Teknik Pomodoro, Cara Efektif dan Efisien untuk Meningkatkan Produktivitas - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 24 Feb 2023

Teknik Pomodoro, Cara Efektif dan Efisien untuk Meningkatkan Produktivitas

Teknik pomodoro merupakan cara belajar dengan mengandalkan manajemen waktu dengan perancangan dan strategi tertentu agar dapat memberikan hasil yang maksimal dari segi produktivitas. Seorang individu dapat menyusun perencanaan menjadi beberapa interval waktu sesuai dengan keperluan dan target siswa.

Refleksi

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1568x
Bagikan

Cuaca yang terik, suara orang-orang mengobrol, dan aktivitas lainnya seringkali membuat peserta didik tidak fokus dalam pembelajaran. Apabila telah sampai pada fase jenuh maka mereka akan mengalihkan fokusnya ke hal lain yang dapat mengganggu fokus mereka seperti bermain game, menonton film, atau hanya scrolling sosial media. Gangguan yang dialami peserta didik tersebut dapat menghambat produktivitas mereka sehingga capaian pembelajaran menjadi tidak terpenuhi. 

Teknik Pomodoro, Cara Efektif dan Efisien untuk Meningkatkan Produktivitas
Seorang individu seringkali kesulitan untuk fokus dalam pembelajaran (Sumber: Canva)

Tahukah Bapak/Ibu bahwa dalam pembelajaran terdapat satu teknik yang dapat digunakan untuk membantu siswa tetap fokus saat belajar. Penerapan teknik tersebut dapat digunakan saat di kelas maupun di luar kelas. Teknik yang dapat meningkatkan produktivitas belajar siswa tersebut dikenal dengan teknik Pomodoro. 

Yuk sama-sama kita pelajari teknik tersebut dalam pembelajaran, simak penjelasan sampai akhir ya!

Sejarah Pomodoro dan Definisinya

Secara historis, teknik Pomodoro berasal dari bahasa Spanyol yang artinya tomat. Penemu teknik belajar tersebut adalah seorang mahasiswa italia yang bernama Francesco Cirillo pada akhir tahun 1980-an. Teknik belajar tersebut didasarkan pada kesulitan Cirillo untuk fokus selama pembelajaran. Oleh karena itu, ia mulai menginovasikan cara dan teknik terbaru dengan memanfaatkan bantuan alarm. Ia membagi waktu belajarnya ke dalam beberapa interval untuk menghindari kejenuhan dalam memahami materi ajar. 

Teknik Pomodoro, Cara Efektif dan Efisien untuk Meningkatkan Produktivitas
Teknik pomodoro dapat membantu siswa disiplin selama belajar (Sumber: Canva)

Saat mengembangkan teknik ini, Cirillo menggunakan timer dapur yang biasa digunakan untuk waktu memasak. Selanjutnya, ia membagi waktu belajarnya ke dalam beberapa interval dimana setiap interval dibagi selama 25 menit. Selama 25 menit itu berakhir ia melakukan istirahat beberapa menit untuk menenangkan pikirannya.

Berdasarkan uraian di atas, teknik pomodoro merupakan cara belajar dengan mengandalkan manajemen waktu dengan perancangan dan strategi tertentu agar dapat memberikan hasil yang maksimal dari segi produktivitas. Seorang individu dapat menyusun perencanaan menjadi beberapa interval waktu sesuai dengan keperluan dan target masing-masing. 

Lalu Apa saja sih manfaat penerapan teknik tersebut dalam pembelajaran?

Manfaat Pomodoro dalam Pembelajaran

Teknik Pomodoro dapat membawa banyak manfaat dalam pembelajaran. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari menerapkan teknik Pomodoro dalam pembelajaran:

1. Efisiensi dan efektivitas belajar

Penyusunan siklus kerja yang teratur dan konsisten dapat meningkatkan efisiensi dalam memahami materi ajar. Efisiensi tersebut linier dengan efektivitas sehingga peserta didik dapat sampai pada pemahaman tahap maksimal. Pemaksimalan pemahaman itulah yang berdampak pada capaian ajar yang baik. 

2. Melatih kedisiplinan dan fokus 

Salah satu permasalahan terbesar dalam belajar adalah gangguan dari gadget, televisi, dan distraksi lainnya. Oleh karena itu, seorang individu perlu tegas dalam menyusun durasi pembelajaran. Ketegasan tersebutlah yang dapat membentuk pribadi siswa yang disiplin sehingga dapat menyelesaikan semua target dengan maksimal. 

3. Membantu siswa untuk produktif

Produktivitas linier dengan kedisiplinan dan fokus. Dengan teknik pomodoro, dimana siswa membagi waktu belajarnya ke dalam beberapa interval selama 25 menit atau sesuai dengan perencanaan mereka maka mereka dapat terhindarkan dari kejenuhan dan kelelahan. Penghindaran terhadap dua hal tersebut dapat membantu siswa untuk selalu produktif dalam segala aktivitas. 

Teknik Pomodoro, Cara Efektif dan Efisien untuk Meningkatkan Produktivitas
Menyusun waktu pembelajaran dengan terencana dapat meningkatkan produktivitas (Sumber: Canva)

4. Mengurangi burnout dan stress

Target yang begitu banyak dan waktu yang sangat terbatas seringkali membuat siswa menjadi burnout. Oleh karena itu, ia perlu menyusun manajemen waktu yang baik sehingga satu per satu target dapat tercapai. Hal ini untuk menghindari siswa memaksakan diri dalam pembelajaran yang dapat membuat mereka stress selama belajar. 

5. Meningkatkan kualitas belajar 

Dengan bekerja dalam periode fokus yang singkat dan beristirahat secara teratur, maka kamu dapat mempertahankan tingkat energi dan fokus yang tinggi, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas belajar.

Dengan menerapkan teknik Pomodoro dalam pembelajaran, peserta didik dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi stres, dan meningkatkan efisiensi belajar. Teknik ini juga membantu mempertahankan tingkat fokus dan konsentrasi yang tinggi selama belajar, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas belajar. Kami berharap artikel ini dapat membantu Bapak/Ibu untuk mengajarkan peserta didik untuk selalu fokus dan mencapai target yang mereka inginkan dengan teknik pomodoro.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait teknik pomodoro dalam pembelajaran. Pada artikel berikutnya, kami akan membantu Anda mempelajari cara-cara dan komponen-komponen apa yang terdapat dalam teknik tersebut sehingga dapat membantu siswa lebih maksimal dalam pembelajaran. Jangan lupa selalu cek artikel-artikel pengetahuan lainnya dari GuruInovatif ya! 

Semangat untuk semua guru di Indonesia! Bersama, mari kita transformasikan pendidikan bangsa pada taraf yang lebih baik lagi! Salam Inovatif!

 

Ayo bergabung dengan paket membership GuruInovatif.id sekarang! Ini adalah kesempatan terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan serta karir Anda sebagai tenaga pendidik. Dengan bergabung dalam paket membership kami, Anda akan mendapatkan akses ke konten premium yang tidak tersedia bagi pengunjung biasa. Anda juga akan mendapatkan diskon harga untuk produk dan layanan yang kami tawarkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan pelanggan prioritas dari tim kami. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Ayo bergabung dengan paket membership kami sekarang juga!


Penulis: Yandi Chidlir
Editor: Putra

0

1

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Literasi Tidak Sekadar Baca Tulis
2 min
Mendidik dengan Cinta: Kunci Sukses dalam Pembentukan Karakter Anak

AFWAN YAZID

Sep 06, 2023
2 min
PERFORMA AJAR PRIMA DIHASILKAN DARI KESEHATAN MENTAL YANG TERJAGA

Bu Dhenok

Nov 15, 2023
5 min
5 Rekomendasi Film Indonesia sebagai Refleksi dalam Pembelajaran
6 min
Strategi Manajemen Stres Guru Menggunakan Metode Koping!
3 min
Guru dan Orang Tua harus Tahu! Lima Cara untuk Mengatasi Gadget pada Anak!
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB