Kursus
PCK Matematika
Pemateri
Kursus ini mempelajari bagaimana menerapkan 7 aspek PCK dalam mengajarkan sebuah mata pelajaran kepada siswa. Adapun ketujuh aspek dalam PCK adalah sebagai berikut:
(1) Content;
(2) Context;
(3) Knowledge of Learner and Learning;
(4) Pedagogy;
(5) Curriculum Knowledge;
(6) General Educational Context; dan
(7) Assessment Procedures, Goals, Outcomes, and Values.
PCK sebagai Metode Pengajaran Efektif (Bag.1)
PCK sebagai Metode Pengajaran Efektif (Bag.2)
PCK sebagai Metode Pengajaran Efektif (Bag.3)
PCK sebagai Metode Pengajaran Efektif (Bag.4)
Content - Mengembangkan Konten Pengajaran yang Tepat untuk Peserta Didik
Context - Pedagogical Content Knowledge untuk Menciptakan Pembelajaran Kontekstual
Knowledge of Learner and Learning - Mengenal Peserta Didik Melalui Knowledge of Learner and Learning
Pedagogy - Mengembangkan lnstruksi Operasional dalam Mengajar dengan Pengetahuan Pedagogi
General Educational Context - Penguatan Pengetahuan atas Konteks Umum Pendidikan
Assessment Procedure, Goal, Outcome, Value - Mendesain Rangkaian Assesment Pengajaran Efektif - Bag.1
Assessment Procedure, Goal, Outcome, Value - Mendesain Rangkaian Assesment Pengajaran Efektif - Bag.2
Curriculum Knowledge - Menyusun Prioritas Materi Ajar dengan Pengetahuan Kurikulum
Content - Mengembangkan Konten Pengajaran yang Tepat untuk Peserta Didik
Context - Pedagogical Content Knowledge untuk Menciptakan Pembelajaran Kontekstual
Knowledge of Learner and Learning - Mengenal Peserta Didik Melalui Knowledge of Learner and Learning
Pedagogy - Mengembangkan lnstruksi Operasional dalam Mengajar dengan Pengetahuan Pedagogi
Curriculum Knowledge - Menyusun Prioritas Materi Ajar dengan Pengetahuan Kurikulum
General Educational Context - Penguatan Pengetahuan atas Konteks Umum Pendidikan
Assessment Procedure, Goal, Outcome, Value - Mendesain Rangkaian Assesment Pengajaran Efektif - Bag.1
Assessment Procedure, Goal, Outcome, Value - Mendesain Rangkaian Assesment Pengajaran Efektif - Bag.2
Online course ini membahas bagaimana cara seorang guru mengajarkan topik pada mata pelajaran Matematika di sekolah menggunakan konsep PCK (Pedagogical Content Knowledge) yang dikembangkan oleh HAFECS. Konsep PCK ini dikembangkan untuk memudahkan bagaimana cara guru mengajar dan menumbuhkan semangat berinovasi dalam mengajar di kelas, agar dapat tercipta suasana belajar siswa yang menyenangkan dan tidak membosankan.