“Kurikulum Merdeka : Solusi Pendidikan untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045” - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 05 Mei 2023

“Kurikulum Merdeka : Solusi Pendidikan untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045”

“Kurikulum Merdeka : Solusi Pendidikan untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045”

Dunia Pendidikan

DEDE SUHENDY14

Kunjungi Profile
1590x
Bagikan

Kurikulum Merdeka merupakan salah satu program pemerintah Indonesia dalam mengembangkan pendidikan yang lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Indonesia Emas 2045 juga memiliki visi jangka panjang, Menjadikan Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045, tepat pada peringatan ke-100 tahun kemerdekaan Indonesia. Untuk mencapai visi tersebut, pendidikan memainkan peran yang sangat penting. Kurikulum Merdeka dapat menjadi salah satu solusi dalam mencapai tujuan tersebut.

Kurikulum Merdeka, mendorong siswa untuk menjadi lebih mandiri dan kreatif dalam memecahkan masalah. Siswa diajarkan untuk berpikir kritis, berkolaborasi dengan orang lain, dan memanfaatkan teknologi untuk mencapai tujuan mereka. Selain itu, Kurikulum Merdeka juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempelajari keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Dengan Kurikulum Merdeka, diharapkan siswa dapat mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan masa depan, seperti keterampilan digital, keterampilan bahasa asing, keterampilan kepemimpinan, dan keterampilan yang berhubungan dengan keberlanjutan lingkungan. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka dapat membantu menciptakan generasi yang lebih siap dan mampu untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah.

Implementasi Kurikulum Merdeka juga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk guru, orang tua, dan masyarakat. Guru juga perlu mendapatkan pelatihan guru, agar dapat meningkatkan kualitas pengajaran sehingga siswa mendapatkan pembelajaran yang lebih berkualitas. Dukungan penunjang lain juga di butuhkan seperti In House Training dari instansi karena dapat membantu meningkatkan keterampilan guru secara efektif. 

Dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045, sertifikasi guru menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan sertifikasi guru, maka Indonesia akan memiliki guru berkualitas dan profesional, selain itu juga guru akan merasa mendapatkan pengakuan dan kepercayaan diri yang lebih. Indonesia dapat menghasilkan generasi yang lebih siap dan mampu dalam menghadapi tantangan masa depan, dan mencapai visi menjadi negara maju pada tahun 2045.

 

#GuruInovatif, #LombaArtikelS3, #ArtikelGI, dan #LombaGI


Penyunting: Luqmanul Hakim

16

0

Komentar (16)

RIFA KHOIRUNNISA

May 23, 2023

waww sangat inovatif membuat wawasan saya menjadi lebih berkembang, semanagt terus pak!! 💪🏻

DEDE SUHENDY14

May 23, 2023

Terimakasih, semoga bermanfaat

Balas

MISKAH LUTHFIANAN

May 11, 2023

Saya menjadi tahu tentang Kurikulum Merdeka 👍🏻👍🏻

DEDE SUHENDY14

May 11, 2023

Terimakasih. Semoga bermanfaat

Balas

TOBING MARINIR

May 11, 2023

saya suka sama artikelnya semangat membuat nya lagi

DEDE SUHENDY14

May 11, 2023

Terimakasih, semoga bermanfaat

Balas

Lihat Komentar Lainnya

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru Melalui Platform Digital: Peluang dan Tantangan

Bahri Ilmiawan

Aug 15, 2023
5 min
PENGUATAN LITERASI MELALUI PLATFORM DIGITAL
TIPS!!!! Menjaga "Mental Health" Guru di tengah intervensi dan masalah sosial rekan sejawat

rawika ardilla

Nov 30, 2023
8 min
Transformasi Pembelajaran Masa Kini: Menyongsong Era Digital
1 min
Mungkinkah Indonesia Menjadi Negara Maju?
PENINGKATAN KREATIVITAS GURU DALAM MEMBUAT KONTEN EDUKATIF YOUTUBE UNTUK MENDUKUNG LITERASI DIGITAL SISWA

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB