Ubah Hidup dengan Habit Tracker: Strategi Efektif untuk Meraih Kesuksesan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Mar 2023

Ubah Hidup dengan Habit Tracker: Strategi Efektif untuk Meraih Kesuksesan

“Habit Tracker” adalah kegiatan pembiasaan dengan memantau dan memperbaiki rutinitas sehari-hari. Pemantauan tersebut bertujuan agar seorang individu dapat lebih produktif dalam menyusun berbagai target yang ingin dicapai.

Refleksi

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
2714x
Bagikan

Jadwal sekolah yang padat dan aktivitas yang monoton dapat membuat seorang tenaga pendidik burnoutSituasi tersebut tentu saja sangat mengkhawatirkan karena dapat mengganggu fokus dan mood selama pembelajaran. Suasana hati yang kurang baik berdampak pada penerimaan siswa dalam kelas. Oleh karena itu, penting bagi Bapak/Ibu untuk menjaga pikiran dan kebiasaan agar selalu stabil setiap harinya. 

Salah satu upaya yang dapat Bapak/Ibu lakukan adalah dengan mencatat dan memonitor rutinitas sehari-hari. Menelusuri kebiasaan apa saja yang Anda lakukan selama satu hari penuh dapat membantu Anda menyusun rencana dan target dengan lebih terperinci. Tahukah Bapak/Ibu kalau kebiasaan-kebiasaan tersebut dikenal dengan istilah “Habit Tracker”. Apa pengertiannya? dan apa saja manfaatnya dalam pembelajaran? Simak artikel di bawah ini ya!

Mengenal Habit Tracker 

Istilah “Habit Tracker” pertama kali muncul pada tahun 1915 oleh psikolog bernama B.F. Skinner. Dalam bukunya “The Behaviour of Organisms” (1938), Skinner mengatakan bahwa sebagai salah satu upaya membentuk kebiasaan yang positif ia menawarkan konsep operant conditioning, sebuah proses pembentukan perilaku melalui penghargaan dan hukuman. Melalui konsep tersebutlah seorang individu dapat lebih disiplin dan selektif dalam melakukan sesuatu. 

Ubah Hidup dengan Habit Tracker: Strategi Efektif untuk Meraih Kesuksesan
Habit Tracker bermanfaat dalam penyusunan target dan capaian yang Anda Inginkan (Sumber: Canva)

Berdasarkan penjelasan tersebut, pengertian “Habit Tracker” mengacu kepada sebuah kebiasaan memantau dan memperbaiki rutinitas sehari-hari. Pemantauan tersebut bertujuan agar seorang individu dapat lebih produktif dalam menyusun berbagai target yang ingin dicapai. 

Bagaimana Cara Membuat Habit Tracker

Habit Tracker menjadi alat yang sangat berguna untuk membantu Anda memantau dan menelusuri berbagai kebiasaan yang diinginkan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk dapat menyusun Habit Tracker dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat hal tersebut. 

1. Susunlah Tujuan dan Kebiasaan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pertama, Anda perlu menentukan tujuan dan kebiasaan yang ingin Anda dalam rutinitas sehari-hari. Kegiatan tersebut berkaitan dengan jadwal olahraga, makanan yang Anda konsumsi, membaca buku, dan menghindari segala kegiatan yang dapat menjadi distraksi untuk produktivitas Anda. Selain itu, pastikan juga Anda memiliki tolok ukur yang jelas perihal capaian yang Anda inginkan. 

2. Buatlah Format Habit Tracker dan Planner yang Detail

Setelah Anda memiliki rincian kegiatan yang jelas, langkah selanjutnya buatlah rincian kegiatan yang ingin dilakukan dalam skala harian maupun bulanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Format Habit Tracker dapat dalam bentuk grafik, kalender bulanan, dan buku catatan. Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi penunjang di Play Store. 

Ubah Hidup dengan Habit Tracker: Strategi Efektif untuk Meraih Kesuksesan
Buku catatan kegiatan merupakan salah satu bentuk format dalam Habit Tracker (Sumber: Canva)

3. Catatlah Berbagai Target yang Terlaksana dan Tidak Terlaksana

Memberikan apresiasi terhadap berbagai target dan capaian yang telah terlaksana dapat meningkatkan motivasi Anda. Namun, selain itu, menuliskan target yang tidak terlaksana dapat menjadi bahan evaluasi Anda dalam menyusun target-target selanjutnya. 

