Webinar "Kepemimpinan dan Supervisi Pembelajaran sebagai Bentuk Akselerasi Kurikulum Merdeka" - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 03 Jan 2023

Webinar "Kepemimpinan dan Supervisi Pembelajaran sebagai Bentuk Akselerasi Kurikulum Merdeka"

Kepemimpinan yang efektif dapat membantu menciptakan suasana yang kondusif bagi supervisi pembelajaran, sehingga supervisi pembelajaran dapat memberikan dampak yang positif pada hasil belajar peserta didik.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
2053x
Bagikan

Kurikulum Merdeka merupakan sistem kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam pelaksanaannya ada dua istilah penting yang menjadi landasan dalam upaya pengelolaan terhadap sistem pendidikan, yaitu kepemimpinan dan supervisi pembelajaran. 

Istilah kepemimpinan mengacu pada  proses mengatur dan mengajak orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Sebagai upaya untuk menjadi kepemimpinan yang efektif, seorang pemimpin harus memiliki visi yang jelas tentang tujuan yang akan dicapai; serta memiliki kemampuan untuk mengelola sumber daya dengan efektif dan menciptakan suasana yang kondusif bagi semua orang untuk bekerja sama. Selain itu, seorang pemimpin yang baik harus memahami perkembangan peserta didik dan dapat memberikan dukungan yang tepat untuk membantu peserta didik mencapai potensi terbaiknya. 

Sedangkan istilah supervisi merupakan sebuah proses pengawasan dan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran untuk memastikan bahwa proses tersebut berjalan dengan efektif dan efisien. Supervisi pembelajaran merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan. Melalui analisis supervisi, Bapak/Ibu dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam kegiatan pembelajaran.

Oleh karena itu, kepemimpinan dan supervisi merupakan dua indikator penting yang dapat memberikan dampak besar dalam pendidikan di Indonesia. Kepemimpinan yang efektif dapat membantu menciptakan suasana yang kondusif bagi supervisi pembelajaran, sehingga supervisi pembelajaran dapat memberikan dampak yang positif pada hasil belajar peserta didik.

Wah! penting sekali ya pemahaman terhadap kepemimpinan dan supervisi dalam pembelajaran. Masih banyak informasi lain yang perlu Bapak/Ibu ketahui terhadap dua hal tersebut sebagai kesiapan dalam mewujudkan kurikulum merdeka. 

Bapak/Ibu tidak perlu khawatir perihal kedua hal tersebut, tim Guru Inovatif mengadakan Guru Inovatif Class (GIC) berjudul “Kepemimpinan dan Supervisi Pembelajaran sebagai Bentuk Akselerasi Kurikulum Merdeka” klik Link Pendaftaran.  Melalui kegiatan tersebut, Bapak/Ibu dapat berdiskusi, tukar pikiran, dan mempelajari hal-hal baru perihal hal-hal fundamental apa saja yang dapat menjadi penunjang terlaksananya kurikulum merdeka. 

Apa yang akan dipelajari dalam webinar ini

  • Peningkatan kemampuan dalam kepemimpinan
  • Supervisi sebagai pembinaan agar dapat mengetahui kekurangan dalam proses pembelajaran
  • Pentingnya kepemimpinan dan supervisi dalam proses akselerasi Kurikulum Merdeka

Siapa pemateri dalam webinar ini

Yulia Rachmawati, S.Pd.Si., M.Pd., seorang kepala sekolah SMP Muhammadiyah 3 Mlati Sleman sekaligus trainer di Hafecs. 

Bagaimana cara mendaftar webinar ini

  1. Mendaftarkan diri pada laman berikut  Link Pendaftaran
  2. Pilih login apabila sudah memiliki akun Guru Inovatif
  3. Apabila belum silahkan klik daftar dan isi formulir 
  4. Setelah mengisi formulir maka Anda resmi terdaftar
  5. Bergabung di grup Whatsapp setelah terdaftar

Apa yang akan Anda dapatkan dalam webinar ini  

  1. Sertifikat kehadiran
  2. Akses Zoom dan YouTube Live

Ayo, tunggu apalagi! Segera bergabung ke Guru Inovatif Class “Kepemimpinan dan Supervisi Pembelajaran sebagai Bentuk Akselerasi Kurikulum Merdeka”. Kami tunggu kehadirannya ya! selamat belajar bersama-sama. 

1

0

Komentar (1)

Nurcahaya,S.Pd

Jan 15, 2023

mana link sertifikatnya
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Media Pembelajaran Modern: Transformasi Pendidikan di Era Digital
2 min
Mengembangkan Identitas Digital: Peran Menulis dalam Karir Guru
2 min
Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045
14 min
Pilihan Tema In House Training bersama Guru Inovatif
1 min
GI Class #93 | Mapping Minat dan Bakat Siswa: Jembatan Anak Raih Kesuksesan
2 min
GI Academy #12 : Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB