Sekolah Juara: Inovasi, Inspirasi, dan Apresiasi pada Insan Pembangun Negeri - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 14 Jan 2023

Sekolah Juara: Inovasi, Inspirasi, dan Apresiasi pada Insan Pembangun Negeri

Sekolah juara merupakan program pelatihan untuk institusi pendidikan dan tenaga pendidik yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan literasi dalam pendidikan.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1426x
Bagikan

"Education is the most powerful weapon which you can use to change the world." - Nelson Mandela

Pendidikan merupakan landasan awal dari terciptanya anak bangsa yang berkualitas. Kualitas tersebut ditunjukkan melalui nilai-nilai luhur seperti moral yang baik, etika yang tinggi, pola pikir yang mapan, serta memiliki kesadaran akan kewajiban sosial dan tanggung jawab terhadap masyarakat. Pendidikan adalah tiket menuju masa depan, ia merupakan kekuatan terkuat yang dapat mengubah dunia. 

Salah satu upaya untuk selalu menjadikan pendidikan sebagai ruang dan gerbang utama pembentuk jiwa-jiwa bangsa adalah dengan melakukan transformasi dan inovasi. Hal tersebut sangatlah penting mengingat perkembangan teknologi telah menandai bahwa segala sektor kehidupan harus bergerak secara dinamis kepada arah yang terbarukan. Dalam tahap yang lebih kompleks, kata ‘terbarukan’ selalu mengingatkan kita pada hadirnya sistem pembelajaran Abad 21 yang berbasis pada teknologi dan digitalisasi. Oleh karena itu, sebagai penunjang dan penggerak terwujudnya transformasi dan inovasi di bidang pendidikan, GuruInovatif.id hadir di tengah keringnya kepedulian pada pendidikan bangsa.  

GuruInovatif.id merupakan platform online learning bersertifikat untuk guru. GuruInovatif.id menghadirkan berbagai pilihan program online baik kursus dan webinar bagi guru di seluruh Indonesia untuk mengasah kemampuan dalam pembelajaran guna tercapainya pendidikan yang berkualitas. GuruInovatif.id yakin bahwa salah satu langkah penting dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas tersebut adalah dengan mendorong transformasi pendidikan melalui peningkatan kompetensi pengajaran para tenaga pendidik secara terstruktur dan terukur. 

Salah satu perwujudan dari transformasi secara terstruktur dan terukur tersebut adalah dengan menggunakan Teaching Mastery Framework (TMF), sebuah kompetensi pembelajaran yang dikembangkan oleh HAFECS dan GuruInovatif.id. TMF merupakan kumpulan kompetensi pembelajaran yang berfungsi meningkatkan efektivitas tenaga pendidik saat mengajar. Efektivitas tersebut mengacu pada empat tolok ukur, yaitu afeksi, behaviour, engagement, dan cognition. Keempat tolok ukur tersebut berkaitan erat dengan bagaimana respons peserta didik selama pembelajaran. Respons yang ditunjukkan oleh peserta didik dapat menjadi bahan perencanaan dan evaluasi agar tercapainya mutu pendidikan yang maksimal.

Salah satu implementasi dari pengembangan dan pelaksanaan TMF tersebut adalah dengan melakukan kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan di seluruh Indonesia mulai dari tingkat TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTS, sampai pada strata  SMK/STM  dan SMA/MA. Sebagai bukti nyata dari kerja sama tersebut lahirlah program Sekolah Juara, sebuah inisiasi GuruInovatif.id untuk dapat selalu menjadi ruang terbaik bagi pendidikan bangsa. 

Sekolah Juara merupakan program pelatihan untuk institusi pendidikan dan tenaga pendidik yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan literasi dalam pendidikan. Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut, Sekolah Juara mengacu pada  kompetensi pembelajaran GuruInovatif.id yaitu Teaching Mastery FrameworkOleh karena itu, secara keseluruhan program Sekolah Juara mengacu pada tiga komponen penting TMF berupa Pedagogical Content Knowledge (PCK), Higher-Order Thinking Skills (HOTS), dan Teaching Grading (TG). Melalui Sekolah Juara, GuruInovatif.id berharap dapat menjadi ruang utama bagi terwujudnya transformasi pendidikan melalui pengembangan kompetensi guru di seluruh Indonesia. 

Sebagai bentuk apresiasi dan rasa bangga terhadap kepedulian seluruh sekolah di Indonesia dalam mendukung transformasi pendidikan, bersamaan dengan penyelenggaraan Konferensi Nasional GuruInovatif.id 2022, GuruInovatif.id melaksanakan penganugerahan Sekolah Juara 2022 untuk kategori Sekolah dan Guru terbaik. Sekolah Juara merupakan bentuk apresiasi kepada Sekolah dan Guru yang telah menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pendidikan bangsa. Melalui apresiasi ini, GuruInovatif.id berharap bahwa semua tenaga pendidik di Indonesia lebih bersemangat dan termotivasi untuk turut serta mewujudkan pendidikan bangsa yang berkualitas. Semangat untuk seluruh Guru di Indonesia, Jasamu abadi dalam sanubari. 

Salam Guru Inovatif.


Penulis: Yandi Chidlir

Editor: Dwita Nurcahya

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Mewujudkan Harmonisasi Pendidikan melalui Webinar Pembelajaran Kelas Inklusi
3 min
GI Academy #13 : Pelatihan Penyusunan Stimulus Soal Berbasis Literasi dan Numerasi
4 min
Webinar "Beasiswa Non-gelar Microcredential”
2 min
AKTUALISASI PENGAMALAN NILAI PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN DIGITAL PADA PLATFORM ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)
Webinar Gratis “KENAPA HARUS ASN?” bersama Imam Agi Pratama
1 min
Webinar “Memperkuat Literasi untuk Guru”
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB