Peran Museum Dalam Dunia Pendidikan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 10 Okt 2022

Peran Museum Dalam Dunia Pendidikan

Museum bukan hanya tempat untuk menyimpan barang peninggalan di masa lampau

Berita

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
2939x
Bagikan
Museum Pendidikan Indonesia (Sumber gambar: "Museum Pendidikan Indonesia" by Sabjan Badio is licensed under CC BY-SA 4.0.)

Museum bukan hanya tempat untuk menyimpan barang peninggalan di masa lampau

Apakah Bapak/Ibu guru setuju dengan pernyataan ini?

Barang-barang yang berada di museum itu tak hanya merupakan barang antik dan kuno, namun memiliki informasi yang sangat banyak mengenai peristiwa yang terjadi di masa lampau. 

Namun saat ini keberadaan museum seperti terkikis oleh perkembangan zaman. Karena informasi yang terdapat di dalam museum sekarang mudah dicari melalui dunia maya. Padahal informasi di dunia maya bisa mengandung info hoax. Akibatnya masyarakat bisa salah paham.

Menurut Peraturan Pemerintah RI No. 66 Tahun 2015, museum adalah lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, dan mengkomunikasikannya kepada masyarakat.

Fungsi Museum

Fungsi museum terbagi menjadi dua, yakni:

1. Sebagai tempat pelestarian

Museum sebagai tempat peletarian (Sumber gambar: "Indonesian Museum Traditional Dress" by Gunawan Kartapranata is licensed under CC BY-SA 3.0.)

Sebagai tempat pelestarian, museum perlu melakukan:

a. Penyimpanan, mengumpulkan benda yang sesuai kriteria, mencatat koleksi museum, sistem penomoran, dan menata koleksi.

b. Perawatan, meliputi pencegahan kerusakan koleksi museum

c. Pengamanan, menjaga koleksi dari gangguan atau kerusakan yang disebabkan oleh faktor alam dan ulah manusia.

2. Sebagai sumber informasi

Museum sebagai sumber informasi kehidupan di masa lampau (Sumber gambar: "Around the World, Bank Indonesia Museum" by Danumurthi Mahendra is licensed under CC BY 2.0.)

Museum perlu melakukan penelitian untuk mengembangkan kebudayaan nasional, ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, penyajian kepada masyarakat tetap memperhatikan aspek pelestarian dan pengamanannya. 

Sebagian besar museum akan menawarkan program ataupun kegiatan yang menjangkau orang dewasa, anak-anak, dan berbagai tingkat profesi lainnya. Program untuk umum itu terdiri dari perkuliahan atau pelatihan bersama staf pengajar, pakar di bidangnya, dengan memakai media film, musik, atau pertunjukkan tarian serta demonstrasi dengan teknologi. 

Jenis-jenis Museum

Berdasarkan benda yang dikoleksi, museum dibagi menjadi beberapa jenis, yakni:

1. Museum seni

Museum yang memiliki koleksi kesenian disebut juga galeri seni (Sumber gambar: Foto oleh form PxHere)

Lebih dikenal sebagai galeri seni. Di dalamnya terdapat ruang untuk pameran baik untuk seni visual berupa lukisan, ilustrasi, dan patung. Untuk koleksi lukisan dan dokumen yang lama biasanya disediakan ruang khusus, sehingga tidak dipajang di dinding.

2. Museum sejarah

Museum Fatahillah di Jakarta (Sumber gambar: "Museum Fatahilah" by Herusutimbul is licensed under CC BY-SA 4.0.)

Museum ini biasanya memberikan edukasi terhadap sejarah dan relevansinya terhadap masa lalu dan masa sekarang. Beberapa museum ini menyimpan aspek kuratorial tertentu dari sejarah lokal tertentu. Koleksi yang biasanya dimiliki museum ini meliputi dokumen, artefak, seni, dan benda arkeologi.

3. Museum maritim

Merupakan jenis museum yang menyimpan koleksi berupa kapal serta alat perjalanan di laut dan danau lainnya.

4. Museum sejarah alam

Salah satu koleksi museum sejarah alam berupa fosil Mammoth (Sumber gambar: Foto oleh form PxHere)

Jenis museum ini kebanyakan menampilkan alam dan budayanya. Umumnya edukasi yang diberikan mengenai hewan purbakala, sejarah kuno dan antropologi.

5. Museum sains

Museum jenis ini biasanya menampilkan seputar masalah ilmiah dan sejarahnya. Selain itu penyampaiannya sering menggunakan media visual, terutama untuk penemuan-penemuan yang kompleks. Terkadang museum ini juga mempresentasikan koleksi dalam bentuk visual tiga dimensi.

6. Museum open air

Kenampakan museum open air (Sumber gambar: "Hakone Open Air Museum Picasso" by Lasthib is licensed under CC BY-SA 4.0.)

Museum ini biasanya menampilkan koleksinya di daerah terbuka. Tujuannya agar menciptakan kembali bangunan dan suasana lanskap di masa lampau. 

Museum dalam dunia pendidikan

Dengan menjadi tempat atau wadah menyimpan kekayaan budaya, museum dapat menjadi sumber informasi dari kehidupan di masa lampau. Walaupun sampai saat ini belum ada satu pun museum yang memiliki hasil kebudayaan yang lengkap, namun dapat menggambarkan berbagai aspek kehidupan masyarakat saat itu.

Kita dapat mengetahui peristiwa dan prestasi yang dihasilkan di masa lampau untuk mengetahui fenomena-fenomena yang terjadi saat ini. Oleh karena itu, peninggalan yang menjadi koleksi suatu museum merupakan tongkat estafet yang menghubungkan masa kini dengan masa lampau. 

Selain itu, museum juga bisa menjadi sumber belajar dan inspirasi. Karena selain belajar menghargai prestasi di masa lampau, koleksi di museum juga bisa menjadi inspirasi untuk menghasilkan karya yang lebih baik dengan menyesuaikan pengetahuan dan teknologi di masa kini. Sebab dalam suatu karya, akan selalu tersimpan pengetahuan mengenai tata cara menghasilkan benda tersebut. Bahkan kita bisa mendapatkan informasi mengenai dedikasi dalam pengerjaannya, kesabaran, tingkat mutu yang dihasilkan, dan keterampilan dalam mengerjakannya.

Sebagai contoh sebuah kapak genggam yang merupakan peninggalan di zaman lampau, memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan kapak di masa kini, namun memiliki permukaan yang halus, mencerminkan ide, waktu pengerjaan serta dedikasi pembuat kapak genggam di masa lampau.

Benda-benda peninggalan di masa lampau merupakan bukti konkrit eksistensi dan prestasi di masa lampau. Walaupun ada pakar-pakar yang memiliki perbedaan pendapat mengenai keaslian suatu dokumen atau isi dokumen mengenai kehidupan di masa itu. 

Museum sebagai media pembentukan karakter

Bung Karno pernah berkata,

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri.

Tentu saja ini mempertegas keberadaan museum untuk memperkuat karakter bangsa. Museum bisa menjadi tempat membentuk karakter profil Pancasila bagi seluruh masyarakat. Dengan beraneka ragam budaya serta perjuangan di masing-masing daerah, kita mampu menghargai jasa para pahlawan dan memperluas wawasan kita mengenai kehidupan di masa lalu. Sehingga tidak ada lagi yang menganggap bahwa museum hanya sebagai tempat penyimpanan benda-benda di masa lalu.

Selamat Hari Museum Nasional !

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GuruInovatif Class Perdana Berjalan Lancar!
1 min
Literasi Sebagai Langkah Pemulihan Ekonomi
54 sec
Upaya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia

Dwita Nurcahyani

Feb 15, 2022
3 min
Memperingati Hari Ibu, Momentum Reflektif dan Hangat bersama yang Terkasih
5 min
Telah Dibuka Program Guru Penggerak, Simak Persyaratannya
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB