.Si., M.Sc.

Trainer

Yudhistira Abdi Atmanegara, S.Si., CT.

Trainer

Kurikulum

  • pemahaman taksonomi anderson kratwhol: Taksonomi yang lebih kompleks daripada taksonomi Bloom dengan tambahan dimensi ilmu pengetahuan
  • Pemahaman dimensi ilmu pengetahuan: Otak manusia dalam memahami pengetahuan dapat dikategorikan menjadi 4 yaitu fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi.
  • Pemahaman dimensi kemampuan berpikir: Dimensi yang memetakan kemampuan berpikir manusia mulai dari yang paling ringan hingga yang paling berat, mulai dari mengingat hingga mencipta.
  • Pemahaman dalam membuat pertanyaan: Membuat pertanyaan yang telah disesuaikan dengan dimensi kemampuan berpikir dan dimensi pengetahuan sehingga dapat menjadi patokan dalam membuat tujuan pembelajaran.
  • Penerapan HOTS dalam pembelajaran: Walaupun sebuah pertanyaan terlihat sederhana, tetapi metode pengajaran yang dibawakan dapat mempengaruhi level dari pertanyaan sederhana tersebut. Pada akhirnya HOTS bukan fokus pada jawaban akhir, tetapi bagaimana cara siswa berpikir untuk mendapatkan jawaban.

Syarat & Ketentuan

Syarat Ketentuan Umum Pelaksaan IHT

  1. Persetujuan dari pihak sekolah: In house training harus didukung oleh pihak sekolah dan mendapat persetujuan dari pihak yang berwenang seperti kepala sekolah atau pihak manajemen sekolah.
  2. Materi pelatihan : Materi pelatihan akan dibuatkan oleh tim Guru Inovatif dan didiskusikan dan disetujui terlebih dahulu sebelum melaksanakan program IHT bersama trainer terkait.
  3. Biaya pelatihan : Biaya pelatihan harus disepakati oleh pihak sekolah dan Guru Inovatif yang didasari dengan lama pelatihan, trainer, materi, fasilitas, dan beberapa aspek penting. Persetujuan antar kedua belah pihak akan disepakati setelah terjadinya downpayment.

Syarat Ketentuan Teknis Pelaksaan IHT

  1. Jumlah peserta: Jumlah peserta harus sesuai dengan kapasitas ruangan yang tersedia dan juga harus sesuai dengan jumlah peserta yang ditentukan oleh pihak sekolah.
  2. Waktu pelaksanaan: Waktu pelaksanaan harus sesuai dengan kesepatakan bersama dalam kontrak In House Training. pelatihan IHT juga disarankan untuk tidak mengganggu jadwal pembelajaran siswa
  3. Trainer : Trainer yang diberikan oleh Guru Inovatif harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan topik yang akan diajarkan dan harus memiliki pengalaman dalam pelatihan in-house.
  4. Evaluasi: Evaluasi harus dilakukan setelah pelatihan selesai untuk mengetahui sejauh mana hasil pelatihan diterapkan dan untuk mengevaluasi keberhasilan pelatihan dan diserahkan oleh Guru Inovatif kepada kepala sekolah guna memberikan saran kedapannya.

Syarat dan ketentuan lebih detail akan dijalaskan oleh konsultan guru inovatif pada saat konsultasi agar menciptakan keuntungan secara legal oleh dua belah pihak.

Pertanyaan Umum

In-house training adalah pelatihan yang dilakukan di dalam sekolah atau instansi yang bersangkutan, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pendidikan para guru dan staf sekolah.

Untuk mendaftar untuk in-house training berasama Guru Inovatif, sekolah atau instansi harus konsultasi melalui formulir pendaftaran yang tersedia. setelah itu akan berhubungan dengan konsultan guru inovatif mengenai detail in-house training mulai dari topik, waktu, tempat, pembicara, hingga biaya investasi. bisa sekedar bertanya terlebih dahulu.

In-house training dengan guru inovatif bisa melalaui beberapa cara mulai dari online, offline, hybird, dan berkelanjutan. sangat bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dari sekolah atau instansi Anda

Sekolah atau instansi yang ingin mengikuti in-house training harus menyediakan ruangan yang cukup dan fasilitas yang diperlukan untuk pelatihan, serta menunjuk sejumlah guru atau staf yang akan mengikuti pelatihan jika secara offline. Apabila online maka hanya perlu berkoordinasi terkait tata pelaksaan.

Jumlah minimal atau maksimal peserta yang diperlukan untuk in-house training tergantung pada jenis pelatihan yang akan diadakan dari setiap sekolah.

Kami memberikan Fasilitas spesial untuk sekolah yang mendakan in-house training bersama Guru Inovatif mulai dari Learning Management System (LMS), Sertifikat, Materi, Rekaman pelatihan, dan berbagai fasilitas yang bisa sekolah atau instansi inginkan ketika sedang melangsungkan konsultasi.

Sangat memungkinkan, Guru inovatif bisa melakukan in-house training dari beragam sekolah sekaligus atau kelompok sekolah yang tergabung dengan jaringan sekolah.

Topik IHT Lainnya

Pelatihan Literasi Numerasi untuk AKM

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Teaching Scenario: Kupas Tuntas RPP 1 Lembar

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Pedagogical Content Knowledge (PCK)

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Pelatihan Public Speaking

Guru Inovatif

Lihat selengkapnya

Segera konsultasikan kebutuhan Anda secara gratis!

Dapatkan konsultasi gratis dengan tim Guru Inovatif untuk mendapatkan solusi permasalahan sekolah Anda.

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

GuruInovatif.id adalah Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru. Bangun keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikat.


Copyright © 2022. GuruInovatif.id. All rights reserved. Guru Inovatif untuk pendidikan Indonesia