Tiga langkah di atas dapat membantu Anda mencapai berbagai target yang diinginkan. Namun, salah satu tantangan yang harus Anda hadapi adalah konsisten. Cobalah untuk selalu memiliki tekad yang kuat, hindarilah semangat di awal tetapi melemah pada saat pelaksanaan. 

Mengapa Anda Perlu Menelusuri Habit Tracker dalam Pendidikan?

Sebagai seorang tenaga pendidik, sangat penting bagi Anda untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Oleh karena itu, Bapak/Ibu perlu memiliki daftar kegiatan yang Anda lakukan dengan target capaian yang juga objektif. Berikut merupakan manfaat yang dapat Anda peroleh dari Habit Tracker. 

  1. Membentuk Kebiasaan Positif dalam Kehidupan Sehari-hari
    Dalam kehidupan sehari-hari, menyusun Habit Tracker sangat berguna untuk membiasakan rutinitas yang positif. Anda dapat memulai pagi dengan melakukan hal-hal kecil seperti berolahraga ringan atau membaca buku. Kegiatan tersebut dapat membantu Anda fokus dan siap memulai pembelajaran di kelas. 
     
  2. Meningkatkan Keterampilan dan Pencapaian
    Selain kebutuhan dalam pengajaran di dalam kelas, Anda juga dapat menyusun berbagai target dan capaian yang diinginkan dengan menyusun Habit Tracker. Berikanlah ruang sekitar 1—2 jam setelah bekerja untuk menonton video pembelajaran maupun menulis jurnal tertentu untuk diterbitkan. Memiliki kemampuan dan akreditasi yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup 
     
  3. Memantau Kemajuan Peserta Didik Secara Teratur 
    Penerapan Habit Tracker dapat membantu Anda memantau kemajuan siswa secara teratur. Hal tersebut juga dapat membantu Anda mengidentifikasi kelemahan dan potensi mereka dalam pembelajaran. Bapak/Ibu dapat menyusun rencana untuk membahas rencana mereka ke depannya. Rencana tersebut harus Anda susun dengan detail sehingga memiliki pengukuran dan indikator yang pasti. 
     
  4. Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi Kerja 
    Salah satu poin penting dari melakukan Habit Tracker adalah dapat mengetahui permasalahan yang ada dalam diri Bapak/Ibu sekalian. Apabila permasalahan tersebut dapat diketahui maka Anda mendapatkan cara baru untuk meningkatkan produktivitas Anda. Mengetahui perencanaan yang jelas itulah yang dapat meningkatkan efisiensi kerja. 
     
  5. Menghindarkan Diri dari Prokrastinasi
    Prokrastinasi adalah kebiasaan menunda-nunda yang dapat menghambat produktivitas Anda. Oleh karena itu, dengan mengetahui berbagai kegiatan yang jelas, Anda akan memiliki tujuan yang lebih terukur. 

Demikianlah beberapa informasi Habit Tracker yang dapat Anda lakukan. Kami selalu  berusaha yang terbaik memberikan bahan bacaan yang dapat meningkatkan produktivitas Bapak/Ibu dalam pembelajaran. Dengan mengetahui Habit Tracker yang baik Anda dapat lebih mudah menyusun berbagai rencana kegiatan secara berkelanjutan. Semangat untuk semua guru di Indonesia! Maju terus pendidikan bangsa!

Ayo bergabung dengan paket membership GuruInovatif.id sekarang! Ini adalah kesempatan terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan serta karir Anda sebagai tenaga pendidik. Dengan bergabung dalam paket membership kami, Anda akan mendapatkan akses ke konten premium yang tidak tersedia bagi pengunjung biasa. Anda juga akan mendapatkan diskon harga untuk produk dan layanan yang kami tawarkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan pelanggan prioritas dari tim kami. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Ayo bergabung dengan paket membership kami sekarang juga!


Penulis: Yandi Chidlir
Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Guru Muda dan Tua
Tapak Tilas Perjuangan Raden Dewi Sartika dalam Merdeka Belajar
4 min
Hari Kesehatan Mental Sedunia dan Hubungannya terhadap Tenaga Pengajar
5 min
Ingin Menghindari Sifat Menunda-nunda? Baca Tipsnya di Sini!

Luqmanul Hakim

Jun 17, 2023
3 min
Cara Parenting pada Anak yang Harus Dihindari Orang Tua
2 min
Literasi Tidak Sekadar Baca Tulis
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB