Berinovasi Dari Kegiatan Refleksi Kelas - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 30 Jun 2022

Berinovasi Dari Kegiatan Refleksi Kelas

Berinovasi Dari Kegiatan Refleksi Kelas

Cerita Guru

Tetty Endriyani,S.Pd

Kunjungi Profile
1662x
Bagikan

Berinovasi Dari Kegiatan Refleksi Kelas

Oleh: Tetty Endriyani,S.Pd

Peningkatan potensi diri secara berkesinambungan merupakan satu hal yang harus dilakukan oleh seorang guru. Keinginan tersebut didorong untuk memiliki kualitas pelayanan pendidikan terbaik yang nantinya akan diberikan kepada peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. Termasuk saya sebagai guru yang mengampu Mata Pelajaran IPS dan sudah 12 tahun bertugas di dunia pendidikan pun harus melakukan peningkatan   potensi diri. Nah timbul pertanyaan  harus mulai dari mana?  Sementara  banyak sekali kekurangan yang harus ditingkatkan pada diri . 

Mulai pertengahan Maret 2020 negara Indonesia mengalami masa pandemi, hal ini berdampak sekali pada proses pembelajaran disekolah, Banyak penyesuaian -penyesuaian sistem pelayanan pendidikan pada peserta didik dilakukan  sebagai upaya agar tidak terjadi  kehilangan pembelajaran. Seiring dengan hal tersebut guru harus memiliki inovatif  serta kerja kreatif dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan efesien, juga harus bisa  menguasai tekhnologi karena pembelajaran yang dilakukan dengan sistem daring melalui pemanfaatan teknologi digital. 

Awalnya saya sebagai  guru juga kesulitan untuk menyesuaikan diri pada situasi tersebut. Namun banyak teman sejawat dilingkungan tempat  bertugas memberikan motivasi sehingga saya terdorong untuk menguasainya. Alhamdulillah melalui motivasi  dari teman-teman, saya pun mampu melaluinya, dengan belajar dan berlatih serta mengikuti webinar dan pelatihan -  pelatihan. 

Saat ini pandemi sedikit demi sedikit mulai mereda, namun kita harus tetap waspada agar wabah pandemi tidak meningkat lagi dengan tetap menjaga protokol kesehatan.  Guru tetap saja   harus terus mampu  berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Salah satu contoh aksi nyata yang saya lakukan sebagai seorang guru IPS adalah berinovasi dalam pembelajaran melalui kegiatan refleksi dikelas.

Sumber foto Penulis: Foto Proses refleksi pembelajaran

 

Peserta didik tidak semuanya mampu menguasai materi pembelajaran dengan cepat dan maksimal. Nah, pengalaman saya yang mungkin juga terjadi pada bapak dan ibu guru lainnya pada saat proses kegiatan pembelajaran selesai, tepatnya pada kegiatan refleksi ketika anak ditanya apakah sudah bisa mengerti atau menguasai materi, mayoritas mereka akan diam saja. Hal ini saya temui pada salah seorang peserta didik yang ekspresi wajahnya selalu  tampak murung pada kegiatan refleksi. Setelah saya lakukan assesmen non kognitif  padanya dia menjawab ‘’malu bu'' kalau menjawab belum paham atau belum menguasai materi. Karena kasus tersebut saya pun mencari ide untuk mencari solusi. 

Akhirnya saya  temukan ide untuk membuat buku saku yang  diberi nama ‘’Bursa Dampeng''. Bursa Dampeng merupakan buku saku yang dipersiapkan untuk peserta didik terutama mapel IPS.  Peserta didik  menuliskan secara pribadi tentang penguasaan materi yang mereka capai  secara jujur dalam ‘’Bursa Dampeng''. Bursa Dampeng  merupakan akronim dari ‘’Buku Refleksi Saku Dampak Pengetahuan. Bursa Dampeng saya buat setiap peserta didik satu buku. Biasanya setelah peserta didik menuliskan kekurangan atau penguasaan tentang materi mereka pada kegiatan refleksi pada Bursa Dampeng, saya akan membimbing mereka  untuk  mengekspresikan batas penguasaan materi mereka pada tarian Dampeng. Tarian Dampeng adalah tarian khas daerah saya yaitu Daerah Kabupaten Aceh Singkil. Tari Dampeng biasa digunakan pada acara penting untuk menyambut tamu pada acara resmi atau hajatan, seperti pernikahan atau khitanan. Selanjutnya peserta didik  membuat syair lagu berdasarkan penguasaan materi yang mereka capai. peserta didik yang terpilih akan menyanyikan syair lagunya sambil menarikan tarian Dampeng bersama peserta didik lainnya. Hal ini bertujuan untuk menanamkan dan mengenalkan budaya kearifan lokal agar tetap terjaga dan lestari.  

Sebagai penutup cerita  ‘’Bursa Dampeng merupakan inovasi yang diciptakan untuk mempermudah kegiatan refleksi dalam proses pembelajaran sekaligus menanamkan nilai-nilai budaya kepada peserta didik yang dimiliki daerah.  Melestarikan budaya daerah  merupakan penanaman  nilai-nilai kharakter berkebinekaan. Hal tersebut juga merupakan  salah satu  elemen kunci menghasilkan Profil Pelajar Pancasila.

 

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Penerapan Inovasi Belajar Low - High Thinking Group dalam Mengembangkan Mentalitas Siswa Merdeka Mel
3 min
Semangat Anak-Anak Hebat adalah Semangatku

Winarti, S.Pd.I

Apr 23, 2022
4 min
"Gelis Sebel"
2 min
"Mai Melajah" cara baru "melajah" kekinian
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB